PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MENGGUNAKAN MINP MAPLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI TERMOKIMIA

Hisar Marulitua Manurung, Eva Pratiwi Pane

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning (PBL) menggunakan mind maple untuk mengningkatkan hasil belajar siswa pada materi termokimia. Metode penelitian adalah metode eksperimen semu (quasi eksperimen) yang populasinya seluruh siswa kelas XI-MIA di SMA Negeri 15 Medan. Sampel penelitian sebanyak 64 siswa yang ditentukan secara random sampling.  Sampel tersebut terdiri dari 2 kelas yaitu, kelas eksperimen (siswa yang dibelajarkan dengan mode PBL tanpa media dan kelas kontrol (siswa yang dibelajarkan dengan model PBL dengan mind maple). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes tertulis pilihan berganda untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dari nilai KKM pada kelas eksperimen sebesar 2,55 dan penurunan hasil belajar siswa dari nilai KKM pada kelas kontrol sebesar 0,80. Terdapat pengaruh model problem based learning (PBL) menggunakan mind maple untuk mengningkatkan hasil belajar siswa pada materi termokimia dengan taraf signifikansi 0,021 < 0,05.

Keywords


PBL; Mind Maple; Termokimia

Full Text:

PDF

References


Abdullah, A. G., & Ridwan, T. (2008). Implementasi Problem Based Learning (PBL) pada Proses Pembelajaran di BPTP Bandung. Prosiding UPI, 1–10.

Aprinawati, I. (2018). Penggunaan Model Peta Pikiran (Mind Mapping) untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Wacana Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 2(1), 140–147.

Buzan, T. (2012). Mind mapping: scientific research and studies. London: Think Buzan Ltd.

Glazer, E. (2001). Problem based instruction. Emerging Perspective on Learning, Teaching, and Technology.

Hung, W. (2009). The 9-step problem design process for problem-based learning: Application of the 3C3R model. Educational Research Review, 4(2), 118–141.

Kean, E., & Middlecamp, C. (1985). Panduan belajar kimia dasar. Jakarta: Gramedia.

KEMENDIKBUD, R. I. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 22 tahun 2016.

Kemendikbud RI, STANDAR PROSES PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH, 1–15.

KENDAL, K. X. I. D. I. M. A. N. (n.d.). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA BERPENDEKATAN CHEMO-ENTREPRENEURSHIP (CEP) PADA MATERI HIDROLISIS GARAM BAGI PESERTA DIDIK.

Mutiara, S. A., & Hidayat, I. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik pada Pelajaran Kimia di Kelas XI MIA 3 SMAN 1 Indralaya. J Penelit Pendidik Kim, 3(2), 179–185.

Sagala, S. (2012). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta, 2009. Cet. VII.

Tan, O. S. (2009). Problem-based learning and creativity. Cengage Learning Asia.

Tim, P. P. K., & Kemendikbud, P. (2017). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kemendikbud.




DOI: https://doi.org/10.30743/cheds.v4i2.3651

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Hisar Marulitua Manurung, Eva Pratiwi Pane

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science

Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan 
Email: pend.kimia@fkip.uisu.ac.id | cheds@fkip.uisu.ac.id

Creative Commons License