PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA DI KELAS XII SMA NEGERI 9 MEDAN PADA POKOK BAHASAN KOLIGATIF LARUTAN
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adnyana, K. S., Sumantri, M., & Suwatra, I. I. W.(2014). Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together untuk Meningkatkan Aktivitas.
Anggraheni, Retno, dkk. (2014) Eksperimentasi Metode Pembelajaran Metode Eksperimen dan Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together (NHT) Pada Materi Aritmatika Sosial Ditinjau Dari Gaya Belajar Peserta Didik Kelas VII Sekabupaten Pacitan. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. 2(4).
Arikunto, S.(2014). Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta : Rineka Cipta.
Cita, Indira.(2015). Upaya Peningkatan Keterampilan Proses, Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Kimia Materi Sifat Koligatif Larutan Melalui Metoeksper Pada Peserta Didik SMA Negeri 4 Sampit. Kaunia.
Ertikunto, C. (2016). Teori Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta : Media Akademi
Faturrahman, Muhammad.(2018). Mengenal Lebih Dekat Pendekatan dan Model Pembelajaran. Yogyakarta : Kalimedia.
Fabella, Y., & Jasmidi.(2022). Perbandingan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) dan Numbered Head Together (NHT) pada Materi Hukum Dasar Kimia dan Perhitungan Kimia. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan.
Gantini, Ega. (2016). Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT). Kuningan : Goresan Pena.
Fuadaturrahmah, F., & Simamora, Y. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Penggunaan Multimedia Terhadap Hasil Belajar Siswa Madrasah Aliyah. CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science, 5(2), 56-64.
Lestari, N. P. C.(2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Journal of Education Action Research.
Nurdin, I., & Hartati, S. (2019). Metodologi Penelitian Sosial. Media Sahabat : Cendekia.
Payadnya, I. P. A. A., & Andre, P. A. I Gusti Agung Ngurah Trisna Jayantika. (2018). Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik dengan SPSS.
Pratisti, W. D., & Yuwono, S. (2018). Psikologi Eksperimen : Konsep, Teori, dan Aplikasi. Jakarta: Muhammadiyah University Press.
Sariawan, M. K. N., Yudiana, K., & Bayu, G. W. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 4(2).
Sawin. 2021. Model Pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) dalam Pembelajaran PKN di SMP. Indramayu: Penerbit Adab.
Suarmini, N. P., & Parmiti, D.P.(2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head ether (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Journal of Education Action Research, I(3).
Sudewiputri, Made Padmarani, dan I Made Aditya Dharma.(2021). “Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA.” Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran 4, no. 3.
Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Kuantitatif untuk Penelitian yang Bersifat: Eksploratif, enterpretif, interaktif, dan konstruktif. Bandung: ALFABETA.
DOI: https://doi.org/10.30743/cheds.v8i2.10292
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Fitri Handayani Siregar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science
Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: pend.kimia@fkip.uisu.ac.id | cheds@fkip.uisu.ac.id