IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTUAN MEDIA JAVALAB SCIENCE SIMULATIONS PADA MATERI IKATAN KIMIA

Kristine Desiyanti Tambunan, Marudut Sinaga

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbantuan media JavaLab Science Simulations terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada materi ikatan kimia. Metode penelitian yang digunakan adalah one group Pretest-Postest Design. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari satu kelas eksperimen. Hasil analisis data menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 85,55 dan rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 82,11. Terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 52,08% dengan nilai N-Gain yang diperoleh sebesar 0,78 (78%) dengan presentase peningkatan hasil belajar tergolong tinggi dan efektif. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji Korelasi antara aktivitas belajar terhadap hasil belajar diperoleh rhitung 0,582 > rtabel 0,329, maka hipotesis (Ha) diterima dan hipotesis (H0) ditolak. Dengan demikian diperoleh hasil bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara aktivitas belajar dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbantuan media Simulasi Sains JavaLab pada materi ikatan kimia.

Keywords


Hasil belajar; aktivitas belajar; kooperatif TPS; javalab science simulations; ikatan kimia

Full Text:

PDF

References


Akbar, H. M., & Novita, D. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan Media Chemic (Chemistry Comic) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Ikatan Kimia di SMAN 1 Krian Sidoarjo.

Ariaten, K. R., Feladi, V., Dedy, R., & Budiman, A. (2019). Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Tik. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 1(1), 33–38.

Dwiningsih, K., Bintang, D., & Mangengke, B. (2021). Pembelajaran Kimia Berbasis Kooperatif Think Pair Share (TPS) Dengan Berbantuan Virtual Laboratorium Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 15(1), 2706–2716.

Fatmawati, F., & Yusrizal, Y. (2020). Peran Kurikulum Akhlak dalam Pembentukan Karakter di Sekolah Alam SoU Parung Bogor. Jurnal Tematik, 10(2), 74–80.

Hendrawani, H. (2023). Katalog Miskonsepsi dalam Pembelajaran Ikatan Kimia. Empiricism Journal, 4(2), 648-656.

Hermaliza, H., Efendi, J., & Gistituati, N. (2019, January). The Effect of Learning Model Project Based Learning on The Activities and Study Results of IPA Graders VI. In 1st International Conference on Innovation in Education (ICoIE 2018) (pp. 116-119). Atlantis Press.

Isma, T. W., Putra, R., Wicaksana, T. I., Tasrif, E., & Huda, A. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Problem Based Learning (PBL). Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1), 155-164.

Junanto, T., & Sartika, R. P. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Team Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21 bagi Mahasiswa Calon Guru Kimia. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 11(6), 969-982.

Kartini, K. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X. Jurnal Redoks: Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia, 2(1), 29-33.

Majeed, S., Ahmad, R., & Mazhar, S. (2023). An Exploration of Students’ Common Misconceptions in the Subject of Chemistry at Secondary Level. Annals of Human and Social Sciences, 4(2), 265-272.

Martin, R., & Simanjorang, M. M. (2022). Pentingnya peranan kurikulum yang sesuai dalam pendidikan di indonesia. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 125-134.

Mashita, H., Martini, M., & Mahdiannur, M. A. (2024). Analisis Keterlaksanaan Dan Aktivitas Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran Inquiry Cycle Berbantuan Javalab. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 12(1), 1-11.

Mezia, A. (2016). Identifikasi Kesulitan Belajar Peserta didik Pada Materi Ikatan Kimia Peserta didik Kelas XB SMA Negeri 1 Siantan Kabupaten Mempawah. Ar-Razi Jurnal Ilmiah, 6(2), 35- 40.

Munandar, I. (2019). the Effect of Cooperative Learning Models on Increasing Learning Results and Student Activities in Mathematic Lessons. JME (Journal of Mathematics Education), 4(1).

Nuryasintia, I., & Wibowo, L. A. (2019, May). Learning activeness through learning media and class management. In 1st International Conference on Economics, Business, Entrepreneurship, and Finance (ICEBEF 2018) (pp. 145-148). Atlantis Press.

Pandi, D. O., Yogaswara, R., & Murtihapsari, M. (2020). Kajian Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 11(2), 105-111.

Prastika, N. D., Anjarwati, D., Awaliah, M. A. S., Hartandi, D., Rahmadani, A., & Erika, F. (2024). Kajian Literatur Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21 Siswa dalam Pembelajaran Kimia. Jambura Journal of Educational Chemistry, 6(1), 47-60.

Puspitasari, S. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share. Jurnal Global Edukasi, 3(1).

Sari, I. R., & Tewa, Y. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ikatan Kimia Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Kimia FKIP Universitas Halu Oleo, 8(1), 14-23.

Septiani, A., Yuniati, T., & Rahmanpiu. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIPA pada Materi Asam Basa. Jurnal Kimia Dan Pendidikan Kimia, 12, 78–86.

Shoimin, A. (2021). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogykarta: Arruzz Media.

Toding, M. T., & Pandi, O. D. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Secara Daring Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Pada Materi Larutan Penyangga Manuella. Chemistry Education Journal, 3(1), 186–192.

Utari, D., & Muadin, A. (2023). Peranan Pembelajaran Abad-21 Di Sekolah Dasar Dalam Mencapai Target Dan Tujuan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 6(1), 116.

Wulandari, S. (2020). Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Minat Siswa Belajar Matematika Di SMP 1 Bukit Sundi. Indonesian Journal of Technology, Informatics and Science (IJTIS), 1(2), 43–48.




DOI: https://doi.org/10.30743/cheds.v9i1.10944

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Kristine Desiyanti Tambunan, Marudut Sinaga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science

Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan 
Email: pend.kimia@fkip.uisu.ac.id | cheds@fkip.uisu.ac.id

Creative Commons License