PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERINTEGRASI STEM TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MINAT SISWA KELAS XI PADA MATERI LAJU REAKSI

Fuad Dea Rahma, Junifa Layla Sihombing

Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang peningkatan hasil belajar dan minat siswa melalui penerapan model Project Based Learning (PjBL) terintegrasi STEM pada materi laju reaksi. Dengan menggunakan metode quasi eksperimen dengan kelas eksperimen dan kontrol, hasil penelitian menunjukkan N-Gain sebesar 0,72 (kategori tinggi) dan peningkatan skor rata-rata dari 44,30 menjadi 84,72 pada kelas eksperimen. Minat belajar juga meningkat dari 71,05 menjadi 82,16. Ditemukan korelasi yang kuat (r = 0,6671) antara hasil belajar dan minat, dengan kontribusi 44,5%. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa model PjBL terintegrasi STEM efektif meningkatkan hasil belajar dan minat siswa. Ditemukan korelasi yang signifikan antara hasil belajar dan minat belajar sebesar 0,6671 (kategori kuat), dengan kontribusi minat sebesar 44,5%. Berdasarkan hasil uji hipotesis, Ho ditolak dan Ha diterima yang menunjukkan bahwa model PjBL terintegrasi STEM efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan minat siswa.

Keywords


Capaian pembelajaran; minat belajar; PjBL; STEM; laju reaksi

Full Text:

PDF

References


A.Onto, E., Gustina, G., Paramita, I., & Saehana, S. (2025). Pengaruh Model Project Based Learning terintegrasi Science Technology Engineering and Mathematics Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Sigi. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 12(2), 118–125. https://doi.org/10.22487/jpft.v12i2.3505

Apit Dulyapit, A. D., & Samih Lestari. (2024). Metode Ceramah dalam Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah: Analisis Literatur Tentang Implementasi dan Dampaknya. Al-Ihtirafiah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 45–56. https://doi.org/10.47498/ihtirafiah.v4i2.4249

Davidi, E. I. N., Sennen, E., & Supardi, K. (2021). Integrasi Pendekatan STEM (Science, Technology, Enggeenering and Mathematic) Untuk Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(1), 11–22. https://doi.org/10.24246/j.js.2021.v11.i1.p11-22

Eldi Mulyana. (2022). Pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. JURNAL PENDIDIKAN IPS, 12(1), 24–29. https://doi.org/10.37630/jpi.v12i1.554

Farida, M. T., Kurniati, T., & Fitriani, F. (2020). Pengembangan Media Pembelajan Buletin Berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skill) Pada Materi Laju Reaksi di SMA Negeri 1 Kelam Permai. AR-RAZI Jurnal Ilmiah, 8(1). https://doi.org/10.29406/ar-r.v8i1.1819

Fuadiah, N. F. (2021). Intelegensi Literasi Digital dalam Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional PGRI Provinsi Sumatra Selatan Dan Universitas PGRI Palembang, November, 62–66.

Hidayat, U. S. (2022). 5E Learning Cycle Strategy: Menumbuhkan motivasi siswa XI kimia dengan praktik membuat mobil-mobilan dari barang bekas. Practice of The Science of Teaching Journal: Jurnal Praktisi Pendidikan, 1(1), 29–35. https://doi.org/10.58362/hafecspost.v1i1.3

Muderawan, I. W., Wiratma, I. G. L., & Nabila, M. Z. (2019). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 3(1), 17. https://doi.org/10.23887/jpk.v3i1.20944

Pohan, L.A., & Maulina, J. (2022). Blended Learning Integrated with Project-Based Learning: Its Effect on Learning Outcomes, Perception, and Self-Regulated Learning. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia 6 (2), 97-106.

Pohan. L. A, Suyanti. R, Nugraha. A. W, Pebrianti D, Panjaitan R.. Hasibuan. S. H (2024). Implementation Of STEM-Based Inquiry In Learning Fundamental Laws Of Chemistry : Students’ Perception. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia (JPII): 13(3), 447–458.

Puji Utami, R. (2022). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pandohop, 2(1), 9–15. https://doi.org/10.37304/pandohop.v2i1.4308

Purindarti, F. E. (2024). Pengaruh Model Project Based Learning Terintegrasi Stem Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran Ipas di SD Negeri Sampang 01 Cilacap. Universitas Islam Negeri Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto.

Rifa Hanifa Mardhiyah, Sekar Nurul Fajriyah Aldriani, Febyana Chitta, & Muhamad Rizal Zulfikar. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura : Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813

Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Rajawali Pers.

Sitorus, B. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis STEM dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Indonesian Journal of Educational Development, 3(1), 25–33. https://doi.org/10.5281/zenodo.6566334

Tambun, S., Sirait, G., & Simamora, J. (2020). Analisis Yuridis Hak dan Kewajiban Warga Negara Atas Pendidikan Menurut Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Visi Sosial Humaniora, 1(1), 84–92. https://doi.org/10.51622/vsh.v1i1.27




DOI: https://doi.org/10.30743/cheds.v9i1.11100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Fuad Dea Rahma

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science

Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan 
Email: pend.kimia@fkip.uisu.ac.id | cheds@fkip.uisu.ac.id

Creative Commons License