IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE PADA IKATAN KIMIA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustin, M., Yensy, N. A., & Rusdi, R. (2017). Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Pre Solution Posing di SMP Negeri 15 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(1), 66–72. https://doi.org/10.33369/jp2ms.1.1.66-72
Al-Fikry, I., Yusrizal, Y., & Syukri, M. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Kalor. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 6(1), 17–23. https://doi.org/10.24815/jpsi.v6i1.10776
Antara, I. P. P. A. (2022). Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Pada Pokok Bahasan Termokimia. Journal of Education Action Research, 6(1), 15. https://doi.org/10.23887/jear.v6i1.44292
Dama Yanti, D. & M. (2021). Penggunaan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 4(1).
Effendi, R., Herpratiwi, H., & Sutiarso, S. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 920–929. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.846
Ery, R. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPS Materi Pemanfaatan Sumber Daya Alam Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Primary: (Kajian Ilmu Pendidikan Dasar Dan Humaniora), 1(1), 21–30. http://ejournal.lppmstkippgri-sidoarjo.com/index.php/psd/article/view/51%0Ahttp://ejournal.lppmstkippgri-sidoarjo.com/index.php/psd/article/download/51/144
Fransiska, C., Masykur, R., & Putra, F. G. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis : Dampak Metode Drill ditinjau dari Gaya Belajar. Desimal: Jurnal Matematika, 2(2), 131–140. https://doi.org/10.24042/djm.v2i2.4147
Gazali, F., & Yusmaita, E. (2018). Analisis Prior Knowledge Konsep Asam Basa Siswa Kelas XI SMA untuk Merancang Modul Kimia Berbasis REACT. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 2(2), 202. https://doi.org/10.24036/jep/vol2-iss2/249
Hardiansyah, T., Pohan L.A., Hasanah, U. (2023). Application of Problem Based Learning Model Assisted by Android Learning Media to Increase High School Students' HOTS on Redox Reaction Material. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia 13 (1), 113-122.
Hia, E. D. S. P., Maulina, J., & Pohan, L. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Menggunakan Handout dan Modul pada Materi Stoikiometri Larutan di SMA Nurul Amaliyah Deli Serdang. CHEDS: Journal of Chemistry, 2(1), 1–13
Isma, T. W., Putra, R., Wicaksana, T. I., Tasrif, E., & Huda, A. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Problem Based Learning (PBL). Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 155. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i1.31523
Kristiana, T. F., & Radia, E. H. (2021). Meta Analisis Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 818–826. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.828
Mandasari, N. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Power Point untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa di SDN Pandean Lamper 02 Semarang. Jurnal Paedagogy, 8(3), 328. https://doi.org/10.33394/jp.v8i3.3886
Mongkau, J. G., & Pangkey, R. D. H. (2024). Kurikulum Merdeka: Memperkuat Keterampilan Abad 21 untuk Generasi Emas. Journal on Education, 6(4), 22018–22030. https://doi.org/10.31004/joe.v6i4.6323
Nuraini, N., Fitriani, F., & Fadhilah, R. (2018). Hubungan Antara Aktivitas Belajar Siswa Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas X Sma Negeri 5 Pontianak. AR-RAZI Jurnal Ilmiah, 6(1). https://doi.org/10.29406/arz.v6i1.939
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Rahman, R. G., Intiana, S. R. H., Novitasari, S., & Witono, H. (2024). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas III Sekolah Dasar. Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(4). https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13233
Robiyanto, A. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 114–121. https://doi.org/10.33487/mgr.v2i1.1752
Trisnawati, D. A. (2021). Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Materi Ikatan Kimia Dengan Model Discovery Learning Pada Siswa Kelas X IPA 2 SMA Negeri 4 Bangkalan. Jurnal Pendidikan Lampu, 1(1), 37–55.
Ulya, H., Betta Rudibyani, R., & Efkar, T. (2018). Pengembangan Modul Kimia Berbasis Problem Solving Pada Materi Asam Basa Arrhenius. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 7(1), 129–141.
Wahyuni, F. T. (2019). Hubungan antara Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dengan Technology Integration Self Efficacy (TISE) Guru Matematika di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 2(2). https://doi.org/10.21043/jpm.v2i2.6358
Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1.
DOI: https://doi.org/10.30743/cheds.v9i1.10935
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Martina Sirait, Marudut Sinaga

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science
Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: pend.kimia@fkip.uisu.ac.id | cheds@fkip.uisu.ac.id

5.png)

.png)

