KEPRAKTISAN E-MODUL STEM-PJBL DITINJAU DARI RESPON SISWA PADA PEMBELAJARAN KESETIMBANGAN KIMIA

Rabiah Afifah Daulay, Dinda Natalisa Br. Gurusinga, Yogi Chandra

Abstract


Pendekatan interdisipliner yang menggabungkan sains, teknologi, rekayasa, dan matematika (STEM) ke dalam pembelajaran merupakan salah satu strategi penting untuk memenuhi tuntutan pendidikan abad ke-21. Seiring dengan perkembangan teknologi, media pembelajaran telah bergeser ke arah format digital, termasuk penggunaan e-modul. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji respons siswa terhadap penerapan e-modul berbasis STEM yang terintegrasi dengan model Project Based Learning (PjBL) pada materi kesetimbangan kimia. Temuan penelitian menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan sangat praktis dan cocok untuk diterapkan secara efektif dalam pembelajaran di kelas. Hal ini didukung oleh persentase respons siswa rata-rata di tiga kelas eksperimen: 93,15% (±1,198) di Kelas 1, 91,41% (±1,067) di Kelas 2, dan 90,32% (±3,890) di Kelas 3. Temuan ini menunjukkan bahwa e-modul STEM-PjBL yang dikembangkan mendukung pembelajaran yang bermakna dan mudah diakses, sekaligus mendorong keterlibatan siswa dan eksplorasi mandiri dalam memahami konsep kesetimbangan kimia.

Keywords


E-Modul; STEM; PjBL; kesetimbangan kimia; respon siswa

Full Text:

PDF

References


Angraini, F., Walid, A., Ansyah, E., & Ikhsan, A. (2022). Pengembangan modul pembelajaran ipa berbasis stem untuk menumbuhkan hots di smp. Jurnal Muara Pendidikan Vol, 7(1), 33–40.

Harahap, L. K., & Siregar, A. D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash Cs6 Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Materi Kesetimbangan Kimia. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 10(1), 1910. https://doi.org/10.26740/jpps.v10n1.p1910-1924

Irmita, L. U. (2018). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA MENGGUNAKAN PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATIC (STEM) PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 2(2), 27–37.

Jawa, A. N., Bela, M. E., Bhoke, W., Studi, P., Matematika, P., & Bakti, S. C. (2022). Pengembangan Bahan Ajar pada Materi Relasi dan Fungsi Berbasis Pendekatan Penemuan Terbimbing untuk Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(02), 1568–1583.

Karnia, H., Erna, M., & Herdini. (2022). Pengembangan E-Modul Terintegrasi STEM (Science, Technology, Engineering And Mathematics) dengan Bantuan Software 3D Pageflip Professional pada Pokok Bahasan Asam Basa. Jurnal Edukimia, 4(1), 33–43.

Laraphaty, N. F. R., Riswanda, J., Anggun, D. P., Maretha, D. E., & Ulfa, K. (2021). Review : PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MODUL ELEKTRONIK ( E-MODUL ). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, 145–156.

Linda, R., Zulfarina, Masud, & Putra, T. P. (2021). Peningkatan Kemandirian dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Implementasi E-Modul Interaktif IPA Terpadu Tipe Connected Pada Materi Energi SMP / MTs Pendahuluan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(2), 191–200. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i2.19012

Made, A. M., Ambiyar, Riyanda, A. R., Sagala, M. K., & Adi, N. H. (2022). Implementasi Model Project Based Learning ( PjBL ) dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Teknik Mesin. Jurnal Ilmu Pendidikan, 5162–5169.

Tripripa, A., Amir, H., & Rohiat, S. (2020). Pengembangan Modul Larutan Penyangga Berbasis Pendekatan Terpadu STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics). Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kimia, 4(1), 16–24.




DOI: https://doi.org/10.30743/cheds.v9i1.11355

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Rabiah Afifah Daulay

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science

Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan 
Email: pend.kimia@fkip.uisu.ac.id | cheds@fkip.uisu.ac.id

Creative Commons License