Penyimpangan Maksim Kesantunan Berbahasa Konten “POV Gen Z” dalam Sosial Media TikTok dan Implikasinya Terhadap Mahasiswa Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Agustine, R., Lubis, S. I., & Gustianingsih. (2024). Perspektif Gen Z terhadap perkembangan dan esensi ulos Batak Toba di era globalisasi. CENDERAWASIH: Jurnal Antropologi Papua, 5(1), 9–14. https://doi.org/10.31957/jap.v5i1.3468
Atika, A., & Saniro, R. K. K. (2024). Gaya bahasa dan ekspresi dalam konten TikTok: Studi kasus penggunaan bahasa Indonesia dan implikasinya dalam konteks sosial. Jurnal Sosial dan Sains, 4(2), 196–201. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v4i2.1173
Azizah, I., & Prayitno, H. D. (2024). Kesantunan komunikasi digital dalam grup WhatsApp pada siswa sekolah menengah pertama. Journal of Education Research, 5(3), 3575–3592. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1547
Batoebara, M. U. (2020). Aplikasi TikTok seru-seruan atau kebodohan. Network Media, 3(2), 59–65. https://doi.org/10.46576/jnm.v3i2.849
Chaniago, S. N., & Amri, Y. K. (2023). Analysis of networker’s language disability in the comments column Instagram account @Medantalk. Britain International of Linguistics Arts and Education (BIoLAE) Journal, 5(1), 38–48. https://doi.org/10.33258/biolae.v5i1.863
Dari, A. W., Chandra, D. E., & Sugiyati, M. S. (2017). Analisis kesantunan berbahasa pada kegiatan pembelajaran kelas VIII E SMPN 2 Kota Bengkulu tahun ajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah KORPUS, 1(1), 10–21. https://doi.org/10.33369/jik.v1i1.3122
Gunawan, H., & Hermansyah, W. (2021). Maksim kesantunan berbahasa penutur bahasa Samawa di Desa Labuhan Burung. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 5(4). https://doi.org/10.58258/jisip.v5i4.2550
Lahabu, S. Y., Djou, D., & Muslimin, M. (2021). Kesantunan berbahasa di SMA Negeri I Dulupi Kabupaten Boalemo dan implementasinya dalam pembelajaran. Reduplikasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(1). https://doi.org/10.37905/rjppbi.v1i1.540
Lawang, R. M. Z., Meilani, N. L., Puteri, B. P. T., & Ekoriano, M. (2021). Kesenjangan digital pada keluarga Jawa di Kabupaten Wonosobo. Jurnal Analisa Sosiologi, 10(2). https://doi.org/10.20961/jas.v10i2.50502
Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa sebagai alat komunikasi dalam kehidupan manusia. Kampret Journal, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1.8
Naimah, L. F., Novella, D. R., Dani, A. R., Anggraeni, D. S. D., Safira, I. M., Utomo, A. P. Y., & Saputro, I. H. (2024). Analisis kesantunan berbahasa dalam kumpulan video debat Bahasa Indonesia pada kanal YouTube X OTKP 2. Semantik: Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 2(1), 210–235. https://doi.org/10.61132/semantik.v2i1.303
Nisa, A., P, S. D. H., & P, Y. A. (2022). Pengaruh konten kreator TikTok @Sikibor Halilibor terhadap sikap dan perilaku generasi Z. JKOMDIS: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Media Sosial, 2(3), 338–345. https://doi.org/10.47233/jkomdis.v2i3.382
Prasetya, K. H., Subakti, H., & Musdolifah, A. (2022). Pelanggaran prinsip kesantunan berbahasa peserta didik terhadap guru sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1019–1027. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2067
Rahman, E. N., & Sulistyawati, R. (2023). Penyimpangan maksim kesantunan berbahasa dalam kolom komentar akun Instagram @Dagelan. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 12(2), 187. https://doi.org/10.31000/lgrm.v12i2.8781
Rosnina, Saleh, M., & Azis. (2024). Kesantunan berbahasa dalam proses pembelajaran siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Galesong Utara. Indonesian Language Teaching & Literature Journal, 2(1), 25–37. https://doi.org/10.59562/iltlj.v2i1.1623
Teha, M. N. R., Fandyansari, M. W., Sefaverdiana, P. V., & Sari, L. (2023). Pengaruh media sosial TikTok terhadap motivasi belajar mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional IKIP Budi Utomo, 4(01), 57–62. https://doi.org/10.33503/prosiding.v4i01.3607
Zalukhu, M. C., & Laia, A. (2022). Penyimpangan prinsip kesantunan berbahasa di kalangan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di STKIP Nias Selatan. KOHESI: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 29–40. https://doi.org/10.57094/kohesi.v3i1.408
Zis, S. F., Effendi, N., & Roem, E. R. (2021). Perubahan perilaku komunikasi generasi milenial dan generasi Z di era digital. Satwika: Kajian Ilmu Budaya dan Perubahan Sosial, 5(1), 69–87. https://doi.org/10.22219/satwika.v5i1.15550
DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v10i1.11404
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id