Efektivitas Media Komik Digital Flipbook dan Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anggraeni, W., Wahyudin, D., & Mulyani, S. (2023). Pengaruh model discovery learning berbantuan komik digital flipbook dalam upaya meningkatkan hasil belajar IPS di sekolah dasar. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(3), 744–753. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/fondatia/article/view/3886
Dalman. (2016). Keterampilan menulis. Depok: Rajawali Pers.
Gunawan, C. (2020). Mahir menguasai SPSS: Mudah mengolah data dengan IBM SPSS Statistic 25. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Nurgiyantoro, B. (2018). Penilaian otentik dalam pembelajaran bahasa (edisi digital). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Prawiro, C. H. (2016). Pengaruh media komik dan media gambar karikatur terhadap kemampuan menulis karangan deskriptif siswa kelas X SMA Negeri 1 Wanasalam. [Skripsi, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa].
Ramadhani, A., Tambunan, M. A., Saragih, V. R., Sirait, J., & Sitanggang, M. R. (2022). Pengaruh media komik digital untuk meningkatkan kemampuan menulis cerita pendek. JBSI: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 68–78. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jbsi/article/view/17138
Rohman, S. (2021). Pembelajaran cerpen (edisi digital). Jakarta: Bumi Aksara.
Sanjaya, W. (2016). Media komunikasi pembelajaran (edisi digital). Jakarta: Kencana.
Saputri, W., & Mulyaningsih, I. (2022). Kesulitan menulis cerpen pada siswa kelas X. Jurnal Dummy: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 1–7.
Subekti, M. A. (2022). Keterampilan menulis cerita pendek siswa SMA. Parafrasa: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran, 4(1), 1–11.
Sugiyono. (2023). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susilana, R., & Riyana, C. (2018). Media pembelajaran (edisi digital). Bandung: CV Wacana Prima.
Suyatna, A. (2017). Uji statistik berbantuan SPSS untuk penelitian pendidikan (edisi digital). Yogyakarta: Media Akademi.
Tinambunan, P. N. (2021). Pengaruh media komik dalam meningkatkan kemampuan menulis teks negosiasi pada siswa kelas X SMA Santu Petrus Sidikalang. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 153–163. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/bahastra/article/view/4886
Turnip, B. R., Lubis, F. W., & Saragih, R. (2022). Pengaruh media gambar berseri terhadap kemampuan menulis cerpen. Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra, 7(1), 82–89. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/linguistik/article/view/41547
Widodo, A., Hidayati, R. V., Fauzi, A., Erfan, M., & Inraswati, D. (2020). Pengaruh penggunaan media gambar berseri terhadap kemampuan menulis kalimat sederhana siswa sekolah dasar. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 178–186.
Zega, R. R., & Bawamenewi, A. (2023). Pengembangan media komik digital berbasis flipbook pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Primary Education Journal, 3(1), 1–10.
DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v9i2.9830
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id