PENGARUH MEDIA FILM PENDEK BERJUDUL INILAH AKU TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NARASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V-2 TINGKAT MATHAYOM DI ISLAMIC SANTITHAM FOUNDATION SCHOOLTHAILAND SELATAN

Dinna Utami, David Setiadi, Fauziah Suparman

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media film pendek berjudul Inilah Akuterhadap kemampuan menulis narasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas V-2 tingkat Mathayom di Islamic Santitham Foundation School. Adapun pengaruh media film tersebut di antaranyamengetahui kemampuan menulis narasi sebelum menggunakan media film pendek, kemampuan menulis narasi sesudah menggunakan media film pendek, dan pengaruh media film pendek terhadap kemampuan menulis siswa.. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain one grup pretest posttest. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas V-2 yang berjumlah 31 orang. Teknik sampling yang digunakan yaitu teknik random sampling. Desain yang digunakan one grup pretest posttest, dengan alur melakukan pengujian perlakuan sebelum dan sesudah menggunakan media film pendek berjudul Inilah Aku. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, setelah data tes terkumpul maka dilakukan analisis kuantitatif melalui uji hipotesis. Berdasarkan penghitungan data hasil pretest dan posttest, setelah diberi perlakuan dalam proses pembelajaran pada siswa kelas V-2 yang merupakan penutur asing mengalami perubahan. Pada kegiatan pretest diperoleh nilai rata-rata sebesar 49,677, sedangkan pada kegiatan posttest siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar58,129. Hal ini dibutikan dari penghitungan statistik, diketahui harga thitung 0,0682 dikonsultasikan dengan ttabel dengan derajat kebebasan (dk) N-1 atau 31-1=30 dengan taraf signifikansi 0,05. Maka harga ttabel 1,697 yang menunjukkan bahwa harga thitung lebih kecil daripada ttabel, karena thitung berjumlah 0,0682 dan ttabel berjumlah 1,697. Apabila thitung lebih kecil daripada ttabel maka hasilnya tidak signifikan. Berdasarkan hasil penghitungan uji-t dapat dinyatakan bahwa  penggunaan media film pendek berjudul Inilah Aku terhadap kemampuan menulis narasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas V-2 tingkat Mathayom di Islamic Santitham Foundation School tidak berpengaruh.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Film Pendek, Kemampuan, Menulis,  

              Narasi.

Abstract. This study aims to determine the effect of short film media entitle Inilah Aku on the ability to write narratives in Indonesia language learning in Mathayom V-2 level students at the Islamic Santitham Foundation School. The influence of the film media includes knowing the ability to write narrative before using short film media, the ability  to write narratives after using short film media on students writing skills. This type of research  is quantitative with one grup pretest posttest design. Subjects in the study were students of class V-2, amounting to 31 people. The sampling technique  used is the random sampling technique. The design used was one grup pretest posttest, with the flow of testing the treatment before and after using the medium of a short film titled Inilah Aku. Data collection is done using tests, after the test data has been collected, quantitative analysis is carried out through hypothesis testing. Based on the calculation of the result of the pretest and posttest data, after being treated in the learning process in class V-2 students who are foreign speakers experienced changes. In the pretest activity the average value was 49,677, while in the posttest activities students obtained an average score of 58,129. It is needed from the calculation of statistics, it is known that the tcount of 0,0682 is consulted with a table with degree of freedom (dk) N-1 or 31-1=30 with a significance level of 0,05. Then the price of table 1,697. Indicates that the price of tcount is smaller than ttable, because tcount is 0,0682 and table is 1,697.if tcount is smaller than table, the result is not significant. Based on the results of the t-test calculation it can be stated taht the use of short film media entitled Inilah Aku for the ability to write narratives in learning Indonesian in Mathayom level V-2 students at the Islamic Santitham Foundation School had no effect.

Keyword: Learning Media, Short Film, Ability, Writing,Narration.

Full Text:

PDF

References


Abbas, Saleh. 2006. Pembelajaran bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tingga Direktorat Ketenagaan.

Abdulhalk, Ishak dan Deni Darmawan. 2017. Teknologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Aqib, Zainal. 2013. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Penerbit Yrama Widya.

Arifin, E. Zaenal dan S. Amran Tasai. 2008. Cermat Berbahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: AKAPRES.

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Burhan Nurgiyantoro. 2001. Penelitian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE

Daryanto. 2013. Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Gie, The Liang. 2002. Terampil Mengarang. Yogyakarta: Andi

Hamalik, Oemar. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hidayat, Asep Ahmad. 2006. Filsafat Bahasa Mengungkap Hakikat Bahasa, Makna, dan Tanda. Bandung: PT Rosdakarya Offset Bandung

Ibrahim, H., Sihkabuden, Suprijanta, dan Kustiawan, U. 2001. Media Pembelajaran: Bahan Sajian Program Pendidikan Akta Mengjar. Malang: FIP UM.

Keraf, Gorys. 2010. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Kunardi, Hardjoprawiro. 2005. Pembinaan Pemakaian Bahasa Indonesia. Surakarta: UPT MKU UNS dan UNS Press.

Rohmadi, Muhammad, dkk. 2008. Teori dan Aplikasi Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Surakarta: UNS Press.

Semi, Atar. 2007. Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumiharsono, Rudi dan Hisbiyatul Hasanah. 2017. Media Pembelajaran. Jember: Pustaka Abadi.

Suparno. 2004. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Susilana, Rudi dan Cepi Riyana. 2007. Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. 2011. Pengajaran Kosakata. Bandung: Angkasa.

Utama Rizal, Setria, dkk. 2015. Media Pembelajaran. Bekasi: CV. Nurani.

Wahyudi, dkk. 2017. Bahasa Indonesia Kesehatan. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET.

Wicaksono, Andri. 2014. Menulis Kreatif Sastra dan Beberapa Model Pembelajarannya. Yogyakarta : Garudhawacana.

Wicaksono, Andri dan Fahrurozi. 2016. Sekilas Tentang Bahasa Indonesia Catatan Mengenai Kebijakan Bahasa, Kaidah Ejaan, Pembelajaran Sastra, Penerjemahan, dan BIPA. Yogyakarta: Garudhawacana.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v4i1.1709

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.