PENGARUH PEMAHAMAN NIZHAMUL IJTIMA’I TERHADAP PERGAULAN REMAJA PADA ERA DIGITAL DI GANG BENTENG KELURAHAN BINJAI KECAMATAN MEDAN DENAI

Nur Asyiah Siregar, Susanti Nirmalasari, Hotni Sari Harahap

Abstract


Mafahim/pemahaman menjadi penentu bagi seseorang dalam bertingkah laku. Serta setiap tingkah laku muncul dari sebuah pemahaman. Demikian pula tingkah laku seorang remaja dalam bergaul muncul dari pemahamannya tentang nizhamul ijtima’i. Maka, semakin baik pemahamannya mengenai nizhamul ijtima’i akan tergambar dengan semakin baik pula remaja dalam menata pergaulannya. Hal sebaliknya juga berlaku bila pemahaman nizhamul ijtima’inya sedikit/rendah, maka akan semakin buruk/tidak teratur pula pergaulannya.Tujuan dari tulisan ini ialah : 1) Untuk mengetahui sejauh mana pemahaman remaja tentang nizhamul ijtima’i. 2) Untuk menganalisis pengaruh pemahaman nizhamul ijtima’i pada remaja Gang Benteng Kelurahan Binjai Kecamatan Medan Denai. Berikut hipotesa yang digunakan dalam penelitian ini : 1) Remaja Gang Benteng Kelurahan Binjai Kecamatan Medan Denai memiliki Pemahaman nizhamul ijtima’i atau aturan pergaulan, baik pergaulan untuk antar jenis kelamin dan sesama jenis. 2) Adanya pengaruh digital terhadap pergaulan remaja. 3) Adanya pengaruh dari pemahaman nizhamul ijtima’i remaja terhadap pergaulan remaja tersebut pada era digital.

Keywords


Pemahaman nizhamul ijtima’i; Pergaulan Remaja; Era Digital

Full Text:

PDF

References


Abidah, Lela Sholihatul (2018) Upaya Guru PAI dalam Mengatasi Kenakalan Remaja (Perilaku Pacaran) (Studi Kasus di SMK Dwi Bhakti Cirebon). Universitas Islam Negeri "SMH" Banten.

Anas Sudijono, Pengantar Statistik Pendidikan, (PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2003), hlm, 150.

An-Nabhani Taqiyuddin, Sistem Pergaulan Dalam Islam, Jakarta: HTI Press, 2007

An-Nabhani, Taqiyuddin, Kepribadian Islam Jilid I, Jakarta : HTI Press, 2008.

An-Nabhani, Taqiyuddin, Kepribadian Islam Jilid II, Jakarta : HTI Press, 2011.

Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Bandung : CV Dipoegoro, 2003.

BKKBN. Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia 2017. Jakarta; 2018.

Nessi Meilan, Maryanah WF. Kesehatan Reproduksi Remaja: Implementasi PKPR dalam Teman Sebaya. Malang: Wineka Media; 2018.

Sari DN, Darmana A, Muhammad I. Pengaruh Faktor Predisposisi, Pemungkin, dan Pendorong Terhadap Perilaku Seksual di SMA Asuhan Daya Medan. J Kesehat Glob. 2018;1(2):53–60.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.