Pengembangan Panduan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Outdoor Learning Siswa Kelas V SD Muhammadiyah 16 Surabaya
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Agustin, T., Prastiti, T. D., Negeri Tanggul Wetan, S., & Jember, U. (2024). Pengembangan LKPD berbasis pembelajaran di luar kelas untuk meningkatkan kemampuan inkuiri dan hasil belajar IPA siswa SD. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(1). https://doi.org/10.30651/else.v8i1.21197
Destiani, D., Effendy, U., & Hawa, S. (2018). Model outdoor learning terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas V SD Negeri 25 Indralaya. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 7(1), 1–12.
Fadila, N., & Hariyati, N. (2019). Implementasi pembelajaran luar kelas (outdoor learning) di Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 16 Surabaya. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 7(1), 1–12.
Hotimah, H. (2022). Teks laporan hasil observasi & teks eksposisi. Guepedia. http://dx.doi.org/10.30872/ilmubudaya.v1i4.769
Juleha, J., & Romdanih, R. (2019). Meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi siswa melalui teknik pertanyaan panduan. Prosiding Semnara STKIP Kusuma Negara, 1, 1–6. http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2019/article/view/348
Mustakdiakh, A. (2023). Pengaruh penggunaan media Google Form terhadap keterampilan membaca teks laporan hasil observasi. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(4), 519–526. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i4.323
Nurhikma, A. (2018). Kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMK Negeri 4 Makassar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 2–3.
Nusyatin, N., & Haryadi, M. J. S. (2024). Kemampuan menulis teks laporan hasil observasi dengan model pembelajaran CIRC berbantuan media audiovisual pada siswa kelas X SMA Kristen Terang Bangsa Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 2(1), 1–15.
Purnama, S. (2016). Metode penelitian dan pengembangan (pengenalan untuk mengembangkan produk pembelajaran bahasa Arab). Literasi (Jurnal Ilmu Pendidikan), 4(1), 19–32. https://doi.org/10.21927/literasi.2013.4(1).19-32
Putri, A. L., Yulistio, D., & Utomo, P. (2021). Kemampuan menulis teks laporan hasil observasi pada siswa kelas X SMK Negeri 3 Seluma. Jurnal Ilmiah KORPUS, 5(1), 45–51. https://doi.org/10.33369/jik.v5i1.13449
Putri, W. (2022). Metode outdoor learning dalam meningkatkan hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa kelas IV SD Muhammadiyah 16 Surabaya. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 58–70.
Sari, W. K. (2020). Pengembangan buku panduan menulis teks fiksi berbantuan gambar seri. Joyful Learning Journal, 9(4), 218–223. https://doi.org/10.15294/jlj.v9i4.40800
Sugiyono. (2020). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (cetakan ke-20). Alfabeta.
Suherdiyanto, P., Pitalis, M., & Rika, A. (2016). Pembelajaran luar kelas (outdoor study) dalam peningkatan hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Sungai Kakap. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 3(1), 139–148.
Suryanda, A., Azrai, E. P., & Julita, A. (2019). Validasi ahli pada pengembangan buku saku biologi berbasis mind map (BIOMAP). Biodik: Jurnal Ilmiah Biologi Pendidikan Biologi dan Pembelajarannya, 5(3), 197–214. https://doi.org/10.22437/bio.v5i3.6879
Suyono, S. S., & Tjahjono, H. (2018). Profil sekolah menyenangkan. Pustaka Pelajar.
Taqwan, B. (2019). Pengaruh pembelajaran luar kelas (outdoor learning) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII SMP Negeri 05 Seluma. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 10–18. https://doi.org/10.33449/jpmr.v4i1.7524
Wardani, D. R. (2020). Penerapan model think talk write dalam peningkatan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMK Negeri 1 Sanden. Meretas: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7, 202–211.
Zulfikar, M., Guru, P., & Dasar, S. (2019). Pengembangan buku panduan menulis teks eksplanasi untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas V SDN Sidomulyo Kabupaten Purworejo. Joyful Learning Journal, 8(4), 201–206. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jlj
DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v9i2.10630
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id



