Analisis Media Sigil dan Lithium EPUB Reader dalam Pembelajaran Teks Eksposisi Kelas X Sekolah Menengah Atas Medan
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Amalia, A. D., & Wirawati, D. (2023). Pemanfaatan teknologi digital dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran, 12(2), 220. https://doi.org/10.35194/alinea.v12i2.2418
Ernasari, E., Fauziya, D. S., & Mahardika, R. Y. (2022). Pembelajaran daring menulis teks eksposisi pada siswa kelas VIII dengan metode discovery learning berbantuan media Quizizz. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(6), 357–370. https://doi.org/10.22460/parole.v5i6.7117
Fatimah, M. (2021). Media pembelajaran digital sebagai inovasi pembelajaran debat dalam forum diskusi pada masa pandemi Covid-19. OSF Preprints. https://doi.org/10.31219/osf.io/uydph
Hafzah, N., Amalia, K. P., Lestari, E., Annisa, N., Adiatmi, U., & Saifuddin, M. F. (2020). Meta-analisis efektivitas penggunaan media pembelajaran digital dalam peningkatan hasil dan minat belajar biologi peserta didik di era revolusi industri 4.0. BIODIK, 6(4), 541–549. https://doi.org/10.22437/bio.v6i4.8958
Hanifah, D. N. R., Saputri, N. D., Yulisetiani, S., & Suwandi, S. (2024). Inovasi pembelajaran bahasa Indonesia berbasis digital dalam implementasi kurikulum merdeka di SMP Tiga Bahasa Bina Widya Surakarta. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 10(2), 1305–1319. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3457
Hikmah, A. N., Us, S., & Mahfuzoh, D. (2023). Efektivitas media pembelajaran e-modul berbasis Sigil dalam upaya meningkatkan hasil biologi peserta didik kelas XI di SMAS Pusaka Nusantara 2 Bekasi. DIAJAR: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(3), 390–396. https://doi.org/10.54259/diajar.v2i3.1825
Hudaa, S., Suwandi, S., Andayani, A., Saddhono, K., Bahtiar, A., & Subuki, M. (2025). Pengembangan model project-based learning berbasis teknologi digital dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Sawerigading, 31(1). https://doi.org/10.26499/sawer.v31i1.1570
Jasid, A., Syihabuddin, S., Damaianti, V. S., Virijai, F., & Ridwan, R. (2025). Menyelami transformasi media pembelajaran bahasa Indonesia: Dari era klasik hingga era digital. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(2), 291. https://doi.org/10.29300/disastra.v7i2.6520
Karmila, K., Melisa, M., & Mardiyah, A. (2023). Pengembangan e-modul menggunakan Sigil software berbasis Android pada materi bunga dan anuitas. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2230–2236. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2094
Kusmiarti, R., Rusmawati, A., Heryanti, J., & Eloudia, R. (2023). Kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran (KIBASP), 7(1), 48–64. https://doi.org/10.31539/kibasp.v7i1.6313
Maulidya, A. N., Ghufron, S., Susanto, R. U., & Kasiyun, S. (2025). Pengaruh penggunaan media pembelajaran dadu bercerita terhadap peningkatan keterampilan menulis teks narasi siswa kelas V SD Zainuddin. HUMANIS: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora, 17(2), 147–159. https://doi.org/10.52166/humanis.v17i2.9736
Melati, E., Fayola, A. D., Hita, I. P. A. D., Saputra, A. M. A., Zamzami, Z., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan animasi sebagai media pembelajaran berbasis teknologi untuk meningkatkan motivasi belajar. Journal on Education, 6(1), 732–741. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2988
Munandar, R. R., Cahyani, R., & Fadilah, E. (2021). Pengembangan e-modul Sigil software untuk meningkatkan hasil belajar siswa di masa pandemi Covid-19. BIODIK, 7(4), 191–202. https://doi.org/10.22437/bio.v7i4.15204
Novela, D., Suriani, A., & Nisa, S. (2024). Implementasi pembelajaran inovatif melalui media digital di sekolah dasar. Journal of Practice Learning and Educational Development, 4(2), 100–105. https://doi.org/10.58737/jpled.v4i2.283
Purba, A., & Saragih, A. (2023). Peran teknologi dalam transformasi pendidikan bahasa Indonesia di era digital. All Fields of Science Journal Liaison Academia and Society, 3(3), 43–52. https://doi.org/10.58939/afosj-las.v3i3.619
Rahmawati, D., Yuberti, Y., & Syafrimen, S. (2021). Pengembangan media pembelajaran e-modul dengan menggunakan Sigil software pada materi pembelajaran fisika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 12(2), 106–112. https://doi.org/10.26877/jp2f.v12i1.7546
Sari, M., Elvira, D. N., Aprilia, N., Dwi R, S. F., & Aurelita M, N. (2024). Media pembelajaran berbasis digital untuk meningkatkan minat belajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Warta Dharmawangsa, 18(1), 205–218. https://doi.org/10.46576/wdw.v18i1.4266
Sumadyo, B., Prameswari, J. Y., & Susanti, D. I. (2024). Inovasi media pembelajaran bahasa Indonesia berbasis digital dalam kurikulum merdeka di SDS IT Nurul Yaqin. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 11(2), 391. https://doi.org/10.30595/mtf.v11i2.24690
DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v10i1.10984
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id