Diglosia dalam Masyarakat Mentawai: Perspektif Sosiolinguistik
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Agustina, L., & Zulkifli. (2014). Situasi diglosia pada penutur Bahasa Ngaju di Kecamatan Katingan Tengah Kabupaten Katingan Kalteng (Diglosia situation on the Ngaju language speakers in Katingan Regency Central Katingan Subdistrict of Central Kalimantan). Jurnal Bahasa dan Pembelajarannya.
Ahdika, M., Nainggolan, S., & Fitri, Y. (2016). Kajian kontribusi perkebunan karet terhadap perekonomian di Kabupaten Merangin. Sosio Ekonomika Bisnis, 19(1), 1–11.
Chaer, A., & Agustina, L. (2004). Sosiolinguistik. Jakarta: Rineka Cipta.
Darmuki, A., Andayani, Nurkamto, J., & Saddhono, K. (2016). Model student learning to speak for education study language and literature Indonesia: Document analysis and needs learning to speak. International Journal of Languages’ Education, 4(2), 99–109.
Sembiring, R. J. B., Pranowo, P., & Rahardi, R. K. (2018). Pengembangan buku ajar konteks situasi dan sosial dalam pragmatik edukasional. Pendidikan Bahasa dan Sastra, 18.
Setiawan, B., Wardani, N., & Saddhono, K. (2018). Bercerita dengan media wayang kulit untuk meningkatkan pemahaman tingkat tutur Bahasa Jawa siswa SMP di Kabupaten Magelang. INA-Rxiv, 1–7. https://doi.org/10.31227/osf.io/vhcdf
Simatupang, R., Rohmadi, M., & Saddhono, K. (2018). Alih kode dan campur kode tuturan di lingkungan pendidikan. LingTera, 5(1), 1–10.
Siti, M., Andayani., & Saddhono, K. (2013). Peningkatan kemampuan menulis cerita dengan menggunakan metode picture and picture pada siswa sekolah dasar. Basastra: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 2(4), 1–10.
Susmita, N. (2015). Alih kode dan campur kode dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 12 Kerinci. Jurnal Penelitian Universitas Jambi Seri Humaniora, 17(2), 87–98.
Tohirin. (2012). Metode penelitian kualitatif dalam pendidikan dan bimbingan konseling. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Vicki, E. (2020). Analis fenomena diglosia dalam masyarakat. Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Walet, P. W. (2018). Kajian elemen dan fungsi konteks sosial dalam menentukan maksud berkomunikasi antar mahasiswa dan dosen non-FKIP Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Wiratno, T., & Santosa, R. (2014). Bahasa, fungsi bahasa, dan konteks sosial. Modul Pengantar Linguistik Umum.
Yahya, M., Andayani, & Saddhono, K. (2018). Studi kesalahan penulisan kalimat dalam karangan pelajar Bahasa Indonesia untuk penutur asing (BIPA). Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 1–20.
DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v9i2.10783
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id



