LEMBAR KERJA MAHASISWA (LKM) BERBASIS EDUCATION SUSTAINABLE DEVELOPMENT (ESD) PADA MATERI BIOPOLIMER

Alfira Julian Pratiwi, Mutia Ardila, Rafidah Almira Samosir, Ekin Dwi Arif Kurniawan, Dimas Ridho, Rira Octa Ningsi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk merancang lembar kerja mahasiswa (LKM) berbasis Pendidikan Pembangunan Berkelanjutan (ESD) pada bahan biopolimer. Lembar kerja ini diharapkan dapat digunakan dalam penelitian lebih lanjut dan membantu mahasiswa memahami pentingnya pembangunan berkelanjutan melalui topik biopolimer sebagai solusi permasalahan lingkungan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui Focus Group Discussion (FGD). FGD dilakukan pada tahap pra-penelitian untuk mendapatkan masukan awal dan menyiapkan desain LKM yang sesuai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lembar kerja yang dikembangkan dinilai layak setelah mengalami revisi berdasarkan masukan dari para ahli di bidang material, desain, dan pedagogi. Oleh karena itu, produk akhir dinyatakan valid dan direkomendasikan untuk diuji dalam pembelajaran biopolimer di tingkat universitas.

Keywords


Lembar Kerja, ESD, Biopolimer, FGD

Full Text:

PDF

References


Adha, I. A. (2020). Meta-Analisis Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Imu Pengetahuan Alam. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 6(2). https://doi.org/10.24036/jppf.v6i2.110851

Agustini. (2023). Metode Penelitian Metode Penelitian. In Metode Penelitian Kualitatif (Vol. 3, Issue 17). http://repository.unpas.ac.id/30547/5/BAB III.pdf

Anggraini, T., Nurhamidah, N., & Rohiat, S. (2022). Analisis Hubungan Pelaksanaan Pratikum Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Negeri di Kota Bengkulu. ALOTROP, 6(1), 28–34. https://doi.org/10.33369/atp.v6i1.20320

Asri, A. A., Ghullam Hamdu, & Deni Hadiana. (2023). E-LKPD Berbasis Education For Sustainable Development Berorientasi Literasi dan Numerasi di SD. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 1–10. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v8i1.2318

Burmeister, M., Rauch, F., & Eilks, I. (2012). Education for Sustainable Development (ESD) and Chemistry Education. Chem. Educ. Res. Pract., 13(2), 59–68. https://doi.org/10.1039/C1RP90060A

Candra, R., & Hidayati, D. (2020). Penerapan Praktikum dalam Meningkatkan Keterampilan Proses dan Kerja Peserta Didik di Laboratorium IPA. Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 6(1), 26–37. https://doi.org/10.32923/edugama.v6i1.1289

Che Mat, N., & Jamaludin, K. A. (2024). Effectiveness of Practices and Applications of Student-Centered Teaching and Learning in Primary Schools: A Systematic Literature Review. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development, 13(3). https://doi.org/10.6007/IJARPED/v13-i3/21733

Deliana, R., Arifin, Z., Muchtar, Z., & Darmana, A. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Terintegrasi Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Kesetimbangan Kimia. CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science, 8(1), 1–7. https://doi.org/10.30743/cheds.v8i1.8633

Dittrich, A.-K. (2025). An International Reconstruction of Teachers’ and Teacher Educators’ Perspectives on the Challenges of Education for Sustainable Development in Teacher Education. Journal of Education for Sustainable Development. https://doi.org/10.1177/09734082241309704

Fauziah, N. N., & Hamdu, G. (2022). Elektronik-Lembar Kerja Peserta Didik berbasis ESD di Sekolah Dasar. Attadib: Journal of Elementary Education, 6(1), 63. https://doi.org/10.32507/attadib.v6i1.1152

Hidayati, L. N., Nurhayati, S., Susatyo, E. B., & Wardani, S. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Berbasis Masalah untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Materi Laju Reaksi. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 16(2), 85–91. https://doi.org/10.15294/jipk.v16i2.30935

Kyoi, S., & Mori, K. (2024). Development of Policy Measures for Diffusing Human Pro-Environmental Behavior in Social Networks—Computer Simulation of a Dynamic Model of Mutual Learning. World Development Sustainability, 4, 100118. https://doi.org/10.1016/j.wds.2023.100118

Malua, A., & Olvitt, L. (2024). The Emergence of Education for Sustainable Development in Namibia’s Senior Primary English Language Curriculum: A Morphogenetic Case Study. Journal of Education for Sustainable Development, 18(1), 56–76. https://doi.org/10.1177/09734082241282891

Marianti, D., Kurniati, T., & Kurniasih, D. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Science, Environment, Technology, and Society di Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Muhammadiyah Pontianak. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 6(3), 219–234. https://doi.org/10.24815/jipi.v6i3.25128

O’Flaherty, J., & Liddy, M. (2018). The Impact of Development Education and Education for Sustainable Development Interventions: a Synthesis of The Research. Environmental Education Research, 24(7), 1031–1049. https://doi.org/10.1080/13504622.2017.1392484

Omar, D. (2018). Focus Group Discussion in built environment qualitative research practice. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 117(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/117/1/012050

Pratiwi, A. J., Dwi, E., Kurniawan, A., & Ridho, D. (2024). Analysis of Students ’ Initial Ability in Biopolymer Material. Holistic Science, 4(3), 402–406.

Pratiwi, A. J., Hernani, H., & Anwar, B. (2023). Education for sustainable development oriented didactic design in a bioplastic context in overcoming barriers to learning and developing attitude and environmental awareness. JIPI (Jurnal IPA Dan Pembelajaran IPA), 7(1), 40–55.

Pratiwi, A. J., Kurniawan, E. D. A., & Ridho, D. (2024). Analysis of Students’ Initial Ability in Biopolymer Material. Holistic Science, 4(3), 402–406. https://doi.org/10.56495/hs.v4i3.782

Pribowo, F. S. P. (2018). Pengembangan Instrumen Validasi Media Berbasis Lingkungan Sekitar. DIDAKTIS: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 18(1). https://doi.org/https://doi.org/10.30651/didaktis.v18i1.1355

Riyani, A. F., Kusumo, E., & Harjito, H. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berpendekatan Inkuiri Terbimbing pada Konsep Kelarutan. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 16(1), 30–36. https://doi.org/10.15294/jipk.v16i1.9415

Salsabila, A. (2024). Implementasi Student Centered Learning (SCL) dalam Meningkatkan Prestasi Siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3). https://doi.org/https://doi.org/10.58230/27454312.958

Siregar, R., Siagian, M.D., Hardianti, T., Pohan L.A., & Suwanto. (2022). The Effectiveness of Worksheets Based On The Scientific Approach to Enhance Critical Thinking Skills. AIP Conference Proceedings 2468 (1), 070021.

Ssossé, Q., Wagner, J., & Hopper, C. (2021). Assessing the Impact of ESD: Methods, Challenges, Results. Sustainability, 13(5), 2854. https://doi.org/10.3390/su13052854

Surani, S. (2024). Pengaruh Penggunaan Video Tutorial Merangkai Alat Praktikum Terhadap Pemahaman dan Pengetahuan Mahasiswa pada Praktikum Isolasi dan Sintesis Senyawa Organik. Indonesian Journal of Laboratory, 1(3), 205. https://doi.org/10.22146/ijl.v1i3.90342




DOI: https://doi.org/10.30743/cheds.v9i1.11060

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Alfira Julian Pratiwi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science

Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan 
Email: pend.kimia@fkip.uisu.ac.id | cheds@fkip.uisu.ac.id

Creative Commons License