PENGGUNAAN E–MODUL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN

Wildawani Siregar, Adilah Wirdhani Lubis

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada materi sifat koligatif larutan, untuk itu perlu untuk suatu bahan ajar yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satunya adalah bahan ajar berupa modul elektronik berbasis problem based learning. Pada dasarnya model pembelajaran PBL yaitu kegiatan belajar mengajar yang menuntut untuk peserta didik memikirkan serta masalah nyata yang dipecahkan. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatam eksperimen kuantitatif dimana hasil yang diperoleh yaitu berupa hasil belajar (post-test). Analisis hasil belajar (post-test) terhadap pembelajaran e-modul didasarkan pada pencapaian siswa dalam menyelesaikan tes hasil belajar. Nilai maksimal pada tes hasil belajar adalah 100 dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan pada mata pelajaran kimia yaitu 75. Berdasarkan hasil belajar (post-test) yang diberikan kepada peserta didik diperoleh nilai sebesar 82% yang berada di kategori baik yang diartikan diatas KKM. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan e-modul pembelajaran berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi Sifat Koligatif Larutan dapat memberikan pengaruh yang baik pada hasil belajar siswa SMA.


Keywords


E-Modul; Problem Based Learning; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Andi Prastowo. 2010. Menguasai Teknikteknik Koleksi Data Penelitian Kualitatif. Jogjakarta: DIVA Press;

Febriani, Rahmatina. 2020. “Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning Di Kelas V Sekolah Dasar.” 4: 2354–59.

Handayani, R H, And M Muhammadi. 2020. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V SD.” E-Journal Pembelajaran Inovasi, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8: 78–88.

Jufri, A. Wahab. 2013. Belajar Dan Pembelajaran Sains. Bandung: Pustaka Reka Cipta.

Panen, P., dan Purwanto. 2004. Penulisan Bahan Ajar. Jakarta: Ditjen Dikti Depdikbud;

Ruhimat, 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada;

Saputra, Arief Trihandoko. 2016. “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Menggunakan Model Problem Based Learning (Pbl) Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar.” E-Journal Pembelajaran Inovasi, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 1(1): 1–16.

Soejana, Y., Anwar, M., & Sudding, S. 2020. Pengaruh Media E-Modul Berbasis Flipbook pada Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XII SMA Negeri 1 Wajo (Studi Pada Materi Pokok Sifat Koligatif Larutan). Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia, 21(2), 163-172.

Wulandari, Taufina. 2020. “Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V Sekolah Dasar.” E-Journal Pembelajaran Inovasi, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar” 8 (6).




DOI: https://doi.org/10.30743/cheds.v6i1.5405

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Wildawani Siregar, Adilah Wirdhani Lubis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science

Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan 
Email: pend.kimia@fkip.uisu.ac.id | cheds@fkip.uisu.ac.id

Creative Commons License