ANALISIS PENGGUNAAN KELAS KATA BAHASA INDONESIA, BAHASA ARAB, DAN BAHASA INGGRIS PADA BAHAN AJAR KELAS VIII MTS AL-MA’TUQ

Annisa Delis, Deden Ahmad Supendi, Nanang Chaerul Anwar

Abstract


Abstrak. Penelitian ini mengenai penggunaan kelas kata bahasa Indonesia, bahasa Arab, dan bahasa Inggris pada bahan ajar di kelas VIII MTs Al-Ma‟tuq. Bertujuan untuk mengetahui penggunaan kelas kata bahasa Indonesia, bahasa Arab, dan bahasa Inggris pada bahan ajar untuk pembelajaran di ranah pondok pesantren yang berbasis bilingual. Untuk mengetahui pembelajaran mengenai kelas kata dan penggunaannya di pesantren yang berkomunikasi menggunakan bahasa Arab dan bahasa Inggris sesuai data hasil penelitian. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kualitatif dan menggunakan metode triangulasi data, dan subjek penelitian yaitu guru pengampu setiap mata pelajaran tersebut. Hasil penelitian yang didapatkan pada kaidah kebahasaan bahan ajar cetak terdapat lima kelas kata bahasa Indonesia beserta jenis-jenis setiap kelas katanya yaitu: Pronomina terdapat pronomina persona, pronomina penunjuk, pronomina penanya, preposisi tunggal, verba dari segi prilaku semantis dan prilaku sintaksis yang meliputi verba transitif, verba eka transitif, verba taktransitif, adjektiva yang meliputi adjektiva turunan, adjektiva yang tergolong idiom, adjektiva majemuk, dan konjungsi koordinatif. Lalu terdapat dua kelas kata pada bahan ajar bahasa Arab yaitu verba/fi‟il dan partikel/harf. Kemudian terdapat satu kelas kata pada bahan ajar bahasa Inggris verba/verb yang digunakan untuk menyatakan kalimat sederhana yang lampau simple past tense dan pada kalimat yang sedang dilakukan Present continuous tense.

Kata Kunci : Kelas Kata Bahasa Indonesia, Arab, dan Inggris, Bahan

                        Ajar Cetak                

Abstract. This study is about the use of Indonesian, Arabic, and English word classes in teaching materials in class VIII of MTs Al-Ma‟tuq. Aim to find out the use of Indonesian, Arabic, and English word classes in teaching materials for learning in the realm of bilingual-based Islamic boarding schools. To find out learning about word classes and their use in Islamic boarding schools that communicate using Arabic and English according to research data. The method used in this study is qualitative and uses the data triangulation method, and the research subject is the teacher of each subject. The results of the study obtained in the language rules of printed teaching materials are five Indonesian word classes along with the types of each class, namely: there are personal pronouns, pointer pronouns, questioners pronouns, single prepositions, verbs in terms of semantic behavior and syntactic behavior which includes transitive verbs , ekatransitive verbs, transitive verbs, adjectives which include derivative adjectives, idioms classified as adjectives, compound adjectives, and coordinative conjunctions. Then there are two classes of words in Arabic teaching materials namely verb / fi'il and particles / harf. Then there is one class of words in English language verb teaching material which is used to express past simple sentences simple past tense and in the sentence being carried out Present continuous tense.

Keywords: Indonesian, Arabic and English Word Classes, Print Learning Materials


Full Text:

PDF

References


Almarodi, Abu Muhammad. (1992). Aljunna Addaani Fil Hurufi Ma‟aani. Libanon: Daar alkutub alilmiyyah.

Alwi, Hasan. Dkk. (2003). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Arifin, Zainal dan Junaiyah. (2008). Sintaksis. Jakarta:Grasindo.

Arifin, Zainal. (2016). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Chaer, Abdul. (2012). Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Alwi, Hasan. Dkk. (2003). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Edisi Ketiga. Jakarta: Balai

Kridalaksana, Harimurti. (2008). Kelas Kata dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Hidayatullah, Moch. Syarif. (2017). Cakrawala Linguistik Arab. Jakarta: Grasindo.

Verhaar, J. W. M. (2008). Asas-Asas Linguistik. Yogyakarta: Gadjah Mada University.

KMI of Darussalam Gontor Ponorogo. (1422H). Grammar. Jawa Timur: Draussalam press.

Lestari, Ika. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia Permata.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v4i1.1695

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.