Pemanfaatan ChatGPT sebagai Media Pembelajaran Teks Biografi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas X
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Alatas, M. A., Romadhon, S., & Rachmayanti, I. (2024). Penggunaan ChatGPT dalam pembelajaran bahasa: Perspektif mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia IAIN Madura. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 7(3). https://doi.org/10.20961/shes.v7i3.91833
Amien, A. A., & Kusumawati, H. (2024). Optimalisasi ChatGPT dalam pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis ekologi di SMAN 4 Pamekasan. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 63–76. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.17181
Arumsari, D. (2024). Fenomena penggunaan ChatGPT dalam praktik pendidikan: Antara sisi positif dan negatif. Jurnal Pendidikan Sosiologi Undiksha, 6(1), 70–84. https://doi.org/10.23887/jpsu.v6i1.96086
Atmojo, S. E., & Wardana, A. K. (2025). Pemanfaatan teknologi digital sebagai strategi efektif meningkatkan literasi sains di sekolah dasar. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(3), 167–175. https://doi.org/10.37329/cetta.v8i3.4237
Baskara, R., & Mukarto, M. (2023). Exploring the implications of ChatGPT for language learning in higher education. IJELTAL (Indonesian Journal of English Language Teaching and Applied Linguistics), 7(2), 343–360. https://doi.org/10.21093/ijeltal.v7i2.1387
Brown, P. C., Roediger, H. L., & McDaniel, M. A. (2014). Make it stick: The science of successful learning. The Belknap Press of Harvard University Press. https://doi.org/10.2307/j.ctt6wprs3
Fahada, N., Tampubolon, J., & Chairunnisa. (2023). Pemanfaatan penggunaan ChatGPT dalam meningkatkan kemampuan pengajaran bahasa Inggris. Center of Knowledge: Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 65–71. https://doi.org/10.51178/cok.v3i2.1669
Juni, R. W., Amir, J., & Nensilianti, N. (2025). Pemanfaatan ChatGPT sebagai alat bantu penyusunan bahan ajar Bahasa Indonesia di SMA 3 Parepare. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 11(2), 1710–1735. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i2.5634
Kusworo, K., Goreta, G., Hanafi, I., Susanto, T. T. D., & Astuti, I. A. D. (2024). ChatGPT sebagai era baru dalam transformasi pembelajaran: Systematic literature review. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 8(3), 480–492. https://doi.org/10.30998/sap.v8i3.17991
Mayer, R. E., & Fiorella, L. (Eds.). (2021). The Cambridge handbook of multimedia learning (3rd ed.). Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/9781108894333
Nugroho, S. A., Rohmawati, L., Rahayu, T., Wicaksono, T. F. W., Utomo, A. P. Y., & Prasandha, D. (2023). Penerapan model ASSURE dengan media QuizAlize dalam pembelajaran mengidentifikasi struktur dan ciri kebahasaan teks berita kelas VII. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Kebudayaan, 1(2), 56–67. https://doi.org/10.59031/jkppk.v1i2.113
Pratiwi, N. K., Yulianto, B., Mintowati, M., Supratno, H., Sodiq, S., & Mulyono, M. (2024). Persepsi mahasiswa terhadap penggunaan ChatGPT: Peluang dan tantangan bagi pembelajaran Bahasa Indonesia sebagai mata kuliah wajib pada kurikulum perguruan tinggi. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 10(3), 2727–2742. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.3931
Ramadhan, F. K., Faris, M. I., Wahyudi, I., & Sulaeman, M. K. (2023). Pemanfaatan ChatGPT dalam dunia pendidikan. Jurnal Ilmiah Flash, 9(1), 25–30. https://doi.org/10.32511/flash.v9i1.1069
Suharmawan, W. (2023). Pemanfaatan ChatGPT dalam dunia pendidikan. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 7(2), 158–166. https://doi.org/10.31537/ej.v7i2.1248
Ulviani, M. (2025). Pendekatan TARL untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia di SDN Taeng. Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 6(1), 59–68. https://doi.org/10.23969/wistara.v6i1.22753
Widiastuti, R. Y., & Yuliati, N. (2025). Parental readiness in child rearing in the digital era. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 13(1), 100–111. https://doi.org/10.23887/paud.v13i1.84892
Wulandari, T., Sofendi, Wijaya, A., Fiftinova, Eryansyah, Rosmalina, I., & Hayati, R. (2024). Pelatihan pembuatan media pembelajaran berbantuan OpenAI: ChatGPT dalam pengajaran Bahasa Inggris bagi guru sekolah menengah pertama. TAAWUN, 4(2), 401–412. https://doi.org/10.37850/taawun.v4i02.771
DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v10i1.10990
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id