TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA E-LEARNING DI ERA PANDEMI COVID 19

Ahmad Al Munawar, Fuadaturrahmah Fuadaturrahmah

Abstract


Penelitian ini dilakukan pada Perguruan Tinggi di Sumatera Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepauasan mahasiswa dalam penggunaan media e-learning di era pandemi covid 19. Jenis penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif dengan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Perguruan Tinggi di Sumatera Utara. Sampel yang digunakan berjumlah 220 orang dengan kriteria telah duduk pada semester 4 dan berstatus mahasiswa aktif. Penarikan sampel dengan teknik random sampling. Teknik pengambilan data menggunakan metode kuesioner tertutup yang terdiri dari 20 pertanyaan. Analisis data dengan analisis deksriptif kualitatif yang disajikan dalam kategori berupa persentase. Hasil analisis data menunjukkan bahwa tingkat kepuasan mahasiswa sudah cukup baik jika ditinjau dari kemampuan dosen dalam menyajikan perkuliahan, pemilihan dan penggunaan media e-learning yang baik dan mudah diakses namun pada tingkat efesiensi pembelajaran masih tergolong cukup.


Keywords


Tingkat kepuasan; Media e-learning; Covid 19

Full Text:

PDF

References


Munir. (2009). Pembelajaran jarak jauh berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Nauman,E. & Giel, K. (1995). Customer satisfaction and management:Using the voice of The customer. Cincinati: Thomson Executive Pres

Neuman, W L. 2005. Social Research Methods Qualitative and Quantitative Approaches. 3rd ed. By Allyn & Bacon: A Viacom Company, US

Perhimpunan Dokter Paru Indonesia. 2020. Panduang Praktik Klinis: Pneumia 2019-nCoV. PDPI: Jakarta

Relman, E. 2020. Business Insider Singapore. Cited Jun 21th 2020. Availabel on: https://businessinsider.sg/deadly-china-wuhan-virusspreading-human-to-human-officials-confirm-2020-1/?r=US7IR=T

Rusman, dkk. (2011). Pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi, mengembangkan profesionalitas guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Seok, Soonhwa. (2008). The aspect of elearning. International Journal on ELearning, Proquest, 7(4), 725-741.

Simanjuntak, 2013, Kualitas Pelaksanaan Tutorial Tatap Muka S–1 Pendas di UPBJJ-Pangkalpinang. Jurnal PTJJ Vol 14.2 september 2013, 120-131.pdf




DOI: https://doi.org/10.30743/cheds.v5i1.3885

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ahmad Al Munawar, Fuadaturrahmah Fuadaturrahmah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science

Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan 
Email: pend.kimia@fkip.uisu.ac.id | cheds@fkip.uisu.ac.id

Creative Commons License