Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Menganalisis Teks Eksplanasi pada Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kabandungan Tahun Ajaran 2024/2025
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abdjul, D. (2022). Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar biologi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Buntulia. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 343–348. https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.343-348.2022
Ahmad, N. Q., Bab, R., & Suardi, S. (2024). Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan aplikasi Quizizz terhadap minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Inpres Bontomanai. Journal on Education, 7(1), 3175–3192. https://doi.org/10.31004/joe.v7i1.6912
Ali, M., & Setiani, D. D. (2018). Pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik pada konsep jamur. Bioedusiana, 4(2), 59–63. https://doi.org/10.34289/277895
Ana, N. Y. (2018). Penggunaan model pembelajaran discovery learning dalam peningkatan hasil belajaran siswa di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13851
Basarudin, B. (2024). Penerapan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan rasa percaya diri siswa kelas X SMA Negeri 2 Muara Beliti. Journal of Mathematics Science and Education, 7(1), 1–9. https://doi.org/10.31540/jmse.v7i1.3324
Fatmawati, N. F., Rohmah, S. F., Yaqin, M. A., & Amaliyah, F. (2024). Efektivitas penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas IV SD dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematis. Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma (JPMS), 10(2), 119–124. https://doi.org/10.36987/jpms.v10i2.5925
Hayati, E. N., Sripatmi, & Junaidi. (2025). Pengaruh penerapan model Problem Based Learning terhadap kemampuan numerasi matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Montong Gading tahun ajaran 2024/2025. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 5(3), 869–879. https://doi.org/10.29303/griya.v5i3.762
Hotimah, H. (2020). Penerapan metode pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan kemampuan bercerita pada siswa sekolah dasar. Jurnal Edukasi, 7(3), 5–10. https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3.21599
Junaidi, J. (2020). Implementasi model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan sikap berpikir kritis. Jurnal Socius, 9(1), 25–33. https://doi.org/10.20527/jurnalsocius.v9i1.7767
Pertiwi, F. A., Luayyin, R. H., & Arifin, M. (2023). Problem Based Learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis: Meta analisis. JSE: Jurnal Sharia Economica, 2(1), 42–49. https://doi.org/10.46773/jse.v2i1.559
Prasetyo, A. D., & Abduh, M. (2021). Peningkatan keaktifan belajar siswa melalui model discovery learning di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1717–1724. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.991
Rahmadani, F., & Manullang, S. (2024). Pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP. ALFIHRIS: Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(4), 46–56. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i4.994
Saenab, S., Yunus, S. R., & Husain, H. (2019). Pengaruh penggunaan model Project Based Learning terhadap keterampilan kolaborasi mahasiswa pendidikan IPA. Biosel: Biology Science and Education, 8(1), 29–35. https://doi.org/10.33477/bs.v8i1.844
Sahabuddin, I., Hamsa, A., & Mayong, M. (2023). Keefektifan model Problem Based Learning dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kelara Kabupaten Jeneponto. Wahana Literasi: Journal of Language, Literature, and Linguistics, 2(2), 14–25. https://doi.org/10.59562/wl.v2i2.37482
Sitorus, T. H. P. S., & Darwis, U. (2023). Meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui model Problem Based Learning pada mata pelajaran matematika kelas IV SD Negeri 17 Panai Hulu. Journal of Educational Research and Humaniora (JERH), 3(1), 40–46. https://doi.org/10.51178/jerh.v1i3.1543
Syawalin, N. N., & Subandi, S. (2025). Alternatif solusi dalam pembelajaran IPS untuk meningkatkan pemahaman, motivasi, dan interaktivitas melalui storytelling, media digital, dan Project-Based Learning. Karimah Tauhid, 4(6), 3840–3850. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v4i6.18664
Ujud, S., Nur, T. D., Yusuf, Y., Saibi, N., & Ramli, M. R. (2023). Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMA Negeri 10 Kota Ternate kelas X pada materi pencemaran lingkungan. Jurnal Bioedukasi, 6(2), 337–347. https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i2.7305
Zulva, M., Turmuzi, M., & Saputra, H. H. (2022). Pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Si Bula (Stik Bilangan Bulat) terhadap hasil belajar matematika siswa SD kelas IV SDN 18 Cakranegara tahun ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2C), 812–820. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2c.627
DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v10i1.11455
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id