LITERATURE REVIEW: INOVASI PEMBELAJARAN KIMIA BERWAWASAN LINGKUNGAN MELALUI PENDEKATAN GREEN CHEMISTRY

Nur Aliah, Della Syaras Wati, Ditalia Nurfitriani, Nova Yunita Putri Olii, Sukemi Sukemi

Abstract


Green Chemistry merupakan sebuah konsep yang mengangkat permasalahan terkait dampak lingkungan untuk mengurangi penggunaan bahan berbahaya dengan menggunakan bahan yang lebih ramah lingkungan. Pendidikan mempunyai peranan penting sebagai sarana dan prasarana penyaluran green chemistry untuk meningkatkan sikap peduli lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah Narrative Literature Review (NLR) dengan mencari artikel jurnal melalui database Google Scholar selama 10 tahun terakhir. Hasil studi literatur menunjukkan bahwa pendekatan green chemistry sebagai inovasi bidang pendidikan mempunyai pengaruh besar terhadap peningkatan pengalaman belajar, penguasaan konsep, motivasi dan hasil belajar siswa serta peningkatan kepedulian terhadap lingkungan. Misalnya saja penggunaan bahan alami terbarukan dibandingkan bahan kimia sintetik di laboratorium. Berbagai fasilitas atau bahan ajar digunakan seperti buku atau e-book, e-modul, dan lembar kerja siswa yang menarik.

Keywords


inovasi pembelajaran kimia; pembelajaran kimia ramah lingkungan; kimia hijau; pendekatan kimia hijau

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Adelila Sari, S., & Yatna, S. (2015). Implementasi pembelajaran kimia berbasis lingkungan dengan model problem based learning (PBL) untuk meningkatkatkan minat dan keterampilan berpikir kritis pada siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 3(1), 47-58.

Afriyeni, Y. (2018). Pembentukan karakter anak untuk peduli lingkingan yang ada di sekolah adiwiyata mandiri SDN 6 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 123–133.

Ahmadi, P. H., Suryati, & Khery, Y. (2016). Pengembangan modul contextual teaching and learning (CTL) berorientasi green chemistry untuk pertumbuhan literasi sains siswa. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 4(1), 17-25.

Al Idrus, S. W., Purwoko, A. A., Hadisaputra, S., & Junaidi, E. (2020). Pengembangan modul praktikum kimia lingkungan berbasis green chemistry pada mata kuliah kimia lingkungan. Jurnal Pijar Mipa, 15(5), 541–547.

Al-Idrus, S. W., Hadisaputra, S., & Junaidi, E. (2020). Pendekatan green chemistry dalam modul praktikum kimia lingkungan untuk meningkatakan kreatifitas mahasiswa calon guru kimia. Chemistry Education Practice, 3(2), 69.

Amanda, F., Mawardi, M., & Suryani, O. (2023). Development of textbooks to support merdeka curriculum learning on green chemistry material in phase e. Jurnal Paedagogy, 10(3), 635.

Anisa dan, D. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) berwawasan green chemistry untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. UNESA Journal of Chemical Education, 9(3), 407-416.

Apsari, N., & Eveline, E. (2022). Literasi kimia menggunakan buku digital kimia dasar berbasis sustainable chemistry. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(4), 1108–1116.

Azkiah, H., Sunan, U., & Yogyakarta, K. (2021). Pendidikan agama islam berwawasan lingkungan (ecopedagogy) di madrasah ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan dan Sains, 3(3), 387-397.

Celestino, T. (2023). High school sustainable and green chemistry: historical–epistemological and pedagogical considerations. Sustainable Chemistry, 4(3), 304–320.

Cholik, C. A. (2021). Perkembangan teknologi informasi komunikasi /ICT dalam berbagai bidang. Jurnal Fakultas Teknik Kuningan, 2(2), 39-46.

Dahlan, J. (2017). Pendidikan Berwawasan Lingkungan Bagi Anak di Era Globalisasi. Jurnal El-Hamra (Kependidikan dan Kemasyarakatan), 2(2). 69-75.

Faturahmi, N. I. (2020). Peran lembaga informasi dalam era post-truth. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 16(1), 83–96.

Hifziah, A. I., Nuryadin, S., & Darwis, D. (2013). Pengembangan LKS praktikum pada pokok bahasan laju reaksi untuk kelas XI SMA/MA melalui penerapan green chemistry (di SMAN 31 Jakarta). Jurnal Riset Pendidikan Kimia (JRPK), 3(1), 207-213.

Hurst, G. A., Slootweg, J. C., Balu, A. M., Climent-Bellido, M. S., Gomera, A., Gomez, P., Luque, R., Mammino, L., Spanevello, R. A., Saito, K., & Ibanez, J. G. (2019). International perspectives on green and sustainable chemistry education via systems thinking. Journal of Chemical Education, 96(12), 2794–2804.

