PENGEMBANGAN E-MODUL LITERASI SAINS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DI SEKOLAH DASAR

Muhammad Ade Ikhsani, Rabiah Afifah Daulay, Sartika Mahdalena Pasaribu, Ari Ramadana, Nuraini Natasya, Amanda Riani Hutagalong, Siarif Hidayat Daeli

Abstract


Pendidikan merupakan upaya yang disengaja untuk menciptakan lingkungan belajar yang optimal sehingga memungkinkan peserta didik secara aktif mengembangkan potensinya. Penelitian ini berfokus pada pengembangan e-modul literasi sains yang terintegrasi dengan model project based learning (PjBL) untuk siswa sekolah dasar. Penelitian ini mengadopsi kerangka pengembangan ADDIE, yang mencakup lima tahap: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas SDIT Tahfizhil Quran, bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar yang tervalidasi dan efektif. E-modul menekankan aktivitas interaktif dan berbasis eksperimen, memberikan pengalaman belajar kontekstual seperti eksperimen sederhana. Hasil validasi ahli materi dan media menilai e-modul sangat layak dari segi isi, desain, dan kegunaan. Analisis pretest dan posttest menunjukkan peningkatan pemahaman siswa yang signifikan, dengan nilai rata-rata meningkat dari 61,67 menjadi 95,33. N-gain hitung sebesar 0,88 menunjukkan tingkat efektivitas yang tinggi. Studi ini menyimpulkan bahwa mengintegrasikan teknologi dan pendekatan pembelajaran aktif dapat secara efektif menjawab tuntutan pendidikan abad ke-21.

Keywords


E-Modul; literasi sains; pembelajaran berbasis proyek; sekolah dasar; ADDIE

Full Text:

PDF

References


Aminah, S., F. C. (2022). Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(3), 244-246.

Aqwal, P. K. (2020). ANALISIS MODEL-MODEL PEMBELAJARAN. Fondatia : Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 1-27.

Bedir, H. (2019). Pre-service ELT teachers’ beliefs and perceptions on 21st century learning and innovation skills (4Cs). Journal of Language and Linguistic Studies, 15(1), 231-246.

Fuadi, Z., M. R. (2024). Sebuah Catatan Kecil Pengembangan Modul dengan Metode ADDIE dalam Peningkatan Literasi Finansial Siswa di MAN Sidoarjo. Journal on Education, 6(2), 11120-11133.

Hidayat, F., M. N. (2021). MODEL ADDIE (ANALYSIS, DESIGN, DEVELOPMENT, IMPLEMENTATION AND EVALUATION) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam, 1(1), 28-37.

Laili, I., G. U. (2019). EFEKTIVITAS PENGEMBANGAN E-MODUL PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 3(3), 306-315.

Lastri, Y. (2023). PENGEMBANGAN DAN PEMANFAATAN BAHAN AJAR E-MODUL DALAM PROSES PEMBELAJARAN. Jurnal Citra Pendidikan, 3(3), 1139-1146.

Putri, R. E., Z. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning. Journal of Basic Education Studies, 3(2), 54-62.

Queiruga-Dios, M. Á., E. L.-I.-O.-M. (2020). Citizen Science for Scientific Literacy and the Attainment of Sustainable Development Goals in Formal Education. Journal Sustainability, 12(10), 2-18.

Rasyid, M. A., C. P. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Android pada Materi Kesetimbangan Kimia untuk Peserta Didik SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 6(4), 670—680.

Romayanti, C., A. S. (2020). PENGEMBANGAN E-MODUL KIMIABERBASIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DENGANMENGGUNAKAN KVISOFT FLIPBOOK MAKER. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia, 4(1), 51-58.

Safitri, R., M. S. (2022). PENGEMBANGAN E-MODUL KIMIA BERBASIS SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY) UNTUK SISWA SMAN 1 KECAMATAN PAYAKUMBUH. JOURNAL OF CHEMISTRY EDUCATION AND INTEGRATION, 1(1), 9-15.

Sidiq, R., N. (2020). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Sejarah, 9(1), 1-14.

Sutrisna, N. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SMA DI KOTA SUNGAI PENUH. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12), 2683-2694.

Vashti, T. A., H. L. (2020). DESKRIPSI LITERASI SAINS MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA SMP NEGERI PONTIANAK. Jurnal EduChem, 1(2) 38-49.




DOI: https://doi.org/10.30743/cheds.v8i2.10248

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Muhammad Ade Ikhsani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science

Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan 
Email: pend.kimia@fkip.uisu.ac.id | cheds@fkip.uisu.ac.id

Creative Commons License