PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN MENYUNTING KARANGAN SISWA KELAS IX SMPN 1 CIMANGGU (Studi Eksperimen terhadap Siswa Kelas IX SMPN 1 Cimanggu)

Tina Rustina

Abstract



 

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan langkah-langkah model kooperatif Think Pair Share dalam pembelajaran menyunting karangan serta hasil menyunting sebelum dan setelah implementasi. Tempat penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Cimanggu tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Prosedur penelitiannya dilakukan dengan tiga tahapan yaitu pelaksanaan tes awal menyunting karangan, penerapan Think Pair Share dan tes akhir menyunting karangan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan berdasarkan karakteristik dan rekomendasi guru pengampu mata pelajaran bahasa Indonesia. Sampel yang dipilih yaitu siswa kelas IXA. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan Think Pair Share dalam pembelajaran dapat dilakukan dengan tahapan sebagai berikut, yaitu: 1) pendahuluan pembelajaran dengan  penyampaian  tujuan pembelajaran menyunting karangan; 2) pembentukan kelompok belajar; 3) pemberian stimulus menyunting karangan yang difasilitasi oleh guru; 3) mengdeintifikasi permasalahan mengenai proses menyunting karangan; 4) mengumpulkan data dari berbagai sumber mengenai proses menyunting; 4) mengolah data yang diperoleh dengan bimbingan guru melalui penyuntingan karangan; 5) menyampaikan hasil diskusinya, dan 6) menyimpulkan proses menyunting. Adapun hasilnya terdapat kenaikan yang signifikan dari rata-rata tes awal sebesar 68 menjadi 77.

 

Kata Kunci: Pembelajaran, menyunting, Think Pair Share.


References


Ali, Lukman. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Arifin, E. Zaenal dan S. Amran Tasai. (2008). Cermat Berbahasa Indonesia. Jakarta: Akademika Presindo.

Arikunto, Suharsimi. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bandung: Bina Aksara.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Bina Aksara.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Eneste, Pamusuk. (2005). Buku Pintar Penyunting Naskah Edisi II. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hamdi, Asep Saepuloh. E. Baharuddin. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan. (Yogyakarta:Deepublisher)

Hartono, Bambang. (2010a). Dasar-dasar Penyuntingan. Semarang: UNNES

Hartono, Bambang. (2010b). Pengajaran Mikro. Semarang: Widya Karya.

Ibrahim, Muslim. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Badan Penerbit UNJ.

Kartono. (2009). Menulis Tanpa Rasa Takut Membeca Realitas dengan Kritis. Yogyakarta:Kanisius.

Keraf, Gorys. (2001). Komposisi. Ende Florest Nusa Indah.

Marantika, Riky. (2010). Menyunting Karangan. http://rikymarantika.blogspot.com/2010/04/pantai-panjang-bengkulu.html. Diunduh pada tanggal 20 Desember 2019.

Nugraha, Aldila Andhita. 2011. Peningkatan Kemampuan Menyunting Karangan Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (Tps) Pada Siswa Kelas IX B SMP Negeri 2 Tulis-Batang Tahun Pelajaran 2011/2012. Universitas Negeri Semarang: Tidak diterbitkan

Nurjamal, Daeng, Warta Sumirat, Riadi Darwis. 2011. Terampil Berbahasa. Bandung: Alfabeta.

Pratiwi, Yuni. (2008). Bahasa Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka.

Ratumanan. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Ambon: Unesa University Press.

Subana, M, (2011). Dasar-dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: CV. Pustaka Setia

Sugiyono. (2013). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suherman, Erman dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suparno dan Mohamad Yunus. (2010). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas terbuka.

Suyanto, E. (2011). Membina, Memelihara, dan Menggunakan Bahasa Indonesia Secara Benar.Yogyakarta: Ardana Media.

Tarigan. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Hidayat, Ujang Syarif.(2016). Model-model Pembelajaran Efektif, Sukabumi : Yayasan Budhi Mulia Sukabumi

Uyanto, S.S. (2006). Pedoman Analisis Data dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu

Widjono, HS. 2007. Bahasa Indonesia Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi (Edisi Revisi). Jakarta: Grasindo

Wina Sanjaya, 2007 Strategi Pembelajaran,Jakarta: Kencana




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v2i2.2694

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.