STUDI KOMPARATIF INKUIRI TERBIMBING DAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL KOGNITIF PESERTA DIDIK

Ayu Rahmi, Henni Fitriani, Mellyzar Mellyzar, Cut Nurisna Mauliani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan model inkuiri terbimbing dengan model discovery learning terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada materi ikatan kimia di kelas X SMK Negeri 1 Gandapura. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian komparatif. Desain penelitian yang digunakan yaitu postest-only design. Sampel penelitian merupakan peserta didik kelas X TKR 1 dan X TKR 2. Teknik pengumpulan data menggunakan rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kerja peserta didik, angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengujian hipotesis pada setiap variabel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung> ttabel, yaitu 6,673>1,701 maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima. Hal ini berarti bahwa terdapat perbedaan antara model inkuiri terbimbing dan discovery learning terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada materi ikatan kimia di Kelas X SMK Negeri 1 Gandapura.

 

Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, Discovery Learning, Ikatan Kimia


Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. (2017). Penelitian Pendidikan Metode dan Faradigma Baru. Bandung: Remaja Rosda.

Artana, dkk, 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Minat Belajar Peserta didik Kelas V Sd Negeri Di Gugus Vi Kecamatan Abang Kabupaten Karangasem Tahun Pelajaran 2014/2015. e- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 5 No. 2 Mei 2015: 1-12.

Dayanti, 2020. Studi Komparatif Prokrastinasi Akademik Pada Peserta didik Yang Mengikuti Ekstrakurikuler Dengan Yang Tidak Mengikuti Ekstrakurikuler Di SMA Negeri 1 Kendar. Jurnal SUBLIMAPSI: 20-28.

Fitriyani. 2017. Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia,Vol. 11, No. 2, 2017: 1957 - 1970

Nurfauziah. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry dan Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Fisika.Vol. 4 No. 1. Hal. 20- 24.

Mawardi. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Inquiry dan Discovery Learning Ditinjau dari Keterampilan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. Volume 4, No. 2April 2020: 288-294.

Sari, dkk. (2017). Studi Komparasi antara Model pembelajaran Discovery Learning dan Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia.Vol. 1 No. 1, Hal. 60-65

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.30743/cheds.v6i1.5496

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ayu Rahmi, Henni Fitriani, Mellyzar Mellyzar, Cut Nurisna Mauliani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science

Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan 
Email: pend.kimia@fkip.uisu.ac.id | cheds@fkip.uisu.ac.id

Creative Commons License