PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRET TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 PARIAMAN

febi harfanel putri

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran dengan menggunakan media benda konkret, mendeskripsikan hasil belajar keterampilan menulis deskripsi siswa dan mendeskripsikan kendala apa saja yang terjadi dan bagaimana cara mengatasi dalam pembelajaran dengan menggunakan media benda konkret. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus.Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan pengamatan aktivitas guru, aktivitas siswa, tes dan catatan lapangan.Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada proses pengamatan aktivitas guru mengalami peningkatan. Pada siklus I rata-rata aktivitas guru 78,9% sedangkan pada siklus II rata-rata aktivitas guru 93,49% terjadi peningkatan sebesar 14,59%. Pada aktivitas siswa, siklus I rata-rata aktivitas siswa 75,31%, siklus II 89,37% terjadi  peningkatan sebesar 14,06%. Hasil tes siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I rata-rata kelas 68,1 sedangkan pada siklus II 82,1. Simpulan peneliti adalah penggunaan media benda konkret dalam pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas VII SMPN 2 Pariaman.

 



References


Aqib, Zainal.dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Daryanto. 2013. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Febriyeni. 2014. “Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi siswa Kelas X SMA Negeri 2 Tanah Sepenggal Kabupaten Bungo Tahun Ajaran 2013/2014” dalam Journal UNJA, 14(5):5—5.

Indarti, Titik. 2008. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Dan Penulisan Ilmiah. Surabaya: Lembaga Penerbitan Fakultas Bahasa Dan Seni Universitas Negeri Surabaya.

Pujiono, S. 2012. “Berpikir Kritis dalam Literasi Membaca dan Menulis” dalam Jurnal Unsoed, 16(4):781—781

Sadiman, Arief S, dkk. 2008. Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sanaky, Hujair AH. 2011. Media Pembelajaran Buku Pegangan Wajib Guru dan Dosen. Yogyakarta: Kaukaba.

Suyuti, Yuliana, Zugit Zulianto, & Yunidar Nur. 2016. “Penerapan Media Gambar dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas XB SMAN 2 Dampelas” dalam Jurnal Bahasantodea, Vol.4, No.2, hal.117.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v3i1.2588

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.