MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORASI PADA SISWA-SISWI KELAS VI SD NEGERI 020264 BINJAI

Lizza Martina Hardi

Abstract


Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar Bahasa Indonesia setelah diterapkannya model pembelajaran kolaborasi. (b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar Bahasa Indonesia setelah diterapkan model pembelajaran kolaborasi. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas VI   SD Negeri 020264   Binjai. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (51%) dan siklus II (89%).Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran  kolaborasi dapat berpengaruh positif terhadap prestasi, minat, perhatian dan partipasi, motivasi belajar siswa SD Negeri 020264 Binjai, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Bahasa Indonesia.

Kata Kunci: Bahasa Indonesia, pembelajaran kolaboratif.

Abstract. While the purpose of this study was: (a) Want to know the increase Indonesian learning achievement after the implementation of collaborative learning model. (B) Want to know the effect of motivation to learn Indonesian after application of collaborative learning model. This study uses action research (action research) as much as two rounds. Each round consists of four phases: design, activity and observation, reflection, and refisi. Goal of this research is a Class VI student of SD Negeri Binjai 020264. Data obtained in the form of a formative test results, observation sheet teaching and learning activities. From the analyst found that student achievement increased from the first cycle to the second cycle, namely, the first cycle (51%) and the second cycle (89%). Conclusions from this research is collaborative learning model can be a positive influence on achievement, interest, attention, and participation, motivation to learn Binjai 020264 primary school students, and this model can be used as an alternative learning Indonesian.

Keywords: Bahasa Indonesia, collaborative learning.


Full Text:

##PDF##

References


Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta.

Hamalik, O. 2001. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

KBBI. 1996. Edisi Kedua. Jakarta: Balai Pustaka.

Soetomo. 1993. Dasar-dasar Interaksi Belajar Mengajar. Surabaya: Usaha Nasional

Sukidin, dkk. 2002. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Insan Cendekia.

Usman, M. U. 2000. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v1i2.723

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.