PENGGUNAAN MEDIA ULAR TANGGA BERBASIS MACROMEDIA FLASH PADA MATERI GLB DAN GLBB TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA AL-WASHLIYAH MEDAN

Sri Mahkumala Napitupulu, Tuti Hardianti, Syahwin Syahwin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media ular tangga berbasis macromedia flash terhadap hasil belajar siswa pada materi GLB dan GLBB di SMA Swasta Al-Washliyah Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperment Design. Berdasarkan hasil perhitungan rata-rata hasil post test kelas eksperimen yaitu 80,17 dan rata-rata hasil post test kelas kontrol yaitu 75,33. Diperoleh thitung sebesar 0,159 dan ttabel (  sebesar 1,832, yang berarti thitung < ttabel (0,159 < 1,832) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dari hasil perhitungan uji gain diperoleh indeks gais kelas eksperimen sebesar 0,667 yang masuk dalam kategori sedang dengan peningkatan hasil belajar sebesar 98,8%. Pada kelas kontrol diperoleh indeks gain sebesar 0,572 yang masuk dalam kategori sedang dengan peningkatan hasil belajar sebesar 77,9%. Hal ini berarti peningkatan hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media ular tangga berbasis macromedia flash terhadap hasil belajar sswa pada materi GLB dan GLBB di SMA Swasta Al-Washliyah Medan Tahun Ajaran 2018/2019.

Full Text:

PDF

References


Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2013 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta : Sinar Grafika.

Ratnaningsih N. Nafiah. 2014. Penggunaan Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPS Kelas III A SDN Nogopuro Sleman. Skirpsi, tidak diterbitkan. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.

Umar. 2013. Media Pendidikan : Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Jurnal Tarbiyah. (Volume 10 Nomor 2).

Shihab, M. Quraish. 2002. Tafsīr Al-Mishbah : Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati.

Hamalik, Demal. 2007. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Pratama Wahyu. 2014. Game Adventure Misteri Kotak Pandora. Jurnal Telematika. (Volume 7 No. 2 : 17).

Zuhdi, Ulhaq., dkk. 2010. Pengembangan Perangkat Media Pembelajaran Ular Tangga Digital Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris (vocaullary) pada Mahasiswa S-1 PGSD. Jurnal Pendidikan Wacana Pendidikan Sekolah Dasar. (Volume 06) : 188-201.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Program Studi Pendidikan Fisika

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Islam Sumatera Utara

E-mail: pascal@fkip.uisu.ac.id

Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

 

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.