SISTEM KENDALI PASOKAN AIR MINUM DIKANDANG AYAM MENGGUNAKAN NODEMCU

Yon Perumer Sembiring, Ummul Khair, Arnes Sembiring

Abstract


Air merupakan kebutuhan utama dalam kehidupan makhluk hidup baik manusia, tumbuhan, maupun hewan/ternak. Ayam adalah salah satu jenis unggas yang banyak diternakan oleh masyarakat. Salah satu faktor yang sangat mempengaruhi dalam menentukan keberhasilan peternakan ayam adalah air minum. Di mana wadah minum ayam tidak boleh dalam keadaan kosong dan tidak juga diisi penuh. Hal ini dilakukan untuk menambah nafsu makan ayam.  Perkembangan teknologi yang berkembang pesat sekarang ini, salah satu adalah teknologi pengendalian. Mikrokontroler dapat menjadi basis dalam kinerja sebuah otomatisasi sistem karena dapat di integrasikan dengan pheriperal input dan output melalui masing-masing portnya sehingga dapat menjadi solusi dalam pemenuhan kebutuhan teknologi. Salah satunya kebutuhan akan sistem pemberian minum ayam ternak yang otomatis sehingga dapat membantu peternak dalam melaksanakan tugasnya.penelitian ini akan membuat prototipe air minumotomatis dengan tujuan Menghasilkan alat pengisian air minum secara otomatis pada kandang ayam, Untuk memudahkan para peternak ayam dalam memberikan minum pada ayam peliharaan dan Melakukan Monitoring menggunakan smartphone terhadap air minum pada kandang ayam. Jadi dengan adanya alat air minum otomatis peternak dapat dengan mudah memonitoring air minum ayam dikandang ayam dengan mudah tanpa harus datang kekandang ayamnya.


Keywords


air minum; ayam; mikrokontroller; prototipe

Full Text:

PDF

References


Besung, I. N. K., Putra, I., & Suarjana, I. G. K. (2017). Total Bakteri Pada Air Minum Di Peternakan Ayam

Mochammad, R. (2020). Rancang Bangun Penguras Dan Pengisi Tempat Minum Ternak Pada Peternakan Bebek. Brawijaya University.

Pedaging Desa Mengesta Kecamatan Penebel Kabupaten Tabanan. Buletin Veteriner Udayana, 9, 145–149.

Purba, D. W., Thohiron, M., Surjaningsih, D. R., Sagala, D., Ramdhini, R. N., Gandasari, D., Wati, C.,

Purba, T., Herawati, J., & Sa’ida, I. A. (2020). Pengantar Ilmu Pertanian. Yayasan Kita Menulis.

Wahyudi, A. T., Hutama, Y. W., Bakri, M., & Rizkiono, S. D. (2020). Sistem Otomatis Pemberian Air Minum Pada Ayam Pedaging Menggunakan Mikrokontroller Arduino Dan Rtc Ds1302. Jurnal Teknik Dan Sistem Komputer, 1(1), 15–21.

Wahyu, Y. W. Y. (2021). Sistem Otomatis Pemberian Air Minum Pada Ayam Broiler Memakai Mikrokontroller Arduino Dan Rtc Ds1302. Jurnal Portal Data, 1(3).

Yohanna, M., & Toruan, D. T. N. L. (2018). Rancang Bangun Sistem Pemberian Pakan Dan Minum Ayam Secara Otomatis. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 4(2), 308–318.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.