Pemanfaatan Cerita Rakyat Berbasis Antroekologi Sastra dalam Pembelajaran di Sekolah Menengah Atas: Menanamkan Nilai-nilai Budaya dan Lingkungan
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Andriyani, N., & Alber, A. (2019). Dongeng masyarakat Kelurahan Telayap Kecamatan Pelalawan Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau dalam kajian sastra ekologis. GERAM, 7(2), 50–63. https://doi.org/10.25299/geram.2019.vol7(2).3790
Aprilla, Y. I. A. (2022). Etnoekologi dalam buku Kumpulan Dongeng Desa Telayap Pelalawan Riau karya Noni Andriyani. J-LELC: Journal of Language Education, Linguistics, and Culture, 2(3), 57–64. https://doi.org/10.25299/j-lelc.2022.10841
Arifah, A. R., Wardhani, N. E., & Suryanto, E. (2023). Maskulinitas tokoh utama pada cerita rakyat Kamandaka. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 19(2), 239–252. https://doi.org/10.25134/fon.v19i2.7759
Arisa, A., Kadir, A., Rahmi, N., & Ulviani, M. (2025). Proteksi lingkungan berbasis budaya lokal dalam novel Indonesia: Studi ekokritik pada novel-novel kontemporer. Sawerigading, 31(1). https://doi.org/10.26499/sawer.v31i1.1492
Dewi, R., Nursalim, N., Farida, A., Ayurani, I., & Sitorus, A. Syukri. (2024). Pembentukan karakter siswa sekolah dasar dengan pengajaran sastra. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 20(1), 1–11. https://doi.org/10.25134/fon.v20i1.6207
Efendi, A. (2014). Implementasi kearifan budaya lokal pada masyarakat adat Kampung Kuta sebagai sumber pembelajaran IPS. Sosio-Didaktika: Social Science Education Journal, 1(2), 211–218. https://doi.org/10.15408/sd.v1i2.1263
Fatimah, Y., Waluyo, H. J., & Waluyo, B. (2021). Ekokritik pada novel Kekal karya Kalu Kancana serta pemanfaatannya dalam pembelajaran sastra di SMA. Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 9(2), 313. https://doi.org/10.20961/basastra.v9i2.53185
Isnanda, R. (2015). Peran pengajaran sastra dan budaya dalam pembentukan karakter siswa sekolah dasar. Gramatika STKIP PGRI Sumatera Barat, 1(2). https://doi.org/10.22202/jg.2015.v1i2.1237
Lefaan, A. V. (2018). Audiovisual method in child literary appreciation learning for character building based on local wisdom of Kembaran Tribe in West Papua. ISLLAC: Journal of Intensive Studies on Language, Literature, Art, and Culture, 2(1), 28–34. https://doi.org/10.17977/um006v2i12018p028
Maruti, E. S., Rahmawati, N., Pradani, J. A., Azizah, D. F., Wibowo, N. A., Aisah, Riyanto, Y. D., Papngikat, Z., Mastrianti, M. S., & Ro’is, A. N. (2025). Perancangan media ajar literasi berbasis teknologi bagi guru SDN Ngentep Magetan. Buletin Pemberdayaan dan Pengembangan Masyarakat, 3(2). https://doi.org/10.25273/bppm.v3i2.21846
Rahman, H., & Sanjaya, A. T. (2024). Kearifan ekologi dalam novel Bara karya Febrialdi R. sebagai pemahaman nilai pendidikan lingkungan. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 13(2). https://doi.org/10.31000/lgrm.v13i2.11615
Ramadhani, A. R., Fitriani, Y., Utami, P. I., Hafizuddin, M., & Aisyah, S. N. (2025). Representasi etika lingkungan dan nilai kearifan ekologis pada cerita rakyat Bali. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia), 15(2), 13–28. https://doi.org/10.31851/pembahsi.v15i2.17650
Sihotang, A. E., Rahmadhani, U., Akbar, R. F., Saragih, S. J., Harahap, M., & Wuriyani, E. P. (2025). Pendekatan antro-ekologi dalam pembelajaran sastra puisi di SMP: Integrasi nilai budaya dan kesadaran lingkungan. Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra (Pendistra), 1–6. https://doi.org/10.54367/pendistra.v8i1.4736
Sugiarti, S., Andalas, E. F., & Bhakti, A. D. P. (2022). Representasi maskulinitas laki-laki dalam cerita rakyat Nusantara. KEMBARA Journal of Scientific Language Literature and Teaching, 8(1), 181–196. https://doi.org/10.22219/kembara.v8i1.18245
Sumarni, M. L., Jewarut, S., Silvester, S., Melati, F. V., & Kusnanto, K. (2024). Integrasi nilai budaya lokal pada pembelajaran di sekolah dasar. Journal of Education Research, 5(3), 2993–2998. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1330
Widianti, A. W. (2017). Kajian ekologi sastra dalam Kumpulan Cerpen Pilihan Kompas 2014 di Tubuh Tarra dalam Rahim Pohon. Diksatrasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 1. https://doi.org/10.25157/diksatrasia.v1i2.576
Yulianto, F., Winarno, & Indriayu, M. (2023). Audiovisual learning media based on local wisdom values of the Baduy Tribe community to grow student character. International Journal of Elementary Education, 7(1), 43–53. https://doi.org/10.23887/ijee.v7i1.54930
DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v10i1.10981
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id