PENINGKATAN KOMPETENSI GURU PAI DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASYARAKAT

Hemawati Hemawati, Samsul Rizal, Agung Setia

Abstract


Model pembelajaran berbasis masyarakat merupakan hal uang masih baru dalam dunia Pendidikan, terutama dalam Pendidikan Islam. Model pembelajaran berbasis masyarakat menjadi pilihan guru dalam memberikan pemahaman kepada peserta didik dalam bersekolah dan hidup di lingkungan masyarakat. Dengan pengetahuan ini, maka guru akan berkompetensi dalam mengajarkan materi Pendidikan Agama Islam yang berberbasis masyarakat, karena pada akhirnya peserta didik juga akan hidup ditengah-tengah masyarakat.

Dalam meningkatkan kompetensi guru PAI di Desa Tanjung Keliling, Tanjung Langkat dan Lau Tepu Kecamatan Salapian Kabupaten Langkat, maka dosen STAI Syekh H. Abdul Halim Hasan Al Ishlahiyah Binjai melakukan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi guru PAI dalam mengimplementasikan pembelajaran berbasis masyarakat. Hal ini dilakukan di Desa Tanjung Langkat  pada tanggal 23 Agustus 2022.

 Tujuan kegiatan ini secara umum adalah: untuk meningkatkan pengabdian dosen STAI Syekh H. Abdul Halim Hasan Al Ishlahiyah Binjai, dan secara khusus bertujuan untuk meningkan kompetensi para guru dan calon guru PAI dalam mengimplementasikan model pembelajaran berbasis masyarakat ditempat mereka mengajar.

Model pelatihan peningkatan kompetensi ini dilakukan dengan metode ceramah dan praktek bagi semua peserta yang hadir dalam kegiatan. Melalui metode ceramah ini, para peserta pelatihan mengerti dan memahami teori tentang pembelajaran berbasis masyarakat, dan melalui metode praktik, para pesrta dapat mencoba dan mempraktekan tentang cara mengajar dengan penggunaan model pembelajaran berbasis masyarakat.


Keywords


Peningkatan; Kompetensi Pembelajaran Berbasis Masyarakat

Full Text:

PDF

References


Abdullah, B., Anggraini, D., Syekh, S., Halim, H. A., Al, H., & Binjai, I. (n.d.). Shahifah madinah dalam kajian hadis.

Catatan Akhir Tahun KPAI: Masih Banyak Kasus Bullying Berujung Korban Meninggal. (2021, December). Kumparan News. https://kumparan.com/kumparannews/catatan-akhir-tahun-kpai-masih-banyak-kasus-bullying-berujung-korban-meninggal-1xCdQQVB9QH/3

Dr. Hemawati, MA, Syahrul Kholid, M.Pd.I, Samsul Rizal, M. P. . (2022). Hadis Tarbawi. Merdeka kreasi.

Hapidin, & Oktaria, R. (2005). Konsep Dasar Pendidikan Berbasis Sekolah. Cakrawala Pendidikan, 4, 323–346.

Hemawati, H., Katimin, K., Ardiansyah, A., & Wildan, T. (2022). Shahifah Madinah: Sistem Bernegara Menurut Rasulullah SAW. AL QUDS : Jurnal Studi Alquran Dan Hadis, 6(1), 187. https://doi.org/10.29240/alquds.v6i1.3611

Ii, B. A. B., Nata, A., Pendidikan, D., & Masyarakat, B. (n.d.). digilib.uinsby.ac.id digilib.uinsby.ac.id digilib.uinsby.ac.id digilib.uinsby.ac.id digilib.uinsby.ac.id digilib.uinsby.ac.id digilib.uinsby.ac.id. 14–55.

Masduki, M. (2019). Pendidikan Berbasis Masyarakat Dalam Pendidikan Islam. Qalamuna, 11(2), 111–123.

Rosyada, D. (2007). Paradigma Pendidikan Demokrasi; Sebuah Model Melibatkan Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Kencana Prenada Media.

Sobry, A. (2022). Jumlah Kasus Bullying Anak Sekolah Masih Tinggi, KPAI Ungkap data Mirisnya di hari Anak Nasional. Hai, Higlight.

Zubaedi. (2007). Pendidikan Berbasis Masyarakat: Upaya Menawarkan Solusi Model melibatkan Masyarakat dalam penyelenggaraan Pendidikan. Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.