PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE, CURRENT RASIO DAN STRUKTUR MODAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN PROPERTY DAN REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI BEI

Jalilah Ilmiha, Fawzan Amry Aldiny Harahap

Abstract


Nilai perusahaan merupakan persepsi dari para investor terhadap suatu perusahaan yang dikaitkan dengan berbagai aspek, salah satunya yaitu harga saham perusahaan sebagai suatu penilaian bagi para investor secara keseluruhan atas ekuitas yang dimiliki oleh perusahaan. Naik atau turunnya nilai perusahaan disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu kurangnya kemampuan perusahaan dalam membayar semua hutang jangka pendeknya yang segera jatuh tempo, serta rendahnya efektivitas dalam bekerja dan menjalin komunikasi antar manajemen, dan kurangnya pengendalian secara ketat dari luar perusahaan atau pihak manajemen pada perusahaan, yang seharusnya berperan dalam menyelaraskan pendapat antara agent dan principal, sehingga dapat memicu terjadinya biaya keagenan. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan menggunakan rumus statistik, yang bertujuan untuk menganalisa data serta fakta yang diperoleh. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan sektor property dan real estate pada Bursa Efek Indonesia (BEI). Objek dalam penelitian ini adalah Good Corporate Governance (Dewan Komisaris, Dewan Direksi, Komite Audit, Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial), Current Ratio, Struktur Modal, dan Nilai Perusahaan. Penelitian ini dimulai pada bulan Maret 2021, dan direncanakan selesai pada bulan September 2021.Berdasarkan hasil analisis pada data output di atas, menunjukkan bahwa nilai Asymptotic Significance sebesar 0,200. Sesuai dasar penentuan keputusan, maka nilai 0,200 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa data yang disusun ataupun diuji telah terdistribusi secara normal. Kenormalan pada suatu data juga dapat diketahui apabila grafik histogram menunjukkan pola berdistribusi normal dan penyebaran titik - titik data mengikuti arah garis diagonal. Berdasarkan hasil analisis pada data output di atas, maka peneliti akan menarik kesimpulan dengan cara membandingkan nilai signifikansi (Sig.) dengan tingkat signifikansi yaitu sebesar 0,05 (α 5%), serta membandingkan nilai thitung dengan ttabel yaitu sebesar 2,039. Berdasarkan hasil analisis pada data output di atas, maka peneliti akan menarik kesimpulan dengan cara membandingkan nilai signifikansi (Sig.) dengan tingkat signifikansi yaitu sebesar 0,05 (α 5%), serta membandingkan nilai fhitung dengan ftabel yaitu sebesar 2,31. Dari berbagai perbandingan yang telah ditentukan, maka dapat diketahui bahwa variabel independen secara keseluruhan memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000 0,05 dan nilai fhitung sebesar 17,896 2,31.Dewan Komisaris secara parsial tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap Nilai Perusahaan pada perusahaan sektor property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Dewan Direksi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan pada perusahaan sektor property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).

 


Full Text:

PDF

References


Gultom, Robinhot, Agustina & Sri Widia Wijaya. (2013). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Farmasi Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, Vol. 3, No. 1.

Sari, Dwi Putri Kartika & Sanjaya, R. (2018). Pengaruh Good Corporate Governance Dan Karakteristik Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Bisnis Dan Akuntansi, Vol. 10, No. 1, Hal. 21 - 32.

Lukviarman, Niki. (2017). Corporate Governance (Menuju Penguatan Konseptual Dan Implementasi Di Indonesia). Solo : Era Adicitra Media.

Syafitri, Tria, Nuzula N, F & Ferina, N. (2018). Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Industri Subsektor Logam Dan Sejenisnya Yang Terdaftar Di BEI Periode 2012 - 2016). Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 56, No. 1.

Sari, Dwi Putri Kartika & Sanjaya, R. (2018). Pengaruh Good Corporate Governance Dan Karakteristik Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Bisnis Dan Akuntansi, Vol. 10, No. 1, Hal. 21 - 32.

Rahmadani, D, F & Rahayu, S, M. (2017). Pengaruh Good Corporate Governance, Profitabilitas Dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Pada BEI Periode 2013 - 2015). Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 52, No. 1.

Marini, Yushita & Nisha Marina. (2017). Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Humaniora, Vol. 1, No. 1.

Hafizah, Nurma Yuni. (2020). Pengaruh Good Corporate Governance Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Property Dan Real Estate Tahun 2016 - 2018). Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Finansial Indonesia, Vol. 4, No. 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.