PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERINTEGRASI STEM TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MINAT SISWA KELAS XI PADA MATERI LAJU REAKSI
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A.Onto, E., Gustina, G., Paramita, I., & Saehana, S. (2025). Pengaruh Model Project Based Learning terintegrasi Science Technology Engineering and Mathematics Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Sigi. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 12(2), 118–125. https://doi.org/10.22487/jpft.v12i2.3505
Apit Dulyapit, A. D., & Samih Lestari. (2024). Metode Ceramah dalam Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah: Analisis Literatur Tentang Implementasi dan Dampaknya. Al-Ihtirafiah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 45–56. https://doi.org/10.47498/ihtirafiah.v4i2.4249
Davidi, E. I. N., Sennen, E., & Supardi, K. (2021). Integrasi Pendekatan STEM (Science, Technology, Enggeenering and Mathematic) Untuk Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(1), 11–22. https://doi.org/10.24246/j.js.2021.v11.i1.p11-22
Eldi Mulyana. (2022). Pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. JURNAL PENDIDIKAN IPS, 12(1), 24–29. https://doi.org/10.37630/jpi.v12i1.554
Farida, M. T., Kurniati, T., & Fitriani, F. (2020). Pengembangan Media Pembelajan Buletin Berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skill) Pada Materi Laju Reaksi di SMA Negeri 1 Kelam Permai. AR-RAZI Jurnal Ilmiah, 8(1). https://doi.org/10.29406/ar-r.v8i1.1819
Fuadiah, N. F. (2021). Intelegensi Literasi Digital dalam Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional PGRI Provinsi Sumatra Selatan Dan Universitas PGRI Palembang, November, 62–66.
Hidayat, U. S. (2022). 5E Learning Cycle Strategy: Menumbuhkan motivasi siswa XI kimia dengan praktik membuat mobil-mobilan dari barang bekas. Practice of The Science of Teaching Journal: Jurnal Praktisi Pendidikan, 1(1), 29–35. https://doi.org/10.58362/hafecspost.v1i1.3
Muderawan, I. W., Wiratma, I. G. L., & Nabila, M. Z. (2019). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 3(1), 17. https://doi.org/10.23887/jpk.v3i1.20944
Pohan, L.A., & Maulina, J. (2022). Blended Learning Integrated with Project-Based Learning: Its Effect on Learning Outcomes, Perception, and Self-Regulated Learning. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia 6 (2), 97-106.
Pohan. L. A, Suyanti. R, Nugraha. A. W, Pebrianti D, Panjaitan R.. Hasibuan. S. H (2024). Implementation Of STEM-Based Inquiry In Learning Fundamental Laws Of Chemistry : Students’ Perception. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia (JPII): 13(3), 447–458.
Puji Utami, R. (2022). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pandohop, 2(1), 9–15. https://doi.org/10.37304/pandohop.v2i1.4308
Purindarti, F. E. (2024). Pengaruh Model Project Based Learning Terintegrasi Stem Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran Ipas di SD Negeri Sampang 01 Cilacap. Universitas Islam Negeri Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto.
Rifa Hanifa Mardhiyah, Sekar Nurul Fajriyah Aldriani, Febyana Chitta, & Muhamad Rizal Zulfikar. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura : Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813
Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Rajawali Pers.
Sitorus, B. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis STEM dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Indonesian Journal of Educational Development, 3(1), 25–33. https://doi.org/10.5281/zenodo.6566334
Tambun, S., Sirait, G., & Simamora, J. (2020). Analisis Yuridis Hak dan Kewajiban Warga Negara Atas Pendidikan Menurut Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Visi Sosial Humaniora, 1(1), 84–92. https://doi.org/10.51622/vsh.v1i1.27
DOI: https://doi.org/10.30743/cheds.v9i1.11100
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Fuad Dea Rahma

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science
Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: pend.kimia@fkip.uisu.ac.id | cheds@fkip.uisu.ac.id

5.png)

.png)

