PELATIHAN DAN PEMBUATAN WEBSITE PENJUALAN INDUSTRI RUMAH TANGGA MAMA AZKA CAKE AND COOKIES DESA SEI SEMAYANG KECAMATAN SUNGGAL KABUPATEN DELI SERDANG

Edrian Hadinata

Abstract


Industri rumah tangga (IRT) merupakan roda penggerak ekonomi di perkampungan. Khususnya Mama Azka Cake And Cookies yang memulai usahanya pada pertengahan tahun 2015. Bergerak dibidang makanan dan cemilan, usaha IRT Mama Azka Cake And Cookies saat ini telah memiliki puluhan produk makanan dan cemilan. IRT ini berdomisili di desa Sei Semayang kecamatan Sunggal kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara. Meskipun usaha rumah tangga tersebut telah melebarkan media promosinya melalui media sosial tetapi kerap kali terkendala informasi yang terbatas terkait dengan detail. Selain itu kekurangan promosi di media sosial bersifat volatile dan susah memperoleh kepercayaan dari pelanggan. Namun pembuatan website penjualan menggunakan woocommerce yang diinstalasi di dalam website wordpress telah menjadi solusi yang dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap industri rumah tangga khususnya IRT Mama Azka Cake And Cookies serta sebagai langkah awal Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk naik kelas ke jenjang berikutnya.


Keywords


Industri Rumah Tangga; Mama Azka Cake and Cookies; UMKM

Full Text:

PDF

References


Anon. n.d.-a. “| BKPM.” Retrieved June 16, 2022

(https://www.bkpm.go.id/id/publikasi/siaran-pers/readmore/2408601/ 64901)

Anon. n.d.-b. “UMKM Menjadi Pilar Penting Dalam Perekonomian Indonesia-Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia.” Retrieved June 15, 2022 (https://ekon.go.id/publikasi/detail/2969/umkm-menjadi-pilar-penting-dalam-perekonomian-indonesia)

Nurani, Nurani, Eni Widhajati, Eni minarni, and Mukhamad Eldon. 2021. “Pelatihan Pemasaran Melalui Media Sosial Dalam Meningkatkan Penjualan Produk UMKM Di PLUT KUMKM Tulungagung.” JANITA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT 1(1). doi: 10.36563/pengabdian.v1i1.260

Prakoso, Fajar Adi. 2020. “DAMPAK CORONAVIRUS DISEASE (COVID-19) TERHADAP INDUSTRI FOOD & BEVERAGES.” Jurnal Manajemen Bisnis (JMB) 33(2)

Werdani, Riandhita Eri, Nurul Imani Kurniawati, Johan Bhimo Sukoco, Anafil Windriya, and Dian Iskandar. 2020. “Pelatihan Pemasaran Produk Homemade Melalui Sosial Media.” JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat) 4(1). doi: 10.30595/jppm.v4i1.4655


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.