UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI METODE PEMBELAJARAN FIELD TRIP PADA SISWA KELAS X TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN SMK KARYA SETIA PEGAJAHAN TAHUN PEMBELAJARAN 2022-2023

Dina Kirani

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses peningkatan kemampuan menulis puisi dan hasil upaya meningkatkan kemampuan menulis puisi melalui Metode Pembelajaran Field Trip. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas X Teknik Komputer dan Jaringan SMK Karya Setia Pegajahan berjumlah 30 siswa. Sumber data yang digunakan adalah informan, dokumen, dan tempat peristiwa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses peningkatan kemampuan menulis puisi melalui Metode Pembelajaran Field Trip meningkat setiap siklusnya. Hasil upaya meningkatkan kemampuan menulis puisi melalui Metode Pembelajaran Field Trip meningkat. Kesimpulan penelitian ini adalah upaya pembelajaran menulis puisi melalui Metode Pembelajaran Field Trip dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas X Teknik Komputer dan Jaringan SMK Karya Setia Pegajahan tahun pembelajaran 2022-2023.


Keywords


Kemampuan menulis;puisi;metode pembelajaran field trip

References


Arikunto, Suharsimi., Suhardjono,. Supardi. 2017. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hatmo, Kenang Tri. 2021. Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. Jawa Tengah: Lakeisha.

Hidayatillah, Yetti, dkk. 2021. Metode Pembelajaran Guru dan Dosen Kreatif. Jawa Timur: CV Global Aksara Pres.SS.

Octavia, Shilphy A. 2020. Model-model Pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Pradopo, Rachmat Djoko. 2018. Pengkajian Puisi. Cetakan Ke 7. Yogyakarta: Gajah Mada

Ristiana, Dyah. 2022. Metode Pembelajaran. Jawa Tengah: Lakeisha.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v9i1.8934

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.