PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN MELAKSANAKAN WAWANCARA KELAS VIII SMP NEGERI 8 MEDAN

Nurhallimah Sibuea

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap kemampuan melaksanakan wawancara siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Medan. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh  siswa kelas VIII  SMP yang berjumlah 60 orang.. Kelas VIII A dijadikan sebagai kelas eksperimen dan VIII B dijadikan sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengatahui pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap kemampuan melaksanakan wawancara adalah tes dengan menugasakan siswa untuk mampu melaksanakan wawancara dengan membuat pertanyaan wawancara. Dari hasi pengolahan data diperoleh, nilai rata rata dari kelas ekesperimen adalah 78,33, sedangkan untuk kelas kontrol 72, 33. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa nilai kelas eksperimen lebih tinggi dari pada nilai rata-rata kelas kontrol. Hasil dari pengujian hipotesis diperoleh thitung adalah 3,75 dan ttabel adalah 0, 86 dengan demikian thitung >ttabel. Hal ini membuktikan Ha diterima dan Ho ditolak, dari hasil yang diperoleh tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran problem posing lebih berpengaruh terhadap melaksanakan wawancara, dibandikan dengan model kontekstual.

Kata kunci : Pengaruh, Problem Posing, kemampuan, Wawancara

Abstract. This study aims to determine the effect of problem posing learning models on the ability to carry out interviews with class VIII students of SMP Negeri 8 Medan. The population of this study was all students of class VIII SMP which numbered 60 people. Class VIII A was used as the experimental class and VIII B was used as the control class. The instrument used to know the effect of problem posing learning models on the ability to carry out interviews is a test by assigning students to be able to carry out interviews by making interview questions. From the results of data processing obtained, the average value of the experimental class is 78.33, while for the control class 72, 33. Thus it can be said that the value of the experimental class is higher than the average value of the control class. The results of hypothesis testing obtained tcount is 3.75 and t table is 0, 86 thus tcount> t table. This proves that Ha is accepted and Ho is rejected, from the results obtained it can be concluded that the use of the problem posing learning model is more influential on carrying out interviews, compared with the contextual model.

Keywords: Influence, Problem Posing, ability, Interview


Full Text:

PDF

References


Arikunto,2010.Prosedur penelitian.Edisi revisi V1.Cetakan ketiga belas.Jakarta : PT Rineka Cipta.

Arikunto Suharsimi,2013. Prosedur Penelitian Cetakan kelima belas, Jakarta PT Rineka Cipta.

Bahri Syaiful,Aswan.2006. Strategi Belajar Mengajar .Edisi Revisi.cetakan ketiga.Jakarta : PT Rineka Cipta.

Dimyanti dkk.2006 Belajar dan pembelajaran. Cetakan ketiga belas.Jakarta : PT Rineka.

Dasar-dasar Cipta 2012. Evaluasi pendidikan. Edisi kedua.Jakarta : PT Bumi Aksara.

Danim Sudarwan ,2013 Pengembangan Profesi Guru Penerbit Kencana cetakan ke 2,Predana Media Group.

Gafur abdul 2012 Desain Pembelajaran , Lombok Penerbit ombak Dua.

Hamalik Oemar 2009 Proses Belajar Mengajar, Jakarta penerbit Bumi Akasara.

Http:mcdougelas.blogspot.com/2009/11/pengertian –wawancara .html

Ihsan Fuad ,2005 Dasar-Dasar Kependidikan, Jakarta , PT Rineka Cipta.

Lisnasari Faijiah Sri,2010 Strategi Belajar Mengajar, Medan Percetakan Unimed.

Mulyasa, 2007 Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan PT Remaja Rosdakarya.

Poerwardarminta ,2003 Kamus Umum Bahasa Indonesia, Bandung PN Balai Pustaka.

Suryonosubroto.B 2009 Proses Belajar mengajar di Sekolah . Surabaya Cetakan Rineka Cipta.

Simbolon, B. 2009 pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia FKIP UISU MEDAN, Skripsi.

Sutikno Sorby.M 2013. Belajar dan Pembelajaran.Lombok Penerbit Holistica.

Setyosari Punaji,2013.Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan Edisi ketiga.jakarta : PT Fajar Interpratama Mandiri.

Trianto 2010 Mendesain Model Pembelajaran Inovatif –Progresif, Jakarta Kencana Media Group.

Widodo 1997 , Tehnik Wartawan Menulis berita, Surabaya Penerbit Indah.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v3i2.1136

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.