PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) DENGAN BANTUAN MEDIA GOOGLE FORMULIR DAN WHATSAPP GROUP TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR-UNSUR DRAMA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 CIEMAS

Sartono Setiawan

Abstract


Adanya wabah pandemi covid-19 telah menggangu berbagai aspek kehidupan masyarakat tak terkecuali dunia pendidikan. Pembelajaran beralih dari pembelajaran tatap muka secara langsung di dalam kelas menjadi pembelajaran lewat daring (dalam jejaring). Penelitian ini bertujuan untuk menilai pengaruh penggunaan model pembelajaran dan media pembelajaran terhadap kemampuan siswa. Model pembelajaran yang diteliti adalah model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dengan media Google Formulir dan Whatsapp Group. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ciemas yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan data berupa tes sebelum penerapan model pembelajaran (pretest) dan sesudah penerapan model pembelajaran (posttest). Dari hasil penelitian terdapat peningkatan rata-rata kemampuan siswa dengan materi menganalisis unsur-unsur drama. Rata-rata pretest sebesar 34,03 meningkat menjadi 62,63 saat posttest, ditunjang dari hasil uji-t dengan t hitung sebesar 8,230 dan signifikansi 0,000. Hal ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan kemampuan siswa yang signifikan dalam menganalisis unsur-unsur drama setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament)    

Kata kunci: Pembelajaran kooperatif, TGT (Teams Games Tournament), Google Formulir, Whatsapp Group.



DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v3i2.2713

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.