MENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN TPACK PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VII SMP NEGERI 3 KISARAN

Gusti Khairani, Helbina Selani Br Barus, Gusti Yanda, Rina Hayati Maulidiah, Isnaini Isnaini

Abstract


Penerapan pendekatan TPACK dalam kegiatan pembelajaran dimaksudkan agar peserta didik mampu memanfaatkan teknologi sebagai media dalam mengembangkan keterampilan berbicara secara efektif dan emosional. Melalui pendekatan TPACK ini peserta didik dapat menyadari bahwa bahasa Indonesia adalah bahasa yang harus digunakan dengan tepat sesuai dengan tujuan dan konteks pada saat berbicara. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilakukan sebanyak dua siklus pada siklus I serta siklus II. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas BII-4 SMP Negeri 3 Kisaran dengan keterampilan berbicara yang rendah di bawah rata-rata kriteria ketuntasan minimum. Instrumen yang dipakai untuk pengumpulan data adalah tes serta nontes. Tes terkait keterampilan berbicara menggunakan pendekatan TPACK dan nontes berupa hasil observasi pembelajaran. Teknik yang digunakan dalam menganalisis data terkait perbandingan hasil nilai selama dua siklus adalah teknik kuantitatif serta kualitatif. Melalui analisis hasil ditemukan rata-rata sebedar 75, 09% dengan kategori baik kemudian di siklus II nilai keterampilan berbicara peserta didik meningkat menjadi 84, 18% berada dikategori sangat baik. Nilai keterampilan berbicara peserta didik meningkat sebesar 9, 09% dengan kategori baik pada dua siklus sehingga bisa disimpulkan bahwa kemampuan keterampilan berbicara peserta didik dapat meningkat dengan diterapkannya pendekatan TPACK ini dalam pembelajaran bahasa Indonesia.

References


nggraeni R, E. A. (2022). Peranan Guru dalam Manajemen Peserta Didik. Karimah Tauhid, Volume 1 Nomor 2, 234-239.

Ariatama, S. (2022). Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis TPACK Terhadap Penguatan Karakter Mandiri Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Bandar Lampung. Skripsi.

Asia, N. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Pendekatan Integratif Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN Bontomaero II Kabupaten Gowa. Skripsi.

Chaniago, P. R. (9(1), 2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis TPACK pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Menuju Era Society 5.0. LINGUISTIK: Jurnal Bahasa dan Sastra, 79-85.

Erniati. (3(2), 2022). Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Media Video Dokumenter Kelas VII SMP Negeri 25 Makassar. Jurnal Edukasi Nonformal, 665-671.

Kusyairi. (9(1), 2020). Peningkatan Keterampilan Berbicara Peserta didik Kelas VII MTs Nahdlatun Nasyiin Kadur dengan Menggunakan Metode Numbered Heads Together (NHT) Tahun Ajaran 2019/2020. Reforma: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2621-4172.

Mardhiati, A. (1(2), 2023). Technological, Pedagogical, and Content Knowledge (TPACK) untuk Penguasaan Konsep dan Kemandirian Belajar Bahasa Indonesia Peserta didik. DIDAKTIS Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 65-70.

Puryanto, R. A. (2(1), 2021). Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Subtema Kebersamaan di Tempat Wisata Melalui Penerapan Metode Demonstrasi. Indonesian Gender and Society Journal, 27-32.

Putri, K. S. (3(2), 2023). Variasi Media Pembelajaran Berbasis TPACK yang Digunakan Mahapeserta didik PPG dalam Jabatan K1 G2 Bahasa Indonesia. Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan, 66-74.

Putri, M. W. (6(2), 2016). Peningkatan Kemampuan Berbicara dengan Menggunakan Metode Talking Stick pada Peserta didik Kelas VIII 6 SMP Negeri 4 Denpasar Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Santiaji Pendidikan, 87-95.

Ratna, Y. E. (2022). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Peserta didik Kelas Tujuh Melalui Role Play di SMP Katolik Marsudi Siwi. Prosiding Seminar Nasional Sastra, Lingua, dan Pembelajarannya (Salinga): Peran Bahasa dan Sastra dalam Penguatan Karakter Bangsa, 354-364.

Rosdiani, Y. (6(2), 2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara dalam Bermain Peran Melalui Metode Sosiodrama dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VII-4 SMP Negeri 3 Tasikmalaya). Jurnal Wahana Pendidikan, 66-70.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet.

Widaningsih, R. (9(1), 2023). Pembelajaran Berbasis TPACK untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 9-16.

Wuryaningtyas, E. T. (40(2), 2020). Urgensi Pengembangan TPACK Bagi Guru Bahasa Indonesia. BAHASTRA, 134-144.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v9i1.9393

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.