UPAYA MENINGKATKAN MINAT MEMBACA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TARI BAMBU PADA KOMPETENSI DASAR MENANGGAPI ISI CERITA SECARA LISAN DI KELAS V SDNEGERI 068343 MEDAN TUNTUNGAN

Roslina Sembiring

Abstract


Abstrak. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe tari bambu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe tari bambu dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pokok bahasan menanggapi isi cerita secara lisan di Kelas V SD Negeri 068343 Medan Tuntungan. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, siklus I dan siklus II masing-masing memiliki 2 pertemuan. Pada setiap pertemuan peneliti melakkukan observasi belajar terhadap siswa, untuk mengetahui tingkat minat belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan penulis dengan guru V SD Negeri 068343 Medan Tuntungan yang dilakukan terhadap 30 orang siswa, terdapat 24 orang siswa (80%) yang memiliki minat belajar yang kurang dan 6 orang siswa (20%) yang memiliki minat yang cukup. Kemudian pada siklus I memiliki nilai rata-rata 44 (55%), sedangkan pada siklus II yaitu sebesar 69 (87%). Berdasarkan hasil penelitian dari tes siklus I dengan siklus II terjadi peningkatan yang signifikan, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe tari bambu dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pokok bahasan menanggapi isi cerita secara lisan di Kelas V SD Negeri 068343 Medan Tuntungan.

Kata Kunci:minat membaca, kooperatif tipe tari bambu, isi cerita, lisan

 

Abstract. This type of research is a classroom action research, with the application of cooperative learning model of bamboo dance type. This study aims to know that by using cooperative learning model of bamboo dance type can increase student learning interest on the subject respond to the story content orally in Class V SD Negeri 068343 Medan Tuntungan. This study consists of 2 cycles, cycle I and cycle II each have 2 meetings. At each meeting researchers do observation learning to students, to determine the level of student learning interest. Based on observations made by the author with teacher V SD Negeri 068343 Medan Tuntungan conducted on 30 students, there are 24 students (80%) who have less interest in learning and 6 students (20%) who have enough interest. Then in the first cycle has an average value of 44 (55%), while in the second cycle that is equal to 69 (87%). Based on the results of the research from the test cycle I with cycle II there is a significant increase, thus it can be concluded that by applying cooperative learning model of bamboo dance type can increase student learning interest on the subject respond to the story content orally in Class V SD Negeri 068343 Medan Tuntungan.

Keywords:interest in reading, cooperative type of bamboo dance, story content, oral


Full Text:

##PDF##

References


Isjoni. 2009. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Lie, A. 2010. Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo

Muslich, M. 2011. Melaksanakan PTK itu mudah. Malang: Bumi Aksara

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Suprijono, A. 2009. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi Paikem. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif- Progresif: Konsep Landasan Dan Implementasi Pada Kurikulum Tingkat Satua Pendidikan (KTSP). PT Kencana. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v2i1.749

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.