Idrus, S. W. Al, Purwoko, A. A., Hadisaputra, S., & Junaedi, E. (2020). Analisis kemampuan awal konsep green chemistry sebagai upaya meningkatkan kreatifitas mahasiswa dalam praktikum kimia lingkungan. Jurnal Pijar Mipa, 15(3), 305–311.

Izza Kamilah, & Retno Aliyatul Fikroh. (2022). Pengembangan modul pembelajaran kimia SMA/MA materi hidrokarbon dan minyak bumi berwawasan lingkungan hidup. Journal of Tropical Chemistry Research and Education, 4(1), 45–54.

Junaidi, E., Hadisaputra, S., Savalas, L. R. T., Idrus, S. W. A., & Hidayanti, E. (2023). Sosialisasi pemanfaatan limbah lingkungan pada pembelajaran kimia. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(3), 684–688.

Kamilah, I., & Retno Aliyatul Fikroh. (2022). Pengembangan modul pembelajaran kimia SMA/MA materi hidrokarbon dan minyak bumi berwawasan lingkungan hidup. Journal of Tropical Chemistry Research and Education, 4(1).

Kusuma, B. F. R., Hakim, A., Anwar, Y. A. S., & Junaidi, E. (2021). Pengembangan modul praktikum mandiri terintegrasi green chemistry pada pokok bahasan asam basa. Chemistry Education Practice, 4(3), 250–255.

Lasia, I. K., & Wiratini, N. M. (2016.) Pengembangan KIT praktikum berwawasan lingkungan. Integrated Lab Journal, 4(1), 19–28.

MacKellar, J. J., Constable, D. J. C., Kirchhoff, M. M., Hutchison, J. E., & Beckman, E. (2020). Toward a green and sustainable chemistry education road map. Journal of Chemical Education, 97(8), 2104–2113.

Ma’sumah, A., & Miltaris. (2021). Pengembangan lkpd berorientasi stem dengan model pjbl materi larutan elektrolit nonelektrolit dengan memanfaatkan bahan sekitar. Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia (Journal Of Innovation in Chemistry Education), 3(1), 22-34.

Miller, J. L., Wentzel, M. T., Clark, J. H., & Hurst, G. A. (2019). Green machine: a card game introducing students to systems thinking in green chemistry by strategizing the creation of a recycling plant. Journal of Chemical Education, 96(12), 3006–3013.

Miranto, S. (2017). Integrasi konsep-konsep pendidikan lingkungan hidup dalam pembelajaran di Sekolah Menengah. EDUSAINS, 9(1), 84-88.

Mitarlis, Ibnu, S., Rahayu, S., & Sutrisno. (2017). Environmental literacy with green chemistry oriented in 21st century learning. AIP Conference Proceedings, 1911.

Mitarlis, O. , Azizah, U., Yonatha, B., & Kimia, J. (2018). Pemanfaatan indikator alam dalam mewujudkan pembelajaran kimia berwawasan green chemistry. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(1), 1-7.

Murti, R. A. (2013). Pembentukan karakter siswa melalui sekolah berwawasan lingkungan (studi deskriptif di SMA Semen Gresik). Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 1(1), 352-366.

Nugroho, B. P. (2019.) Pelaksanaan program adiwiyata di sd negeri bhayangkara yogyakarta. Basic Education, 8(1), 10-21.

Nurrahmah, F. A., Nawawi, E., & Hidayah. (2023). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis green chemistry pada praktikum laju reaksi di laboratorium SMA. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 7(1), 33–40.

Perkasa, M., Agrippina, & Wiraningtyas. (2017). Pembelajaran kimia berorientasi sustainable development untuk meningkatkan kesadaran siswa terhadap lingkungan sustainable chemistry oriented on chemistry learning to increase student awareness to the environment. Journal Sainsmat, VI(2), 63–72.

Pohan, L.A., Situmorang, M. Jahro, I.S. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Inovatif Berbasis Multimedia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran pH Larutan. Jurnal Pendidikan Kimia, 8(2): 112-119.

Priliyanti, A., Muderawan, I. W., & Maryam, S. (2021). Analisis kesulitan belajar siswa dalam mempelajari kimia kelas XI. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 5, 11–18.

Putri, A. C. (2019). Pengaplikasian prinsip-prinsip green chemistry dalam pelaksanaan pembelajaran kimia sebagai pendekatan untuk pencegahan pencemaran akibat bahan-bahan kimia dalam kegiatan praktikum di laboratorium. Journal of Creativity Student, 2(2), 67-73.

Ramadhana, S. D., Norra, B. I., & Rasyida, N. (2022). Keefektifan perangkat pembelajaran daring dengan model pjbl-steam pada materi lingkungan untuk meningkatkan literasi lingkungan. Jurnal Pendidikan, 6(2), 75–81.

