Telaah Kurikulum Merdeka Berdasarkan Kesesuaian dengan Tujuan Pendidikan Nasional
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Almarisi, A. (2023). Kelebihan dan kekurangan Kurikulum Merdeka pada pembelajaran sejarah dalam perspektif historis. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-Ilmu Sosial, 7(1), 111–117. https://doi.org/10.30743/mkd.v7i1.6291
Anwar, M. S., Ratnasari, D., & Lestari, D. P. (2025). Kurikulum Merdeka sebagai upaya peningkatan kualitas pendidikan pada abad 21 di pendidikan dasar. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 18(1), 13–20. https://doi.org/10.33369/pgsd.18.1.13-20
Arafat, G. Y. (2019). Membongkar isi pesan dan media dengan content analysis. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 32. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2370
Ayundasari, L. (2022). Implementasi pendekatan multidimensional dalam pembelajaran sejarah Kurikulum Merdeka. Sejarah dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya, 16(1), 225–234. https://doi.org/10.17977/um020v16i12022p225-234
Bahroni, A., & Zulkarnain, Z. (2024). Studi komparatif: Tinjauan pelaksanaan Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran sejarah di SMA. Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah dan Pendidikan, 8(2), 195–211. https://doi.org/10.29408/fhs.v8i2.24456
Budiono, A. N., & Hatip, M. (2023). Asesmen pembelajaran pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Axioma: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 8(1), 109–123. https://doi.org/10.56013/axi.v8i1.2044
Fajri, S., Ulaini, N., & Susantri, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada pembelajaran sejarah. Kaganga: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora, 6(2), 387–397. https://doi.org/10.31539/kaganga.v6i2.7164
Insani, V. M., Zahara, L., Riri, Ispar, M., Adawiyah, W. R., Adawiyah, Retista, R., & Pratama, R. (2025). Analisis persepsi guru sekolah dasar terhadap implementasi Kurikulum Merdeka. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(3), 255–264. https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31847
Marzuki, M. A., Sabri, S., Lubis, I. S., Angin, T. B. B., Ilahi, A., Nasution, D. P., & Safitri, A. (2024). Internalisasi nilai-nilai luhur Pancasila melalui pengenalan dan pemantapan Profil Pelajar Pancasila di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Welfare: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(4), 715–722. https://doi.org/10.30762/welfare.v2i4.1960
Masruroh, C., Rohmah, P. A., & Abidin, Z. (2025). Peran guru dalam mengembangkan Kurikulum Merdeka di SMP IT Al-Ittihad Salaman. LEARNING: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 322–336. https://doi.org/10.51878/learning.v5i1.4148
Rahma, A. A., Bafadal, U., Ilyas, S. N., Musi, M. A., & Rusmayadi. (2024). Strategi guru dalam implementasi Kurikulum Merdeka untuk mengembangkan literasi anak usia dini. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi Informasi (JIPTI), 5(2), 242–254. https://doi.org/10.52060/jipti.v5i2.1929
Sanga, L. D., & Wangdra, Y. (2023). Pendidikan adalah faktor penentu daya saing bangsa. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial dan Teknologi (SNISTEK), 5, 84–90. https://doi.org/10.33884/psnistek.v5i.8067
Sholeh, M. B., Kamsan, N., & Aliyah, H. (2023). Persepsi guru terhadap implementasi Kurikulum Merdeka di madrasah. Tafáqquh: Jurnal Penelitian dan Kajian Keislaman, 11(2), 273–287. https://doi.org/10.52431/tafaqquh.v11i2.2245
Sunarni, S., & Karyono, H. (2023). Persepsi guru terhadap implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di sekolah dasar. Journal on Education, 5(2), 1613–1620. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.796
Tunas, K. O., & Pangkey, R. D. H. (2024). Kurikulum Merdeka: Meningkatkan kualitas pembelajaran dengan kebebasan dan fleksibilitas. Journal on Education, 6(4), 22031–22040. https://doi.org/10.31004/joe.v6i4.6324
Umar, U., Jayanti, M. I., Annafi, N., & Lukman, L. (2024). Persepsi guru terhadap implementasi Kurikulum Merdeka pada sekolah dasar. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 7(1), 57–69. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.1.2024.3386
Yulianti, M., Anggraini, D. L., Nurfaizah, S., & Pandiangan, A. P. B. (2022). Peran guru dalam mengembangkan Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial, 1(3), 290–298. https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i3.53
DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v10i1.11414
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id