Pengembangan Instrumen Penilaian Teks Deskripsi Berbasis HOTS Berbantuan Aplikasi Quizizz di Kelas VII SMP Amalia Medan
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abu, B. N. (2013). Kurikulum ke arah penghasilan kemahiran berfikiran kritis, kreatif dan inovatif.
Alwi, H., Dardjowidjojo, S., Lapoliwa, H., & Moeliono, A. M. (2015). Kamus besar bahasa Indonesia (Edisi ke-4). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Arifin, Z. (2009). Evaluasi pembelajaran: Prinsip, teknik, dan prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arifin, Z., & Retnawati, H. (2017). Pengembangan instrumen pengukur higher order thinking skills matematika siswa SMA kelas X. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 98–108. https://doi.org/10.21831/pg.v12i1.14058
Arikunto, S. (2015). Dasar-dasar evaluasi pendidikan (Edisi ke-5). Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, S. (2018). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Basuki, I., & Hariyanto. (2016). Asesmen pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Budiman, A., & Jailani. (2014). Pengembangan instrumen asesmen higher order thinking skill (HOTS) pada mata pelajaran matematika SMP kelas VIII semester 1. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 139–151. https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/2671
Desilva, D., Sakti, I., & Medriati, R. (2020). Pengembangan instrumen penilaian hasil belajar fisika berorientasi HOTS (higher order thinking skills) pada materi elastisitas dan hukum Hooke. Jurnal Kumparan Fisika, 3(1), 41–50. https://doi.org/10.33369/jkf.3.1.41-50
Dewi, F. (2015). Proyek buku digital: Upaya peningkatan keterampilan abad 21 calon guru sekolah dasar melalui model pembelajaran berbasis proyek. Jurnal UPI Edu, 9(2). https://doi.org/10.17509/md.v9i2.3248
Dhini, M. S., Sunarti, I., & Riadi, B. (2019). Pengembangan instrumen penilaian berbasis HOTS (higher order thinking skill) teks deskripsi SMP kelas VII. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), 1(1), 1–6.
Emy, T. (2019). Berpikir HOTS pada metode pembelajaran problem based learning IPS. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS, 13(2), 1–6. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI
Hamidah, M., & Wulandari, S. (2021). Pengembangan instrumen penilaian berbasis HOTS menggunakan aplikasi "Quizizz". Efisiensi: Kajian Ilmu Administrasi, 18(1), 105–124. https://doi.org/10.21831/efisiensi.v18i1.36997
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Modul penyusunan soal higher order thinking skill (HOTS). Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Keraf, G. (2018). Eksposisi dan deskripsi. Ende: Nusa Indah.
Maulidia, F., & Pahlevi, T. (2020). Pengembangan instrumen penilaian tes soal pilihan ganda berbasis HOTS pada mata pelajaran administrasi umum jurusan OTKP SMK Negeri 1 Lamongan. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 8(1), 136–145. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/8114
Najihah, A. R., Serevina, V., & Sari, D. K. (2018). The development of high order thinking skills (HOTS) assessment instrument for temperature and heat learning. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika, 4(1), 19–26. https://doi.org/10.21009/1.04103
Nisa, S., & Pahlevi, T. (2021). Pengembangan instrumen penilaian HOTS berbantuan Quizizz pada mata pelajaran kearsipan SMK. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2146–2159. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.756
Nugroho, A. (2018). HOTS kemampuan berpikir tingkat tinggi: Konsep, pembelajaran, penilaian dan soal-soal. Grasindo.
Purbaningrum, K. A. (2017). Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMP dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari gaya belajar. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 40–49. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2029
Putri, A. (2022). Pengembangan e-instrument test berbantuan Quizizz untuk mengukur HOTS pada materi redoks di kelas X SMA (Skripsi, Universitas Jambi).
Putri, N. A., & Jauhariyah, M. N. R. (2021). Penilaian higher order thinking skills (HOTS) menggunakan Quizizz pada materi usaha dan energi. Kappa Journal, 5(1), 88–101.
Retnawati, H., Djidu, H., Kartianom, K., Apino, E., & Anazifa, R. D. (2018). Teachers’ knowledge about higher order thinking skills and its learning strategy. Problems of Education in the 21st Century, 76(2), 215–230. https://doi.org/10.33225/pec/18.76.215
Saddhono, K., & Slamet, S. (2015). Pembelajaran keterampilan berbahasa Indonesia: Teori dan aplikasi (Edisi ke-2). Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sani, R. A. (2019). Pembelajaran berbasis HOTS (higher order thinking skill). Tangerang: Tira Smart.
Sugiyono. (2015). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suratman, B., Wulandari, S. S., Nugraha, J., & Narmaditya, B. S. (2020). Does teacher certification promote work motivation and teacher performance? A lesson from Indonesia. International Journal of Educational Development, 77, 102–108.
Widana, I. W. (2017). Modul penyusunan soal higher order thinking skill (HOTS). Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. http://repo.ikippgribali.ac.id/id/eprint/651/1/MODUL%20PENYUSUNAN%20SOAL%20HOTS_Dit%20PSMA%202017.pdf
Widiyawati, Y., Nurwahidah, I., & Sari, D. S. (2019). Pengembangan instrumen integrated science test tipe pilihan ganda beralasan untuk mengukur HOTS peserta didik. Jurnal Saintifika, 21(2), 1–14. https://doi.org/10.19184/jst.v21i2.13394
DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v9i2.9543
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id



