PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 040551 LAU PAKAM TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran kosakata melalui model pembelajaran scramble di SD Negeri 040551 Lau Pakam. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 20 siswa. Teknik yang digunakan adalah observasi dan tes.Hasil penelitian yang dilakukan pada pre-tes diperoleh hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru yaitu 63,5 dengan kategori cukup dan hasil penelitian yang dilakukan pada siklus I diperoleh hasil pelaksanaa pembelajaran pada aktivitas guru yaitu 66,4 dengan kategori cukup, sedangkan pada aktivitas sisa yaitu nilai 79,9 dengan kategori baik. Ketuntasan hasil belajar siswa diperoleh, ketuntasan hasil belajar siswa individu sesuai KKM yang ditetapkan yaitu 70, siswa yang tuntas 7 orang sedangkan yang tidak tuntas 13 orang. Hasil belajar klasikla diperoleh siswa yang tuntas 35% dan yang tidak tuntas 65%, nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 59,9 dengan hasil belajar siswa pada siklus I belum sangat maksimal, dengan demikan maka dilanjutkan pada siklus selanjutnya. Hasil penelitian pada siklus II diperoleh hasil pelaksanaa pembelajaran pada ativitas guru yaitu 76% dengan kategori baik, sedangkan pada aktivitas siswa yaitu nilai 76 dengan kategori baik. Ketuntasan hasil belajar siswa secara individu siswa yang tuntas 19 orang sedangkan yang siswa yang tidak tuntas 1 orang. Hasil belajar siswa secara klasikal diperoleh siswa yang tuntas 95%dan siswa yang tidak tuntas 5% nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II meningkat yaitu 88,4 %.
Full Text:
PDFReferences
Adhani, Agnes.2017. Kosakata Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Textium.
Arikunto, Suharmisi. 2006. Manajemen Penelitian.Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
Aris Yunisah, (2007), Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Siswa kelas VII Depok,Sleman Yogyakarta: Skripsi. FBS-UNY.
Al-Bahri, Fauzan Putraga. 2020. Sukses Berbahasa Inggris Bagi Pemula Komputer. Kota Banda Aceh: PT. Lembaga Kita
Istarani. 2016. 58 Model Pembelajaran Inovatif.Medan: Media Persada.
Keraf,Gorys. 2009. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Kosasih dan Kurniawan. 2003. Ketatabahasaan dan Kesusatraan. Bandung: Yrama Widya.
Kridalaksana, Harimurti. 1994. Kelas Kata dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia Utama
Nurgiantoro, Burhan. 2017. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: Angkota IKAPI.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.Rembang: Ar- Ruzz Media
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v5i2.3669
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id