PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA DI KELAS XII SMA NEGERI 9 MEDAN PADA POKOK BAHASAN KOLIGATIF LARUTAN

Fitri Handayani Siregar

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) terhadap hasil belajar kimia. (2) Pengaruh model pembelajaran kooperatif Number Head Together (NHT) terhadap motivasi belajar kimia. (3) Interaksi antara motivasi dan model pembelajaran kooperatif siklus Number Head Together (NHT) terhadap hasil belajar Kimia. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII MIA yang berjumlah 72 orang. Hasil pengujian Hipotesis menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan model pembelajaran Kooperatif NHT lebih baik secara signifikan dibandingkan dengan hasil belajar kimia siswa tanpa NHT yang ditunjukkan dengan nilai probabilitas p (Sig(2-tailed) ) = 0,032 (Harga < 0,05). (2) Motivasi belajar siswa yang diajar dengan model Cooperative Learning NHT lebih baik dibandingkan dengan motivasi belajar kimia siswa tanpa model Cooperative Learning NHT, ditunjukkan dengan nilai proporsi p (sig(2-tailed)) = 0,043 (p value <0,05). (3). Interaksi antara metode dan motivasi dalam mempengaruhi hasil belajar kimia siswa sangat signifikan, hal ini ditunjukkan dengan nilai probabilitas p (Sig(2-tailed)) = 0,03 < 0,04.

Keywords


model siklus belajar konstruktivisme; motivasi; prestasi kimia siswa

Full Text:

PDF

References


Adnyana, K. S., Sumantri, M., & Suwatra, I. I. W.(2014). Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together untuk Meningkatkan Aktivitas.

Anggraheni, Retno, dkk. (2014) Eksperimentasi Metode Pembelajaran Metode Eksperimen dan Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together (NHT) Pada Materi Aritmatika Sosial Ditinjau Dari Gaya Belajar Peserta Didik Kelas VII Sekabupaten Pacitan. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. 2(4).

Arikunto, S.(2014). Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta : Rineka Cipta.

Cita, Indira.(2015). Upaya Peningkatan Keterampilan Proses, Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Kimia Materi Sifat Koligatif Larutan Melalui Metoeksper Pada Peserta Didik SMA Negeri 4 Sampit. Kaunia.

Ertikunto, C. (2016). Teori Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta : Media Akademi

Faturrahman, Muhammad.(2018). Mengenal Lebih Dekat Pendekatan dan Model Pembelajaran. Yogyakarta : Kalimedia.

Fabella, Y., & Jasmidi.(2022). Perbandingan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) dan Numbered Head Together (NHT) pada Materi Hukum Dasar Kimia dan Perhitungan Kimia. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan.

Gantini, Ega. (2016). Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT). Kuningan : Goresan Pena.

Fuadaturrahmah, F., & Simamora, Y. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Penggunaan Multimedia Terhadap Hasil Belajar Siswa Madrasah Aliyah. CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science, 5(2), 56-64.

Lestari, N. P. C.(2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Journal of Education Action Research.

Nurdin, I., & Hartati, S. (2019). Metodologi Penelitian Sosial. Media Sahabat : Cendekia.

Payadnya, I. P. A. A., & Andre, P. A. I Gusti Agung Ngurah Trisna Jayantika. (2018). Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik dengan SPSS.

Pratisti, W. D., & Yuwono, S. (2018). Psikologi Eksperimen : Konsep, Teori, dan Aplikasi. Jakarta: Muhammadiyah University Press.

Sariawan, M. K. N., Yudiana, K., & Bayu, G. W. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 4(2).

Sawin. 2021. Model Pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) dalam Pembelajaran PKN di SMP. Indramayu: Penerbit Adab.

Suarmini, N. P., & Parmiti, D.P.(2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head ether (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Journal of Education Action Research, I(3).

Sudewiputri, Made Padmarani, dan I Made Aditya Dharma.(2021). “Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA.” Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran 4, no. 3.

Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Kuantitatif untuk Penelitian yang Bersifat: Eksploratif, enterpretif, interaktif, dan konstruktif. Bandung: ALFABETA.




DOI: https://doi.org/10.30743/cheds.v8i2.10292

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Fitri Handayani Siregar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science

Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan 
Email: pend.kimia@fkip.uisu.ac.id | cheds@fkip.uisu.ac.id

Creative Commons License