PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COMPLETE SENTENCE PADA SISWA KELAS VII-I SMP SWASTA HKBP PULU BRAYAN

Bolon Romasto Simbolon, Debora Ginting, Mrs. Luckyana

Abstract


Abstrak.Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam menulis paragraf deskripsi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui model pembelajaran Complete Sentence.Masalah dalam peneitian ini adalah “Rendahnya Minat dan Hasil Belajar siswa dalam menulis paragraf deskripsi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia”.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan sample penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 SMP Swasta HKBP Pulu Brayan . Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan tes menulis paragraf deskripsi. Instrumen dalam penelitian ini adalah pedoman observasi, wawancara, dan dokumentasi foto.Hasil penelitian menunjukkan (1) perencanaan pembelajaran menulis paragraf deskripsi dilakukan peneliti dengan menggunakan model complete sentence, (2) pelaksanaan penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus, (3) hasil pembelajaran menulis paragraf deskripsi siswa dengan menggunakan model pembelajaran complete sentence mengalami peningkatan pada setiap sikllus nya, pada siklus I nilai rata-rata siswa adalah 71,17, dan pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 77,17. Ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa sudah mampu menulis paragraf deskripsi dengan baik.

Kata Kunci: Model pembelajaran complete sentence, menulis paragraf

                     deskripsi, penelitian tindakan kelas.

Abstract.The purpose of this study is to determine the increase in activity and learning outcomes of students in writing paragraphs of description on the subject of Bahasa Indonesia through complete sentence learning model. The problem in this study is “The Low Interest and Learning Outcomes of students in writing description paragraphs on Indonesian subjects”. The research method used in this research is Classroom Action Reseacrh (PTK) with sample research in this study are students of class VII-1 Private Junior High School HKBP Pulu Brayan. This research was conducted in two cycles. Data collection techniques used are observation, interview, and photo documentation. The result of the research shows that (1) the learning planning of writing the description paragraph is done by the researcher by using the complete sentence model, (2) the implementation of this research is done by two cycles, (3) the learning result of writing the description paragraph of the student by using the complete sentence learning model has increased in each cycllus, in the first cycle the average score of the students was 71,17 and in the second cycle the average score of the students increase to 77,17. This shows that most students have been able to write a description paragraph well.

Keywords: Complete Sentence learning model, write description

                   paragraph, classroom action research

Full Text:

PDF

References


Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Jakarta. Angkasa Bandung.

Arikunto, S dkk, 2015.Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT. BumiAksara

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta:Rineka cipta.

Asrori, Mohammad. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Wacana Prima

Khairani, 2014.Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Examples Terhadap Kemampuan Menuis Cerpen Siswa Kelas X SMA Setia Budi Abadi Perbaungan. Skripsi Universitas NegeriMedan.

Cahyo, Nur Arifan Dwi. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Complete Sentence Dalam Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar PPKN Siswa Kelas X SMK Negeri 12 Malang. Fakultas Ilmu Sosial.UM.

Tarigan, Ima Yarnia. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran KontekstualTerhadapKemampuan Menulis Paragraf Deskripsi Oleh Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Simpang empat Kabupaten Karo. Skripsi.Universitas Prima Indonesia.

Cholifah, Siti Nur. 2015. Tipe Complete Sentence Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) Siswa Kelas V MIN TunggangriKalidawir




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v2i1.1718

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.