DAMPAK SEKTOR PARIWISATA TERHADAP PENDAPATAN PELAKU UMKM DI MASA PANDEMI COVID-19 DI KABUPATEN TAPANULI TENGAH

Milla Naeruz, Aripin Aripin, Eddi Sofian

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah sektor pariwisata memiliki pengaruh terhadap pendapatan pelaku UMKM di masa pandemi covid-19 di pantai indah Pandan kabupaten Tapanuli Tengah. Analisis ini menggunakan variabel bebas yaitu sektor pariwisata dan variabel terikat yaitu pendapatan UMKM. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 96 responden. Adapun responden dalam penelitian ini adalah pelaku UMKM di pantai indah pandan kabupaten Tapanuli Tengah. Penentuan sampel menggunakan teknik random sampling .Teknik pengumpulan data dengan memberi kuesioner pada responden dan dokumentasi. Dalam membuktikan dan menganalisis hal tersebut, maka digunakan uji validitas dan reliabilitas, uji R² dan uji T. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sektor pariwisata secara signifikan berpengaruh terhadap pendapatan pelaku UMKM di pantai indah pandan kabupaten Tapanuli Tengah di masa pandemi covid-19. Hasil pengujian tersebut diperoleh dari Nilai T-statistic 5,388 > 1,960 dan P value 0,000 < 0,50. Dengan demikian hasil pengujian hipotesis pada uji T menunjukkan adanya pengaruh pada variabel pendapatan UMKM.

 


Keywords


Pariwisata; Pendapatan umkm; covid-19

Full Text:

PDF

References


Adi Sutrisno Et al. (2020). Pengantar Sosial Ekonomi Dan Budaya Kawasan Perbatasan. Malang: Iteligensia Media.

Agus Widarjono dan Asworowati. (2016), Pengaruh Sektor Pariwisata Terhadap Perkonomian. Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.

Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut, (2018). Refleksi 2017 dan outlook 2018 membangun dan menjaga ekosistem laut Indonesia, Jakarta, Ditjen PRL

Dini Yulianti. (2020) Dampak Pengembangan Pariwisata Terhadap Kesejahteraan Masyarakat. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Metro

Febriansyah, Angky. (2017) “Tinjauan Atas Proses Penyusunan Laporan Keuangan Pada Young Enterpreneur Academy Indonesia Bandung.” Jurnal Riset Akuntansi, vol. 8, no. 2.

Fitri Devilian, (2014). Pengaruh Sektor Pariwisata Terhadap Pendapatan Asli Daerah Di Kabupaten Pesisir Selatan. Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat.

Hasan Muhammad, dan Aziz Muhammad. (2018).Pembangunan Ekonomi. CV Nurlina dan Pustaka Taman Ilmu

Hiariey, Lilian Sarah, and Wildoms Sahusilawane. (2013). “Dampak Pariwisata Terhadap Pendapatan Dan Tingkat Kesejahteraan Pelaku Usaha Di Kawasan Wisata Pantai Natsepa, Pulau Ambon.” Jurnal Organisasi Dan Manajemen Vol 9, No 1, 87–105.

Idrus, Muh Ikram, and Sharulla. (2015). “Pengaruh Pariwisata Terhadap Peningkatan Pendapatan Pedagang Kaki Lima ( Pk5 ) Di Pantai Losari Makassar.” Jurnal Ekonomi Balance Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, vol. 11, no. 2, 128–36.

Laili, Yuniarum Fatin, and Achma Hendra Setiawan. (2020) “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan UMKM Sentra Batik Di Kota Pekalongan,” DJOE: Diponegoro Journal Of Economics, vol. 9, no. 4, 1–10.

Ma’mur, Muhammad, and Nurmaswan. (2019) “Sistem Informasi Akuntansi Pendapatan Pada Toko Melosa Bandar Lampung,” Journal of Chemical Information and Modeling, vol. 2, no. 1.

Maulana, Asril. (2018). “Analisis Pendapatan Dan Beban Operasional Dalam Meningkatkan Laba Operasional Pada PT. Kharisma Pemasaran Bersama Nusantara (PT KPB Nusantara).” Jurnal Akuntansi, vol. 1, no. 2, 25–27.

Murni, Indra Wiji. (2017). Determinan Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Objek Wisata Religi Asmoroqondi Kabupaten Tuban. Department of Economics Science.

Nursalam, (2013). “Teknik Analisis Data PLS.” Journal of Chemical Information and Modeling, vol. 53, no. 9, 1689–99.

Sugiyono. (2010) “Teknik Analisis Data Suatu Penelitian.” Journal of Chemical Information and Modeling, vol. 01, no. 01, 1689–99.

Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Bisnis. Bandung : CV Alfabeta

Sukirno, S. (2013). Mikro Ekonomi Teori Pengantar. Jakarta : Rajawali Pers. Tambunan, T (2020). Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia Isu-isu Penting, Jakarta : LP3ES.

Tjetjep Samsuri (2003), “Kajian Teori , Kerangka Konsep Dan Hipotesis Dalam Penelitian,” Makalah di sampaikan pada Semiloka Penyusunan Program PLSP Pamong Belajar dan Staf Administrasi BalaiPengembangan Kelompok Belajar Sumatera Barat


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.