ANALISIS PEMEROLEHAN SINTAKSIS MENGGUNAKAN TEKNIK MLU (MEANT LENGHT OF UTTERENCE) PADA ANAK USIA 5 TAHUN

Rini Sartika Nasution

Abstract


Abstrak. Penelitian  ini bertujuan untuk menganalsis teori pemerolehan sintaksis seorang anak berusia 5 tahun berdasarkan teori MLU yang dikemukakam oleh Brown. Penelitian yang berjenis kualitatif dekriptif ini menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh akan direduksi, disajikan melalui uraian, lalu disimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak berusia 5 tahun sudah  mampu menggunakan bahasa sesuai dengan fungsinya sebagaimana yang dikemukakan oleh Halliday. Berdasarkan teori Brown tentang MLU (Mean Lenght of Utterence), subjek yang diteliti berada pada tingkat X yakni memiliki nilai 4,5+ untuk pemerolehan sintaksis. Artinya, penelitian ini juga mengonfirmasi kebenaran dari teori tersebut.

Kata kunci : Pemerolehan Sintaksis, Anak, MLU (Meant Lenght Utterence)

 

Abstract. This study aims to analyze the theory of the acquisition of the syntax of a 5 year old child based on the MLU theory found by Brown. This descriptive qualitative research uses three data collection techniques, namely observation, interviews, and documentation. The data obtained will be reduced, presented through a description, then concluded. The results of the study show that 5-year-old children are able to use language according to their functions as proposed by Halliday. Based on Brown's theory of MLU (Mean Lenght of Utterence), the subject under study is at the X level which has a value of 4.5+ for the acquisition of syntax. That is, this study also confirms the truth of the theory.

Keywoard : syntactic acquisition, Child, Meant Lenght Utterence


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Anas. 2015. Dasar-dasar Psikolinguistik. Jakarta : Prestasi Pustaka.

Annisa, Witri. 2011. Pemerolehan Bahasa Anak (Kajian MLU) pada Anak Usia 3 Tahun 8 Bulan. Jurnal Pakar Pendidikan UNP. Vol. 9, No. 2, Hlm 175-182.

Arifuddin. 2013. Neuropsikolinguistik. Jakarta : Rajawali Press.

B Hurlock, Elisabeth. 1978. Perkembangan Anak. Jakarta : Erlangga.

Brown, H. Douglas. 2007. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. Inc: Pearson Education.

Chaer, Abdul. 2003. Psikolinguistik: Kajian Teoretik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dardjowidjojo, Soenjono. 2005. Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor.

Damaianti, Vismaia S. dan Nunung Sitaresmi. 2006. Sintaksis Bahasa Indonesia. Bandung: Pusat Studi Literasi Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FPBS UPI.

Daulay, Syahnan. 2010. Pemerolehan dan Pembelajaran Bahasa. Bandung : Citrapustaka Media Perintis.

Hoff, E. 2009. Language Development. Fourth Edition. Belmont: Wadsworth.

Pateda, Mansoer. 1990. Aspek-aspek Psikolinguistik. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Nusa Indah.

Nababan dan Sri Utari Subyakto. 1992. Psikolinguistik: Suatu Pengatar. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Tarigan, Henry Guntur. 1998. Pengajaran Pemerolehan Bahasa. Jakarta: Depdikbud.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v3i2.1149

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.