PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS EKSPOSISI OLEH SISWA KELAS VII MTS AL-JAM’IYATUL WASHLIYAH TEMBUNG

Wulandari Anwar

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan metode ceramah terhadap kemampuan memahami teks eksposisi. Untuk penelitian tersebut data diambil dari 82 sampel yang berasal dari 415 populasi. Pengambilan sampel dilakukan secara random kelas (random sampling) yaitu untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengambilan data dilakukan dengan instrumen penugasan yaitu menentukan struktur dan ciri bahasa teks eksposisi. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desai posstest Control Only Desain. Dengan desain tersebut, peneliti akan membandingkan hasil belajar menentukan struktur dan ciri bahasa teks eksposisi siswa yang dibimbing dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan hasil belajar menentukan struktur dan ciri bahasa teks eksposisi siswa yang dibimbing dengan metode ceramah. Dengan demikian, penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan kemampuan siswa

Kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, teks eksposisi

Abstract. This study aims to explain the influence of the jigsaw type cooperative learning model and lecture method on the ability to understand exposition texts. For this study data was taken from 82 samples from 415 populations. Sampling is done by random class (random sampling) that is to determine the experimental class and the control class. Data retrieval is done by the assignment instrument that is determining the structure and characteristics of the exposition text language. The method used in this research is the experimental method with the design of the poststest Control Only Design. With this design, the researcher will compare the learning outcomes of determining the structure and language characteristics of the exposition text of students guided by the jigsaw cooperative learning model with learning outcomes determining the structure and language characteristics of the exposition text of students guided by the lecture method. Thus, this study shows that the use of the influence of the jigsaw type cooperative learning model can improve students' abilities

Keywords: jigsaw cooperative learning model, exposition text

Full Text:

XML

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian ( Suatu Pendekatan Praktik). Yogyakarta: Rineka Cipta.

Amri, Sofan. 2013. Pengembangan & Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Damayanti, Deni. 2013. Panduan Lengkap Menyusun Proposal, Skripsi, Tesis, Disertasi Untuk Semua Program Studi. Yogyakarta: Araska.

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Mahsun. 2014. Teks dalam pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Rusman. 2012. Seri Manajemen Sekolah Bermutu: Model- Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Rohimah, Ima. 2014. BUPENA (Buku Penilaian Autentik) Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Sagala, Syaiful. 2009. “Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan”. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. 2009. “Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan”. Jakarta: Prenada Media Group.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsisto.

Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Sudijono, Anas. 2009. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sobry, Sutikno. 2014. Metode & Model-model Pembelajaran. Lombok: Holistica.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v3i2.1148

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.