PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH DI MTS AL FAJAR DISKI

Asmayani Asmayani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran discovery learning di Mts Al Fajar dan untuk mengetahui hasil belajar fiqih di Mts Al Fajar serta mengetahui pengaruh pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar fiqih di Mts Al Fajar Diski. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 150 orang dengan teknik pengambilan sampel dengan tabel issac michael sehingga sampel penelitian menjadi 105 siswa di Mts Al Fajar. Dari perhitungan uji normalitas diketahui nilai 0,98, dan perhitungan uji homogenitas diketahui nilai 0,79. Untuk perhitungan uji korelasi diketahui nilainya 0,464, untuk perhitungan uji t diketahui nilainya 3,143. Dari nilai pengujian tersebut diatas maka dapat Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga didapat kesimpulan bahwa penelitian ini berpengaruh langsung terhadap hasil belajar siswa di Mts Al Fajar Diski.


Keywords


Model Discovery Learning; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Afifa, Aisya Nur, (2021). Pengaruh Penggunaan Teknologi Di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Biologi Di MAN 2 Jember. ALVEOLI : Jurnal Pendidikan Biologi. Vol. 2, (No. 1)

Ahmadi, Abu , 1993. Cara Belajar yang Mandiri dan Sukses. Solo: CV Aneka.

Ali, Atabik, Muhdlor, Ahmad Zuhdi, 1996. Kamus Kontemporer Arab-Indonesia, Yogyakarta: Ali Maksum

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Agama RI, 2004. Al-Quran dan Terjemahan, Bandung: CV Penerbit J-Art.

Departemen Pendidikan Nasional, 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta, Depdiknas.

Dimyati dan Mudjiono, 2003. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta, Rineka Cipta.

Frimayanti, Ade Imelda, 2017 .“Implementasi Pendiikan Nilai Dalam Pendidikan Islam” (Ad Tadzkiyah : Jurnal Pendidikan Islam, Volume 8 Edisi II.

Hadjar, Ibnu, 2005. Dasar-dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif dalam Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hakim, Thursan., 2008. Belajar Secara Efektif, Jakarta: Pusaka Pembangunan Swadaya Nusantara.

Hasan, M. Ali dan Ali, Mukti, 2003. Rapita Selekta Pendidikan Agama Islam, Yogyakarta: Pedoman Ilmu Jaya.

Hasana, Desmi Wirdatul. 2017. "Pemanfaatan Waktu Belajar diluar Jam Belajar Sekolah Pada Siswa SMA Negeri 1 Bangkinang." JOM FISIP. 4 (2) 1-12.

Haynes, Marion E, Time Management, Jakarta, PT. Indeks, 2010, (diterjemahkan oleh Febrianti Ika Dewi, S.S.)

https://www.who.int/indonesia/news/novel-coronavirus/qa-for-public diakses pada 27 Juni 2021

Keputusan Bersama Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, Dan Menteri Dalam Negeri Nomor Olikbi 2020 Nomor 516 Tahun 2020 Nomor Hk.03.0 1 /Menkes / 363 /2020 Nomor 440-882 tentang panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran 2020/202l Dan Tahun Akademik 2020/202l Di Masa Pandemi Corona virus disease 2019 (Covid-19).

Mansyur, Abd. Rahim (2020), Dampak Covid-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran Di Indonesia. Education and Learning Journal. Vol. 1, (No.2)

Mulyani, Anni, 2009. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta, Rineka Cipta.

N, Mona, (2020). Konsep Isolasi Dalam Jaringan Sosial Untuk Meminimalisi Efek Contagious (Kasus Penyebaran Virus Corona Di Indonesia). Jurnal Sosial Humaniora Terapan Universitas Terbuka Indonesia, 2 (2).

Pratami, Fuji, (2020), “Optimasi Peran Guru PAI Terhadap Hasil Belajar Siswa Masa Pandemi Covid-19”, Edu Grobal : Jurnal Pendidikan Islam, Vol.1,( No.1)

Purwanto, 2014. Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Purwanto, Ngalim, 2009. Psikologi Pendidikan. Bandung, Remaja Rosdakarya.

Putri, Nurhuda Maya Yulia Eka, (2017). Pengaruh Pemanfaatan Waktu Belajar, Pemanfaatan Fasilitas Belajar Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UIR. (Vol. 5 No. I).

Rofiq, Ahmad, 2010. Hukum-hukum Islam di Indonesia, Jakarta: Raja Garfindo Persada.

Sanusi, Ahmad, 2017. Ushul Fiqh, Jakarta: PT Grafindo Persada,

Slameto, 2003. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sudjana, Nana , 2013. Penilaian Proses Belajar Mengajar, Bandung, Remaja Rosdakarya.

Sugiono, 2008. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: ALFABETA

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Thabroni, Muhammad & Mustofa, Arif. 2013. Belajar dan Pembelajaran; Mengembangkan Wacana dan Praktik Pembelajaran Dalam Pengembangan Nasional, Yogyakarta: Ar-Razz Media


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.