Rasyid. (2020). Penerapan metode eksperimen berwawasan lingkungan terhadap efektivitas pembelajaran kimia kelas X SMA Negeri 3 Baubau Tahun Pelajaran 2019/2020. Akademik FKIP Unidayan, 8(2), 141–153.

Rohmaya, N. (2022). Penerapan praktikum kimia hijau (green chemistry) untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa kelas XI IPA 1 MAN Buleleng. Widyadewata, 5(2), 106–115. https://doi.org/10.47655/widyadewata.v5i2.76

Rosita, A. (2021). E-booklet berorientasi green chemistry materi hidrolisis garam untuk mengembangkan soft skill konservasi siswa SMA. Jurnal Bhakti Pendidikan Indonesia, 3(2), 27-38.

Rotua, R., Guru, S., Negeri, S., & Tinggi, T. (2016). Meningkatkan penguasaan materi larutan asam basa dengan metode eksperimen berwawasan lingkungan siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Tebing Tinggi. Jurnal Handayani, 5(2), 144-152.

Saptorini, Widodo, A. T., & Susatyo, E. B. (2014). Green chemistry dalam desain pembelajaran project-based learning berbasis karakter di madrasah aliyah se-kabupaten Demak. Jurnal Penerapan Teknologi Dan Pembelajaran, 12(1), 57–69.

Sari, M., Eldes Dafrita, I., Trisianawati, E., Manisa, T., & Nurmayanti, N. (2023). Pelatihan pemanfaatan lingkungan sekolah dalam pembuatan bioplastik resin sebagai wujud kreativitas berwawasan lingkungan pada siswa SMA. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(10), 1001–1008. https://doi.org/10.55681/swarna.v2i10.869

Savitri, I., Adib, H., & Sholeh, M. I. (2021). Pengembangan modul kimia berbasis discovery learning pada materi asam basa dengan pendekatan green chemistry di SMAN 2 Muara Sugihan. Proceedings of International Education Conference, 1(1), 279-287.

Suci, D. H., Zainul, R., Kimia, J., Matematika, F., & Alam, I. P. (2021). Pengembangan modul berbasis think, pair and share (tps) pada materi kimia hijau (green chemistry) dalam kehidupan sehari-hari. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 14224-14234.

Sukarsih. (2016). Pengembangan materi ajar ekosistem untuk smp menggunakan pendekatan sains teknologi masyarakat dan tim hijau sekolah. CENDEKIA, 10(1), 67–78.

Susanti, L. Y.(2022). Pengembangan modul praktikum berbasis green chemistry untuk menanamkan karakter peduli lingkungan pada calon guru IPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(3), 798–807.

Sumartiningsih, M. S., & Prasetyo, Y. E. (2019). A Literature Review: Pengaruh Cognitive Therapy Terhadap Post Traumatic Stress Disorder Akibat Kekerasan pada Anak. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, 5(2), 167–176.

Tareze, A. H., Astuti, M., & Indri. (2022). Model pembelajaran kolaborasi sdgs dalam pendidikan formal sebagai pengenalan isu global untuk meningkatkan kesadaran sosial peserta didik. Journal Visipena, 13(1), 42–53.

Ulandari, A., & Mitarlis, D. (2021). Pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) berwawasan green chemistry untuk meningkatkan kemampuan literasi sains pada materi asam basa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 15(1), 2764-2777.

Uniati, O., Jumiarni, D., & Yani, A. P. (2019). Pengembangan lembar kerja peserta didik berdasarkan keragaman jenis tanaman di green chemistry dan kebun biologi universitas bengkulu. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 3(1), 17–24.

Wahyuningsih, A. S., & Poedjiastoeti, S. (2015). The effect of green chemistry laboratory learning on pre-service chemistry teachers’ environmental value orientations and creative thinking skill. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 5(1), 848-858.

Wahyuningsih, A. S., & Rohmah, J. (2017). Penerapan prinsip green chemistry dalam pemgembangan modul praktikum untuk mata kuliah larutan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan.

Witri, R. E., Hardeli, Kurniawati, D., & Yerimadesi. (2023). Integrated green chemistry problem-based learning module development to improve science process skills senior high school students on basic chemicals law. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(8), 6188–6196.

Wulan, S. I. D. A., Redhana, I. W., & Adnyana, P. B. (2019). Development of green chemistry learning book to improve students’ learning outcomes. Journal of Physics: Conference Series, 1503(1), 1-6.

Wulandari, A., & Mitarlis, M. (2023). Development of student worksheets green chemistry oriented to train creative thinking skills on reaction rate topic. Jurnal Pijar Mipa, 18(4), 458–464.




DOI: https://doi.org/10.30743/cheds.v8i2.10170

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Della Syaras Wati, Nur Aliah, Ditalia Nurfitriani, Nova Yunita Putri Olii, Sukemi Sukemi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science

Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan 
Email: pend.kimia@fkip.uisu.ac.id | cheds@fkip.uisu.ac.id

Creative Commons License