IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI IKATAN KIMIA

Irianani Ainung Sianturi, Marudut Sinaga

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan metode ceramah tanya jawab pada materi ikatan kimia. Penelitian ini juga menguji korelasi antara aktivitas siswa dengan peningkatan hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen, dengan dua kelas sampel yaitu kelas eksperimen dengan model pembelajaran TAI dan kelas kontrol dengan metode ceramah. Analisis data menunjukkan bahwa siswa dengan model pembelajaran TAI memiliki hasil belajar yang lebih tinggi. Pengujian hipotesis dengan uji-t (α = 0,05) menunjukkan (6,69 > 1,994) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menegaskan bahwa TAI menghasilkan hasil belajar yang lebih baik. Uji korelasi juga menunjukkan (0,758 > 0,329) yang menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara aktivitas siswa dengan peningkatan hasil belajar pada pembelajaran berbasis TAI pada materi ikatan kimia.

Keywords


Hasil pembelajaran; TAI; korelasi

Full Text:

PDF

References


Asmawati, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Topik Laju Reaksi di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru. Tasnim Journal for Community Service, 3(1), 21-26. https://doi.org/10.55748/tasnim.v3i1.98

Aulia, T., Titin, T., & Wahyuni, E. S. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Kooperatif Tipe Teams Assisted Individualization di Kelas VII MTs AL-Muhajirin Rasau Jaya. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(2), 229-241. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i2.318

Fauzi, A. (2022). Implementasi kurikulum merdeka di sekolah penggerak. Jurnal Pahlawan, 18(2), 18-22. https://doi.org/10.57216/pah.v18i2.480

Harsanti, A. G. (2017). Perbandingan Model Pembelajaran STAD Dengan Model TAI (Team Assisted Individualization) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 4(1), 12-18. http://dx.doi.org/10.23917/ppd.v1i1.3279

Isma, T. W., Putra, R., Wicaksana, T. I., Tasrif, E., & Huda, A. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Problem Based Learning (PBL). Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1), 155-164. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i1.31523

Lestari, D., Asbari, M., & Yani, E. E. (2023). Kurikulum Merdeka: Hakikat kurikulum dalam pendidikan. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(6), 85-88. https://doi.org/10.4444/jisma.v2i6.840

Mezia. A., Cawang., & Kurniawan. A. D. (2018). Identifikasi Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Ikatan Kimia Siswa Kelas XB SMA Negeri 1 Siantan Kabupaten Menpawah. Jurnal Ilmiah Ar-Razi, 6(2). http://dx.doi.org/10.29406/ar-r.v6i2.1220

Nuridayanti. (2022). Mengembangkan Motivasi dan Hasil Belajar dengan Pendekatan Problem Posing. Pekalongan: Penerbit NEM.

Peranginangin, A., Barus, H., & Gulo, R. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Peserta didik Yang Di Ajar Dengan Model Pembelajaran Elaborasi Dengan Model Pembelajaran Konvensional. Jurnal Penelitian Fisikawan, 3(1), 43–50. https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalpenelitianfisikawan/article/view/452

Putra, I. K. D. A. S., Margunayasa, I. G., & Wibawa, I. M. C. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Peta Pikiran terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD. Jurnal Pendidikan, 5(1), 1-10. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10711

Sari, I. R., Tewa, Y., & Marhadi, M. A. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ikatan Kimia Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Kimia FKIP Universitas Halu Oleo, 8(1), 14–23. https://doi.org/10.36709/jpkim.v8i1.4

Tsaparlis, G., Pappa, E. T., & Byers, B. (2018). Teaching and learning chemical bonding: research-based evidence for misconceptions and conceptual difficulties experienced by students in upper secondary schools and the effect of an enriched text. Chemistry Education research and practice, 19(4), 1253-1269. https://doi.org/10.1039/C8RP00035B

Wahyudin, A., & Zohriah, A. (2023). Ruang Lingkup Manajemen Pendidikan. Journal on Education, 6(1), 3822-3835. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/3492

Wibowo, N. (2016). Upaya peningkatan keaktifan siswa melalui pembelajaran berdasarkan gaya belajar di SMK Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 128-139. https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.10621

Widyaningsih, S. E. (2018). Penggunaan media molymod dalam proses pembelajaran kimia untuk meningkatkan pemahaman ikatan kovalen X TKJ SMKN 13 Bandung. UJMES: Uninus Journal of Mathematics Education and Science, 2(2), 138–147. https://doi.org/10.30999/ujmes.v3i1.832




DOI: https://doi.org/10.30743/cheds.v9i1.10964

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Irianani Ainung Sianturi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science

Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan 
Email: pend.kimia@fkip.uisu.ac.id | cheds@fkip.uisu.ac.id

Creative Commons License