PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE MODELLINGTHE WAY TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR INTRINSIK DRAMA KELAS X SMK YASPEN MULIA

Dra. Rita, M.Pd.

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Kemampuan menganalisis unsur intrinsik drama siswa kelas X SMK TKR Sebelum mendapat perlakuan melalui model active learning tipe modeling the way?; 2) Kemampuan menganalisis unsur intrinsik drama siswa kelas X TKR setelah mendapat perlakuan melalui model active learning tipe modelling the way?; dan 3) Apakah model active learning tipe modelling the way berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menganalisis unsur intrinsik drama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan maksud untuk melihat akibat atau pengaruh dari suatu perlakuan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa: 1) Kemampuan menganalisis unsur intrinsik drama siswa kelas X SMK Yayasan Pendidikan Mulia Medan tanpa menggunakan perlakuan masih tergolong rendah, terlihat dari nilai rata-rata siswa dalam menganalisis unsur intrinsik drama adalah sebesar 62,87; 2) Kemampuan menganalisis unsur intrinsik drama siswa kelas X SMK TKR Yayasan Pendidikan Mulia Medan dengan menggunakan perlakuan Model Modelling The Way (membuat contoh praktik) dikategorikan baik; dan 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil pembelajaran sebelum menggunakan model pembelajaran Modelling The Way dan setelah menggunakan model pembelajaran Modelling The Way.

Kata Kunci:  Active Learning Tipe ModellingThe Way, Kemampuan Menganalisis Unsur Intrinsik Drama.

Abstract.This study aims to analyze: 1) Ability to analyze intrinsic element of class X student drama SMK TKR Before getting treatment through active learning model type modeling the way?; 2) Ability to analyze intrinsic element of class X student drama TKR after got treatment through active learning model of modeling the way ?; And 3) Is the model of active learning modeling type the way have a significant effect on the ability to analyze intrinsic element of drama. The method used in this study is an experimental method with the intent to see the effect or effect of a treatment. Based on the research result, it is found that: 1) The ability to analyze the intrinsic element of the drama of the students of class X X SMK Yayasan Pendidikan Mulia Medan without using treatment is still low, seen from the average score of students in analyzing intrinsic element of drama is 62,87; 2) Ability to analyze the intrinsic element of drama of class X students of SMK TKR Yayasan Pendidikan Mulia Medan by using Model Modeling The Way (making practice model) is categorized as good; And 3) There is a significant influence between the learning outcomes before using the learning model Modeling The Way and after using the learning model Modeling The Way.

Keywords: Active Learning Type Modeling The Way, Ability to Analyze                                Intrinsic Elements Drama.


Full Text:

##PDF##

References


Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Istarani. 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif (Referensi Guru dalam Menentukan Model Pembelajaran). Medan: Media Persada.

Kosasih, E. 2011. Kompetensi Ketatabahasaan dan Kesusastraan: Cermat Berbahasa Indonesia. Bandung: Yrama Widya.

Nurgiyantoro, B. 2007. Penliaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BFFE.

Silberman, M. L. 2011. Active Learning Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v1i2.728

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.