IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI IKATAN KIMIA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asmawati, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Topik Laju Reaksi di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru. Tasnim Journal for Community Service, 3(1), 21-26. https://doi.org/10.55748/tasnim.v3i1.98
Aulia, T., Titin, T., & Wahyuni, E. S. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Kooperatif Tipe Teams Assisted Individualization di Kelas VII MTs AL-Muhajirin Rasau Jaya. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(2), 229-241. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i2.318
Fauzi, A. (2022). Implementasi kurikulum merdeka di sekolah penggerak. Jurnal Pahlawan, 18(2), 18-22. https://doi.org/10.57216/pah.v18i2.480
Harsanti, A. G. (2017). Perbandingan Model Pembelajaran STAD Dengan Model TAI (Team Assisted Individualization) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 4(1), 12-18. http://dx.doi.org/10.23917/ppd.v1i1.3279
Isma, T. W., Putra, R., Wicaksana, T. I., Tasrif, E., & Huda, A. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Problem Based Learning (PBL). Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1), 155-164. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i1.31523
Lestari, D., Asbari, M., & Yani, E. E. (2023). Kurikulum Merdeka: Hakikat kurikulum dalam pendidikan. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(6), 85-88. https://doi.org/10.4444/jisma.v2i6.840
Mezia. A., Cawang., & Kurniawan. A. D. (2018). Identifikasi Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Ikatan Kimia Siswa Kelas XB SMA Negeri 1 Siantan Kabupaten Menpawah. Jurnal Ilmiah Ar-Razi, 6(2). http://dx.doi.org/10.29406/ar-r.v6i2.1220
Nuridayanti. (2022). Mengembangkan Motivasi dan Hasil Belajar dengan Pendekatan Problem Posing. Pekalongan: Penerbit NEM.
Peranginangin, A., Barus, H., & Gulo, R. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Peserta didik Yang Di Ajar Dengan Model Pembelajaran Elaborasi Dengan Model Pembelajaran Konvensional. Jurnal Penelitian Fisikawan, 3(1), 43–50. https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalpenelitianfisikawan/article/view/452
Putra, I. K. D. A. S., Margunayasa, I. G., & Wibawa, I. M. C. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Peta Pikiran terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD. Jurnal Pendidikan, 5(1), 1-10. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10711
Sari, I. R., Tewa, Y., & Marhadi, M. A. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ikatan Kimia Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Kimia FKIP Universitas Halu Oleo, 8(1), 14–23. https://doi.org/10.36709/jpkim.v8i1.4
Tsaparlis, G., Pappa, E. T., & Byers, B. (2018). Teaching and learning chemical bonding: research-based evidence for misconceptions and conceptual difficulties experienced by students in upper secondary schools and the effect of an enriched text. Chemistry Education research and practice, 19(4), 1253-1269. https://doi.org/10.1039/C8RP00035B
Wahyudin, A., & Zohriah, A. (2023). Ruang Lingkup Manajemen Pendidikan. Journal on Education, 6(1), 3822-3835. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/3492
Wibowo, N. (2016). Upaya peningkatan keaktifan siswa melalui pembelajaran berdasarkan gaya belajar di SMK Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 128-139. https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.10621
Widyaningsih, S. E. (2018). Penggunaan media molymod dalam proses pembelajaran kimia untuk meningkatkan pemahaman ikatan kovalen X TKJ SMKN 13 Bandung. UJMES: Uninus Journal of Mathematics Education and Science, 2(2), 138–147. https://doi.org/10.30999/ujmes.v3i1.832
DOI: https://doi.org/10.30743/cheds.v9i1.10964
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Irianani Ainung Sianturi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science
Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: pend.kimia@fkip.uisu.ac.id | cheds@fkip.uisu.ac.id

5.png)

.png)

