PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELEJARAN BERBASIS SAINTIFIK MENGGUNAKAN MODUL TATA NAMA SENYAWA
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan analisis kebutuhan yang menunjukan guru masih kesulitan dalam membuat perangkat pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan suatu produk perangkat pembelajaran berupa RPP dan MODUL berbasis saintifik untuk materi tata nama senyawa siswa kelas X Sekolah Menengah Atas.Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Langkah-langkah pengembangan penelitian ini (1) analisis kebutuhan, (2) penelitian dan pengumpulan data, (3) pengembangan produk awal, (4) evaluasi, (5) revisi, (6) penyempurnaan produk akhir. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket untuk memvalidasi kualitas perangkat pembelajaran berbasis saintifik oleh pakar pembelajaran dan guru kelas X Sekolah Menengah Atas.Perangkat pembelajaran berbasis saintifik untuk siswa kelas X dikembangkan dengan sangat baikdan layak digunakan berdasarkan validasi pakar pembelajaran dengan skor 82% dan pakar media dengan skor77%. Penilaian perangkat pembelajaran berbasis saintifik sangat layak digunakan berdasarkan validasi guru kelas X dengan skor 84%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, S. 2013 ‘Problematika Kurikulum 2013 dan Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah’, Jurnal pencerahan, 8(2), pp. 98–108.
Ferdinandus. 2014. Ini Delapan Masalah dalam Implementasi Kurikulum 2013. https://m.metrotvnews.com/read/2014/10/19/307023/ini-delapan-masalah-dalam-implementasi-kurikulum-2013 (diakses tanggal 21 Juni 2015 pukul 20.15)
Gurney, Philip. 2007. “Five Factors for Effective Teaching”. New Zealand Journal ofTeacher’s Work Vol. 4: 89-98. Diakses pada 14 Maret 2017 (www.teacherswork.ac.nz/journal/volume4_issue2/gurney.pdf)
Harahap, Rachmad Faisal. 2015. Dua Tahun Lagi Semua Sekolah Pakai Kurikulum 2013.http://m.okezone.com/read/2015/03/16/dua-tahun-lagi-semua-sekolah-pakai-kurikulum-2013?=utm_source=br. (diakses tanggal 21 Juni 2015 pukul 20.00)
Hidayati. 2006. Instrumen dan Alat Bantu. Graha Ilmu. Yogyakarta
Hosnan, 2014.Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21 Kunci Sukses Implementasi Ku-rikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia.
Maisyaroh, W. et al. 2014 ‘Masalah guru dalam implementasi kurikulum 2013 dan kerangka model supervisi pengajaran’, Manajemen Pendidikan, 24(3), pp. 213–220
DOI: https://doi.org/10.30743/cheds.v5i1.3886
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Efri Pamisa, Lisa Ariyanti Pohan, Wilda Wani Siregar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science
Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: pend.kimia@fkip.uisu.ac.id | cheds@fkip.uisu.ac.id