MENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN TPACK PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VII SMP NEGERI 3 KISARAN
Abstract
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
nggraeni R, E. A. (2022). Peranan Guru dalam Manajemen Peserta Didik. Karimah Tauhid, Volume 1 Nomor 2, 234-239.
Ariatama, S. (2022). Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis TPACK Terhadap Penguatan Karakter Mandiri Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Bandar Lampung. Skripsi.
Asia, N. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Pendekatan Integratif Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN Bontomaero II Kabupaten Gowa. Skripsi.
Chaniago, P. R. (9(1), 2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis TPACK pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Menuju Era Society 5.0. LINGUISTIK: Jurnal Bahasa dan Sastra, 79-85.
Erniati. (3(2), 2022). Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Media Video Dokumenter Kelas VII SMP Negeri 25 Makassar. Jurnal Edukasi Nonformal, 665-671.
Kusyairi. (9(1), 2020). Peningkatan Keterampilan Berbicara Peserta didik Kelas VII MTs Nahdlatun Nasyiin Kadur dengan Menggunakan Metode Numbered Heads Together (NHT) Tahun Ajaran 2019/2020. Reforma: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2621-4172.
Mardhiati, A. (1(2), 2023). Technological, Pedagogical, and Content Knowledge (TPACK) untuk Penguasaan Konsep dan Kemandirian Belajar Bahasa Indonesia Peserta didik. DIDAKTIS Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 65-70.
Puryanto, R. A. (2(1), 2021). Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Subtema Kebersamaan di Tempat Wisata Melalui Penerapan Metode Demonstrasi. Indonesian Gender and Society Journal, 27-32.
Putri, K. S. (3(2), 2023). Variasi Media Pembelajaran Berbasis TPACK yang Digunakan Mahapeserta didik PPG dalam Jabatan K1 G2 Bahasa Indonesia. Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan, 66-74.
Putri, M. W. (6(2), 2016). Peningkatan Kemampuan Berbicara dengan Menggunakan Metode Talking Stick pada Peserta didik Kelas VIII 6 SMP Negeri 4 Denpasar Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Santiaji Pendidikan, 87-95.
Ratna, Y. E. (2022). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Peserta didik Kelas Tujuh Melalui Role Play di SMP Katolik Marsudi Siwi. Prosiding Seminar Nasional Sastra, Lingua, dan Pembelajarannya (Salinga): Peran Bahasa dan Sastra dalam Penguatan Karakter Bangsa, 354-364.
Rosdiani, Y. (6(2), 2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara dalam Bermain Peran Melalui Metode Sosiodrama dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VII-4 SMP Negeri 3 Tasikmalaya). Jurnal Wahana Pendidikan, 66-70.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet.
Widaningsih, R. (9(1), 2023). Pembelajaran Berbasis TPACK untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 9-16.
Wuryaningtyas, E. T. (40(2), 2020). Urgensi Pengembangan TPACK Bagi Guru Bahasa Indonesia. BAHASTRA, 134-144.
DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v9i1.9393
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id



