IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE PADA IKATAN KIMIA

Martina Sirait, Marudut Sinaga

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara aktivitas belajar siswa dengan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning berbasis LKPD Rock Based Learning TPACK pada pokok bahasan ikatan kimia. Metode penelitian yang digunakan adalah pra eksperimen (pretest-posttest one group design). Hasil analisis data menunjukkan rata-rata aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model PBL sebesar 81,81% dan peningkatan hasil belajar siswa sebesar 0,831 dengan presentase 83% tergolong efektif. Hasil hipotesis dengan menggunakan uji korelasi dan α = 0,05 diperoleh rhitung > rtabel (0,673 > 0,334) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara aktivitas belajar dengan peningkatan hasil belajar siswa yang belajar dengan model PBL pada materi ikatan kimia.

Keywords


Ikatan kimia; LKPD; TPACK; PBL

Full Text:

PDF

References


Agustin, M., Yensy, N. A., & Rusdi, R. (2017). Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Pre Solution Posing di SMP Negeri 15 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(1), 66–72. https://doi.org/10.33369/jp2ms.1.1.66-72

Al-Fikry, I., Yusrizal, Y., & Syukri, M. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Kalor. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 6(1), 17–23. https://doi.org/10.24815/jpsi.v6i1.10776

Antara, I. P. P. A. (2022). Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Pada Pokok Bahasan Termokimia. Journal of Education Action Research, 6(1), 15. https://doi.org/10.23887/jear.v6i1.44292

Dama Yanti, D. & M. (2021). Penggunaan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 4(1).

Effendi, R., Herpratiwi, H., & Sutiarso, S. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 920–929. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.846

Ery, R. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPS Materi Pemanfaatan Sumber Daya Alam Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Primary: (Kajian Ilmu Pendidikan Dasar Dan Humaniora), 1(1), 21–30. http://ejournal.lppmstkippgri-sidoarjo.com/index.php/psd/article/view/51%0Ahttp://ejournal.lppmstkippgri-sidoarjo.com/index.php/psd/article/download/51/144

Fransiska, C., Masykur, R., & Putra, F. G. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis : Dampak Metode Drill ditinjau dari Gaya Belajar. Desimal: Jurnal Matematika, 2(2), 131–140. https://doi.org/10.24042/djm.v2i2.4147

Gazali, F., & Yusmaita, E. (2018). Analisis Prior Knowledge Konsep Asam Basa Siswa Kelas XI SMA untuk Merancang Modul Kimia Berbasis REACT. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 2(2), 202. https://doi.org/10.24036/jep/vol2-iss2/249

Hardiansyah, T., Pohan L.A., Hasanah, U. (2023). Application of Problem Based Learning Model Assisted by Android Learning Media to Increase High School Students' HOTS on Redox Reaction Material. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia 13 (1), 113-122.

Hia, E. D. S. P., Maulina, J., & Pohan, L. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Menggunakan Handout dan Modul pada Materi Stoikiometri Larutan di SMA Nurul Amaliyah Deli Serdang. CHEDS: Journal of Chemistry, 2(1), 1–13

Isma, T. W., Putra, R., Wicaksana, T. I., Tasrif, E., & Huda, A. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Problem Based Learning (PBL). Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 155. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i1.31523

Kristiana, T. F., & Radia, E. H. (2021). Meta Analisis Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 818–826. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.828

Mandasari, N. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Power Point untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa di SDN Pandean Lamper 02 Semarang. Jurnal Paedagogy, 8(3), 328. https://doi.org/10.33394/jp.v8i3.3886

Mongkau, J. G., & Pangkey, R. D. H. (2024). Kurikulum Merdeka: Memperkuat Keterampilan Abad 21 untuk Generasi Emas. Journal on Education, 6(4), 22018–22030. https://doi.org/10.31004/joe.v6i4.6323

Nuraini, N., Fitriani, F., & Fadhilah, R. (2018). Hubungan Antara Aktivitas Belajar Siswa Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas X Sma Negeri 5 Pontianak. AR-RAZI Jurnal Ilmiah, 6(1). https://doi.org/10.29406/arz.v6i1.939

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Rahman, R. G., Intiana, S. R. H., Novitasari, S., & Witono, H. (2024). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas III Sekolah Dasar. Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(4). https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13233

Robiyanto, A. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 114–121. https://doi.org/10.33487/mgr.v2i1.1752

Trisnawati, D. A. (2021). Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Materi Ikatan Kimia Dengan Model Discovery Learning Pada Siswa Kelas X IPA 2 SMA Negeri 4 Bangkalan. Jurnal Pendidikan Lampu, 1(1), 37–55.

Ulya, H., Betta Rudibyani, R., & Efkar, T. (2018). Pengembangan Modul Kimia Berbasis Problem Solving Pada Materi Asam Basa Arrhenius. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 7(1), 129–141.

Wahyuni, F. T. (2019). Hubungan antara Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dengan Technology Integration Self Efficacy (TISE) Guru Matematika di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 2(2). https://doi.org/10.21043/jpm.v2i2.6358

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1.




DOI: https://doi.org/10.30743/cheds.v9i1.10935

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Martina Sirait, Marudut Sinaga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science

Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan 
Email: pend.kimia@fkip.uisu.ac.id | cheds@fkip.uisu.ac.id

Creative Commons License