ANALISIS KESALAHAN EJAAN DAN KALIMAT DALAM SKRIPSI MAHASISWA UNIVERSITAS BRAWIJAYA SEBAGAI DASAR PENENTUAN STRATEGI, TUJUAN, DAN BAHAN AJAR MATA KULIAH BAHASA INDONESIA DI UNIVERSITAS BRAWIJAYA

Nanang Bustanul Fauzi, Maulfi Syaiful Rizal, Muhammad Fatoni Rohman

Abstract


Abstrak. Menulis merupakan keterampilan yang harus dikuasai oleh mahasiswa. Keterampilan berbahasa ini berguna untuk menulis skripsi sebagai tugas akhir mahasiswa dalam meraih gelar sarjana (magister dan atau doktor). Dalam penulisan skripsi, ejaan, dan kalimat yang digunakan merupakan kalimat yang baku dan efektif agar pembaca mudah memahami maksud penulis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan menulis ejaan, peristilahan, dan kesalahan menulis kalimat pada skripsi mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brwijaya.Penelitian ini menggunakan penelitian kualiatif dengan rancangan studi kasus untuk memperoleh deskripsi data. Hasil penelitian ini mengungkap bahwa  kesalahan berbahasa yang paling banyak ditemukan, yaitu kesalahan ejaan yang digunakan oleh mahasiswa dalam skripsi. Kesalahan ejaan tersebut berupa pemakaian tanda baca sebanyak 52,03%, penulisan kata 39,53%, dan penulisan huruf 0,08%. Sedangkan kesalahan penulisan kalimat ditemukan pada aspek ketidaksepadanan struktur, ketidakhematan, ketidakcermatan, ketidakpaduan, ketidakparalelan, dan ketidaklogisan dalam kalimat.

Kata kunci: Kesalahan kalimat, kesalahan ejaan, kalimat baku

Abstract. Writing is a skill that must be mastered by students. This language skill is useful for writing a thesis as a student's final project in obtaining a bachelor's degree (master and / or doctoral degree). In writing thesis, spelling, and sentences used are standard and effective sentences so that readers easily understand the intent of the author. This study aims to describe errors in spelling, terminology, and error writing sentences in the thesis of students of the Faculty of Cultural Sciences, University of Brwijaya. This study uses qualitative research with a case study design to obtain data descriptions. The results of this study revealed that the most common language errors were found, namely the spelling errors used by students in the thesis. The spelling errors were in the form of using punctuation as many as 52.03%, word writing 39.53%, and letter writing 0.08%. While writing errors found in aspects of structural incompatibility, imprecision, disobedience, non-alignment, incongruity, and irrationality in sentences.

Keywords: Sentence errors, spelling errors, standard sentences

References


Badudu , J.S. 1985. Cakrawala Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Depdiknas. 2013. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan & Pedoman Umum Pembentukan Istilah. Bandung: Yrana Widya.

LPPM, 2016, Rencana Induk Penelitian Universitas Brawijaya 2016 – 2020,

Mustakim. 1994. Membina Kemampuan Berbahasa: Panduan ke arah Kemahiran

Berbahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Nestelenta, Niar Velli. 2016. Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Keindahan Alam melalui Teknik Resitasi pada Siswa Kelas VIIA SMP Assalam Batu.

Nurudin. 2010. Dasar-Dasar Penulisan. Malang: UMM Press.

Putrayasa, Ida Bagus. 2007. Kalimat Efektif: Diksi, Struktur, dan Logika. Bandung: Refika Adiatama.

Razak, Abdul. 1985. Kalimat Efektif: Struktur, Gaya dan Variasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Semi, M. Atar. 2007. Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa

Sugiyono, (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Penerbit Alfabeta

Suhardi. 2008. Sintaksis. Yogyakarta: UNY Press.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v3i2.1699

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.