DAMPAK PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI MDTA AS-SYUHADA MEDAN MARELAN

Darwis Margolang, Mustakimah Mustakimah, Nurul Fadilah, Putri Aulia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran daring di yang dilakukan murid dan guru di MDTA As-Syuhada dan bagaimana dampak pembelajaran daring tersebut terhadap minat belajar siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang dilakukan di MDTA As-Syuhada Medan Marelan. Dan subjek penelitian ini adalah orang tua atau wali siswa sebanyak 5 orang dan siswa sebanyak 5 orang. Saat berlangsungnya proses pembelajaran minat sangat berpengaruh pada kegiatan belajar mengajar. Karena minat juga dapat menentukan hasil belajar seorang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini terdapat ada 5 siswa yang mengalami kenaikan dengan hasil belajarnya selama pembelajaran daring dibandingkan dengan hasil belajar saat tatap muka. Penyebab kenaikan hasil belajar tersebut adalah banyak siswa yang mendapat bantuan menyeluruh dan langsung dari orangtua dan saudaranya saat melakukan pembelajaran daring.


Keywords


Pembelajaran daring; Minat belajar; MDTA As-Syuhada

Full Text:

PDF

References


Andriyani, R.,& Rasto R. (2019). Motivasi Belajar Sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1).

Ashari, M. (2020) Proses Pembelajaran Daring di Tengah Antisipasi Penyebaran Virus Corona Dinilai Belum Maksimal.20 Maret. https://www.pikiranrakyat.com/pendidikan/pr01353818/prosespembejalarandaring-di-tengah-antisipasi-penyebaran-virus-corona-dinilai-belum-maksimal.

Dharmawati. (2021). An Analysis of Students’ Learning Independence in Learning English for Computer Using Google Classroom. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal) Volume 4, No. 2, p. 1635-1642.

Kementrian Agama RI Direktorat Jenderal Pendidikan Islam. (2014). Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, hal. 8.

Madiawati, S. (2019). Pengaruh Daring Learning terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Conference: Seminar Nasional Sains dan Entrepreneurship VI.

Ricardo, R & Meilani, R I. (2017). Dampak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 79.

Sarudin. (2021). Pengaruh Kompetensi Profesional dan Kepribadian Guru Terhadap Prestasi Belajar MTsS Ulumul Qur’an Medan. Jurnal Wahana Inovasi, Vol. 10 No. 2, hal. 310-329.

Yanti, M. T., Kuntarto, E., & Kurniawan, A.R. (2020). Pemnafaatan Portal Rumah Belajar Kemendikbud Sebagai Model Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Adi Widya Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 61-68.

Zainal, Syahminan. (1999). Arti Anak Bagi Seorang Muslim. Al-Ikhlas: Surabaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.