PENGARUH MODEL REFLEKTIF TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VIII SMP PERGURUAN KRAKATAU MEDAN

Nila Safina

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model reflektif terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Perguruan Krakatau Medan. Sampel Penelitian adalah siswa kelas VIII -1 yang berjumlah 40 orang dan kelas VIII- 2 yang berjumlah 30 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen yaitu metode one group pre-test post-test design.. Dari  hasil pengolahan data diperoleh penggunaan model reflektif terhadap kemampuan menulis puisi siswa dengan diadakan pengujian hipotesis diperoleh to lebih besar dari ttabel yaitu 7,04>2,02 terdapat pengaruh yang signifikan. Kemampuan menulis puisi siswa semakin meningkat Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan model reflektif lebih berpengaruh terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Karakatau Medan.

 Kata Kunci: Pengaruh, Model Reflektif, Menulis Karangan Deskripsi

 Abstract. This study aims to determine the effect of the reflective model on the ability to write poetry of the eighth grade students of Krakatau Medan College Middle School. The research sample was students of class VIII -1 totaling 40 people and class VIII-2 totaling 30 people. The method used in this study is the experimental method, that is the method of one group pre-test post-test design. From the results of data processing, it is obtained the use of reflective models on students' poetry writing ability with hypothesis testing obtained to be greater than t table, which is 7.04> 2.02 there is a significant effect. Students' ability to write poetry increases. Based on the data analysis, it can be concluded that the use of reflective models has more influence on the ability to write poetry for eighth grade students of SMP Karakatau Medan.

Keywords: Influence, Reflective Model, Writing Essay Description


Full Text:

##PDF##

References


Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi

Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung Alfabeta.

Setyosari, Punaji. Metodologi Penelitian. Pendidikan dan Pengembangan. Malang Kencana Prenada Media Group.

Sudjana. 2002. Metode statistika. Bandung: Tarsito.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v3i1.704

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.